Press Release

Daihatsu Pertahankan Posisi Nomor 2 Penjualan Otomotif Nasional 15 Tahun Berturut-turut

JAKARTA (18/1): Selama tahun 2023, pasar otomotif nasional mencapai sekitar 998 ribu unit. Sementara itu, Daihatsu di Indonesia membukukan raihan penjualan ritel dengan capaian 194.108 unit, atau naik 2,9% dibandingkan periode yang sama tahun 2022 lalu sejumlah 188.660 unit.

Dari pencapaian ini, penjualan ritel Daihatsu selama tahun 2023 berkontribusi sebesar 19,4% market share otomotif nasional, atau naik sebesar 0,8% dibandingkan periode yang sama tahun 2022 lalu sebesar 18,6%.

Capaian ini menjadi catatan penting bagi Daihatsu karena mampu mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional selama 15 tahun berturut-turut sejak 2009.

Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu selama tahun 2023 didominasi oleh top 3 model, seperti Astra Daihatsu Sigra sebanyak 63.285 unit, atau berkontribusi sekitar 32,6%; disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 43.896 unit (22,6%); dan Terios dengan raihan 24.785 unit (12,8%).

Tak berbeda jauh, dalam hal penjualan setiap model pada setiap segmen pasar otomotif nasional, terdapat 3 model Daihatsu yang berada di urutan pertama menjadi pilihan masyarakat Indonesia, mulai dari Astra Daihatsu Sigra dengan kontribusi sebesar 58% di segmen pasar LCGC MPV; disusul Gran Max Pick PU sekitar 49% dari segmen Pick Up Low; dan Gran Max MB (Mini Bus) sebesar 85% dari segmen pasar Low Semi Commercial dengan total penjualan 12.444 unit.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan, sehingga Daihatsu dapat menutup tahun 2023 dengan capaian positif, sekaligus mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional selama 15 tahun berturut-turut sejak 2009. Semoga capaian ini dapat terus memotivasi kami untuk memberikan penawaran dan layanan terbaik kepada konsumen, serta pasar otomotif dapat lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” ujar Tri Mulyono, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation.

Press Release Lainnya
Terima Kasih, Rocky Hybrid Hadir Wujudkan Keinginan Pelanggan
Terima Kasih, Rocky Hybrid Hadir Wujudkan Keinginan Pelanggan
Melalui Rocky Hybrid, Astra Daihatsu Motor (ADM) terus memperkuat posisi di pasar otomotif Indonesia sebagai satu-satunya yang menghadirkan SUV hybrid kompak di kelasnya dengan berbagai kelebihan.
Daihatsu Pererat Persaudaraan bersama Pelanggan Setia lewat Harmony Camp 2025
Daihatsu Pererat Persaudaraan bersama Pelanggan Setia lewat Harmony Camp 2025
PT Daihatsu merangkul Sahabat Klub pada acara Harmony Camp 2025, menghadirkan 21 komunitas yang tergabung dalam Daihatsu Official Club, di Camping Ground Cisarua, Bogor, Jawa Barat.
Daihatsu Dukung Anak Bangsa Berkarya untuk Negeri, Berprestasi Mendunia
Daihatsu Dukung Anak Bangsa Berkarya untuk Negeri, Berprestasi Mendunia
Tim Robotika Ichiro ITS sukses mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional setelah meraih 13 medali kejuaraan dalam ajang bergengsi FIRA RoboWorld Cup 2025 di Daegu, Korea Selatan.
Daihatsu Resmikan Implementasi Teaching Factory di SMK Muhammadiyah Kutowinangun Wujud Kolaborasi Dunia Industri dan Pendidikan Vokasi
Daihatsu Resmikan Implementasi Teaching Factory di SMK Muhammadiyah Kutowinangun Wujud Kolaborasi Dunia Industri dan Pendidikan Vokasi
PT ADM bersama SMK Muhammadiyah Kutowinangun meresmikan implementasi TEFA di DSSC, untuk memperkuat pendidikan vokasi dan menyiapkan generasi muda yang kompeten di dunia industri.
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami