Tips Sahabat

Begini Cara Mengubah Rem Tromol Mobil Jadi Rem Cakram dan Tips Perawatannya

20 December 2021
ubah rem tromol mobil jadi rem cakram

Ubah rem tromol mobil jadi rem cakram bisa Anda lakukan tentunya dengan bantuan mekanik ahli. Sebab mereka lebih paham prosesnya. Sebenarnya setiap produsen mobil sudah menyesuaikan kebutuhan rem dengan kemampuan mobilnya.

Namun terkadang para pemilik mobil ini belum yakin dengan kemampuan rem tromol yang ada pada mobil. Akhirnya para pemilik mobil ini mengganti atau memodifikasi rem tromol ke cakram.

Ubah Rem Tromol Mobil Jadi Rem Cakram

Rem tromol adalah silinder logam yang terhubung dengan hub roda bagian belakang. Ini merupakan komponen penting dalam sistem pengereman pada mobil Anda. 

Mengubah rem tromol menjadi rem cakram sebenarnya tidak perlu. Tapi bila ingin menambah kemampuan rem agar lebih menggigit, sah saja jika Anda mengubahnya. Anda bisa mengubah rem tromol mobil menjadi cakram.

Bagaimana caranya dan apa memerlukan perawatan khusus? Silakan Anda ikuti terus uraian ini.

Pertama-tama yang harus Anda lakukan dalam mengganti rem tromol mobil ke rem cakram adalah mengganti kampas rem dengan model kompetisi. Namun, Meski membuat kemampuan rem lebih menggigit, cara ini ada juga kelemahannya.

Sebagai solusi Anda bisa mengganti piringan cakram juga dengan model kompetisi. Dengan melakukan ini akan membuat kampas dan cakram lebih awet dan tak gampang terkikis.

Yang perlu Anda ketahui adalah dalam keadaan suhu kampas rem sedang dingin, rem tidak begitu menggigit seperti saat keadaan panas.

Setelah mengganti kampas rem, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengubah rem tromol ke cakram. Beberapa mobil keluaran terbaru untuk kelas menengah dan rendah memang masih menggunakan rem tromol.

Anda bisa memaksimalkan setting normal pada rem dengan perbandingan 70:30. Hal ini akan membuat pengereman lebih kuat dan menggigit. Namun yang sering terjadi adalah rem belakang akan semakin maksimal saat beban rem makin berat.

Misalnya dengan melakukan rem secara mendadak. Tetapi bila Anda tidak merasa puas dengan kondisi rem tromol seperti ini Anda bisa menggantinya dengan rem cakram. 

Untuk mengubah rem tromol mobil menjadi cakram bukanlah hal yang mudah. Anda tidak bisa hanya dengan melepas tromol lalu menggantinya dengan cakram. Ada beberapa komponen lagi yang harus Anda tambah. Misalnya saja adaptor.

Adaptor ini berfungsi untuk memegang cakram dan kalipernya. Karena itulah Anda tidak bisa melakukan hal ini sembarangan. Anda juga harus menyematkan kaliper pada rem tromol belakang supaya bisa menggunakan rem tangan saat parkir.

Ribetnya lagi, dengan adanya penambahan kaliper artinya sistem operasi pada mobil Anda pun harus mengalami perubahan. Bila awalnya memakai sistem elektrik maka setelah menambah kaliper, sistem operasi Anda ganti dengan hidrolik.

Tak cukup itu saja, dengan perubahan ini, Anda juga perlu menambah master rem yang pengoperasiannya melalui tuas rem tangan.

Tips Perawatan Pada Rem Cakram 

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara mengganti rem tromol menjadi rem cakram, yang harus Anda ketahui berikutnya adalah cara perawatannya. 

Sebenarnya tidak ada cara khusus untuk merawat rem cakram ini. Namun Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk perawatan rem cakram.

  • Pastikan pelumas rem berisi cairan dan tidak bercampur dengan udara.
  • Lakukan pengecekan pada cakram dan kampas rem karena cakram ini posisinya terbuka sehingga rentan terkena debu dan kotoran.
  • Jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada kondisi kaliper.
  • Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan rem secara mendadak karena akan membuat rem cepat aus.

Bila memiliki keluhan pada kendaraan Daihatsu Anda, silakan menghubungi customer service Daihatsu. Dalam hal ini agar Anda mendapatkan informasi dan solusi yang akurat untuk memecahkan permasalahan yang Anda alami.

Baca Juga:  Ciri-Ciri Kampas Rem Mobil Habis

Inilah ulasan mengenai cara ubah rem tromol mobil jadi rem cakram yang lengkap dengan tips merawatnya. Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut tentang hal ini silakan mengunjungi website berikut.

Others Tips Sahabat
Release Bearing: Fungsi, Cara Kerja, dan Tanda Kerusakannya
Release Bearing: Fungsi, Cara Kerja, dan Tanda Kerusakannya
Release bearing merupakan salah satu komponen penting dari kopling mobil bertransmisi manual. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil harusnya mengetahui fungsi, cara kerja serta tanda kerusakan dari k
Fungsi Reservoir Tank & Cara Kerjanya pada Sistem Pendinginan Mobil
Fungsi Reservoir Tank & Cara Kerjanya pada Sistem Pendinginan Mobil
Reservoir tank merupakan komponen pada sistem pendingin mobil yang memiliki fungsi vital di dalam sistem tersebut. Komponen ini kerap kali disebut sebagai tabung cadangan air radiator. Bagi Anda yang
Mengenal Trade In dan Cara Kerja Tukar Tambah Mobil
Mengenal Trade In dan Cara Kerja Tukar Tambah Mobil
Trade in adalah istilah lain yang digunakan untuk proses tukar tambah kendaraan. Istilah tersebut biasanya digunakan dalam mekanisme jual beli. Lantas bagaimana cara kerja trade in dalam proses jual b
Jakarta ke Solo Berapa Jam Naik Mobil? Ini Rute Terbaiknya
Jakarta ke Solo Berapa Jam Naik Mobil? Ini Rute Terbaiknya
Jakarta Solo berapa jam jika naik mobil? Apakah Anda sudah mengetahuinya? Jika belum, mari perhatikan ulasan di bawah ini agar Anda bisa memilih rute terbaik sehingga estimasi waktu perjalanan lebih c
Logo Daihatsu
Daihatsu Access
1500898
hotline@daihatsu.astra.co.id
© Copyright 2024 PT Astra Daihatsu Motor. All rights reserved
Privacy Policy
Contact Us