Press Release

Daihatsu Pertahankan Posisi Nomor 2 Penjualan Otomotif Nasional 15 Tahun Berturut-turut

JAKARTA (18/1): Selama tahun 2023, pasar otomotif nasional mencapai sekitar 998 ribu unit. Sementara itu, Daihatsu di Indonesia membukukan raihan penjualan ritel dengan capaian 194.108 unit, atau naik 2,9% dibandingkan periode yang sama tahun 2022 lalu sejumlah 188.660 unit.

Dari pencapaian ini, penjualan ritel Daihatsu selama tahun 2023 berkontribusi sebesar 19,4% market share otomotif nasional, atau naik sebesar 0,8% dibandingkan periode yang sama tahun 2022 lalu sebesar 18,6%.

Capaian ini menjadi catatan penting bagi Daihatsu karena mampu mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional selama 15 tahun berturut-turut sejak 2009.

Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu selama tahun 2023 didominasi oleh top 3 model, seperti Astra Daihatsu Sigra sebanyak 63.285 unit, atau berkontribusi sekitar 32,6%; disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 43.896 unit (22,6%); dan Terios dengan raihan 24.785 unit (12,8%).

Tak berbeda jauh, dalam hal penjualan setiap model pada setiap segmen pasar otomotif nasional, terdapat 3 model Daihatsu yang berada di urutan pertama menjadi pilihan masyarakat Indonesia, mulai dari Astra Daihatsu Sigra dengan kontribusi sebesar 58% di segmen pasar LCGC MPV; disusul Gran Max Pick PU sekitar 49% dari segmen Pick Up Low; dan Gran Max MB (Mini Bus) sebesar 85% dari segmen pasar Low Semi Commercial dengan total penjualan 12.444 unit.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan, sehingga Daihatsu dapat menutup tahun 2023 dengan capaian positif, sekaligus mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional selama 15 tahun berturut-turut sejak 2009. Semoga capaian ini dapat terus memotivasi kami untuk memberikan penawaran dan layanan terbaik kepada konsumen, serta pasar otomotif dapat lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” ujar Tri Mulyono, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation.

Press Release Lainnya
Daihatsu Ajak Awak Media Kenal Lebih Dekat Sejarah dan Inovasi Daihatsu di Jepang
Daihatsu Ajak Awak Media Kenal Lebih Dekat Sejarah dan Inovasi Daihatsu di Jepang
Dalam rangka agenda Japan Mobility Show (JMS) 2025, Daihatsu mengundang awak media untuk kenal lebih dekat tentang perjalanan Daihatsu mulai dari sejarah hingga inovasi masa depan dalam mobilitas.
Daihatsu Hadirkan Inovasi Mobilitas Masa Depan di Japan Mobility Show 2025
Daihatsu Hadirkan Inovasi Mobilitas Masa Depan di Japan Mobility Show 2025
Daihatsu Motor Co., Ltd. di Jepang menghadirkan inovasi dan solusi mobilitas pada ajang Japan Mobility Show 2025 (JMS) yang berlangsung pada 29 Oktober–9 November 2025 di Tokyo Big Sight, Jepang.
Jelajah Sejarah Daihatsu Sejak 1907 di Museum Humobility World di Jepang
Jelajah Sejarah Daihatsu Sejak 1907 di Museum Humobility World di Jepang
Humobility World merupakan museum Daihatsu yang berlokasi tepat di samping kantor Daihatsu Motor Headquarter di Ikeda, Osaka, Jepang. Fasilitas ini dibangun untuk pertama kali pada tahun 2007 dalam memperingati perjalanan Daihatsu menemani mobilitas masyarakat selama 100 tahun.
Daihatsu Hadirkan Ulasan Rocky Hybrid Langsung dari Desainer Jepang
Daihatsu Hadirkan Ulasan Rocky Hybrid Langsung dari Desainer Jepang
Daihatsu Motor Co., Ltd. sambut awak media dari Indonesia untuk dalam menyediakan sesi ulasan khusus tentang Daihatsu Rocky Hybrid. Sesi ini disampaikan langsung secara komprehensif oleh salah satu Chief Engineer Daihatsu bertempat di Daihatsu Motor Headquarter, Osaka, Jepang pada 28 Oktober 2025.
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami