Tips Sahabat

Komponen Mobil yang Wajib Diganti Saat Mendekati Usia 10 Tahun

30 November 2021
Komponen Mobil Wajib Ganti

Ada begitu banyak komponen dalam mobil. Untuk menunjang performa laju kendaraan, komponen mobil wajib ganti secara berkala. Pengukuran biasanya dilakukan berdasarkan hitungan kilometer atau jarak tempuh perjalanan mobil.

Contohnya, setiap jarak tempuh perjalanan 10.000 kilometer, filter oli harus diganti. Komponen-komponen mobil seperti ini dinamakan komponen “fast moving”, karena waktu pergantiannya cepat.

5 Komponen Mobil Wajib Ganti 

Setiap komponen mobil, ada batas usianya, yang jika diacuhkan, akan berdampak buruk bagi kinerja mobil Anda secara keseluruhan. Perhatikan baik-baik cara mengenali komponen yang perlu diganti, agar tidak membahayakan keselamatan Anda.

Lalu, apa saja yang termasuk komponen mobil wajib ganti tersebut? Simak penjelasan berikut ya!

1. Kampas Rem

Sesuai namanya, kampas rem adalah komponen mobil untuk memperlambat laju ketika pengereman. Ketika Anda menginjak rem, silinder master rem mengirim minyak rem bertekanan tinggi ke kaliper rem.

Kemudian kaliper rem akan menekan kampas supaya bergesekan dengan disc brake, yang menyebabkan kecepatan mobil melambat.

Dengan penggunaan yang terus menerus, kampas rem akan menipis dan habis. Biasanya, kampas rem harus diganti setiap perjalanan 30.000 sampai 35.000 km.

2. Kampas Kopling

Komponen ini berfungsi mengirimkan tenaga mesin ke sistem transmisi persneling. Jika kampas menipis, transfer tenaga mesin ke roda akan berkurang. Akan sangat berbahaya jika komponen ini sampai habis. 

Karena hal ini akan mengurangi tenaga mobil secara drastis, juga menyebabkan borosnya bahan bakar. Perhatikan tanda kampas mobil sudah mulai habis berikut ini:

  • Menimbulkan bau terbakar (hangus).
  • Ketika kopling ditekan, pedal kopling akan mengeras.
  • Sulit untuk mengganti gigi.
  • Kopling mendadak slip.

Oleh sebab itu, setiap jarak tempuh 20.000 km, kampas kopling harus diganti.

3. Busi

Busi berfungsi menyalakan mesin mobil. Arus listrik dari aki dinaikkan koil dan mengalir ke busi, lalu busi akan mengeluarkan percikan api dan memulai proses pembakaran. Jika percikan api yang dikeluarkan busi mulai mengecil, segera ganti busi mobil Anda.

Standarnya, busi mobil harus diganti setiap 20.000 km. Jumlah busi setiap mobil berbeda-beda, bergantung pada jumlah silinder di mobil tersebut.

4. Filter Udara

Fungsi filter udara adalah untuk menyaring udara supaya tidak masuk ke dalam sistem injeksi. Jika filter udara kotor, akan mempengaruhi kinerja mesin mobil Anda.

Sehingga bahan bakar yang terpakai menjadi lebih banyak dari seharusnya. Sebaiknya ganti filter udara mobil Anda pada jarak tempuh 40.000 km.

5. Filter Oli

Rumornya, mengganti filter oli sebaiknya pada waktu yang sama ketika mengganti oli. Ganti filter oli setiap jarak tempuh 10.000 km, namun jika ingin mengganti filter oli bersamaan dengan oli juga baik. 

Hal ini akan menyebabkan penyaringan oli menjadi lebih bersih dan oli yang digunakan akan lebih berkualitas. Agar seluruh komponen mobil Anda dapat bekerja dengan baik, pastikan komponen mobil wajib ganti diganti secara berkala.

Beli Komponen Mobil Wajib Ganti Sekarang!

Ada kalanya mobil memerlukan penggantian komponen lebih cepat karena berbagai faktor eksternal, kecelakaan, kerusakan tak disengaja, dan lain sebagainya. Jika Anda adalah pemilik kendaraan Daihatsu, kunjungi link berikut

Situs resmi ini untuk kendaraan roda empat merk Daihatsu. Website kami ini menyediakan komponen mobil wajib ganti original aneka tipe mobil Daihatsu. Jangan takut untuk menghubungi admin di website tersebut untuk melakukan pembelian produk spare part. Dijamin spare part yang Anda beli memiliki kualitas dan wujud yang original!

Others Tips Sahabat
Release Bearing: Fungsi, Cara Kerja, dan Tanda Kerusakannya
Release Bearing: Fungsi, Cara Kerja, dan Tanda Kerusakannya
Release bearing merupakan salah satu komponen penting dari kopling mobil bertransmisi manual. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil harusnya mengetahui fungsi, cara kerja serta tanda kerusakan dari k
Fungsi Reservoir Tank & Cara Kerjanya pada Sistem Pendinginan Mobil
Fungsi Reservoir Tank & Cara Kerjanya pada Sistem Pendinginan Mobil
Reservoir tank merupakan komponen pada sistem pendingin mobil yang memiliki fungsi vital di dalam sistem tersebut. Komponen ini kerap kali disebut sebagai tabung cadangan air radiator. Bagi Anda yang
Mengenal Trade In dan Cara Kerja Tukar Tambah Mobil
Mengenal Trade In dan Cara Kerja Tukar Tambah Mobil
Trade in adalah istilah lain yang digunakan untuk proses tukar tambah kendaraan. Istilah tersebut biasanya digunakan dalam mekanisme jual beli. Lantas bagaimana cara kerja trade in dalam proses jual b
Jakarta ke Solo Berapa Jam Naik Mobil? Ini Rute Terbaiknya
Jakarta ke Solo Berapa Jam Naik Mobil? Ini Rute Terbaiknya
Jakarta Solo berapa jam jika naik mobil? Apakah Anda sudah mengetahuinya? Jika belum, mari perhatikan ulasan di bawah ini agar Anda bisa memilih rute terbaik sehingga estimasi waktu perjalanan lebih c
Logo Daihatsu
Daihatsu Access
1500898
hotline@daihatsu.astra.co.id
© Copyright 2024 PT Astra Daihatsu Motor. All rights reserved
Privacy Policy
Contact Us