Logo Daihatsu
Menu
Home / Artikel / Press Release / Jelajah Pesona Alam, Sungai Terbesar, Hingga Kearifan Lokal di Kalimantan Timur
By Admin | 2022-09-30

Jelajah Pesona Alam, Sungai Terbesar, Hingga Kearifan Lokal di Kalimantan Timur

Setelah mengunjungi 2 destinasi (Wonders) hari sebelumnya, tim ekspedisi Terios 7 Wonders kembali melanjutkan perjalanannya menuju 4 destinasi, yakni Bukit Bangkirai, Air terjun Berambai, Kampung Tenun dan Rumah Tua, dan Mahakam River Cruise.

Ekspedisi bertajuk New Capital Exploration yang diselenggarakan pada 19 – 21 Januari 2022 ini menempuh rute total sejauh kurang lebih 450 KM ini menjelajahi 4 area di Kalimantan Timur, mulai dari Balikpapan, Penajam, Kutai, dan Samarinda.

Ekspedisi yang menggunakan 4 unit Terios ini memulai perjalanan di hari keduanya pada 20 Januari 2022 menuju Wonders 3 menuju Bukit Bangkirai. Destinasi ini merupakan sebuah kawasan wisata hutan tropis dengan satwa yang dilindungi memiliki kawasan seluas mencapai 1.500 hektar. Tak hanya satwa, keunggulan kawasan ini adalah banyaknya pohon bangkirai yang tumbuh hingga 50 meter. Selain itu bukit bangkirai ini sering digunakan sebagai objek penelitian serta media pendidikan bagi berbagai lembaga di Indonesia karena banyaknya jenis flora dan fauna di dalamnya. Jembatan antar pohon menjadikan Bukit bangkirai lebih menarik.

Selanjutnya, tim ekspedisi melanjutkan perjalanannya menuju Wonders 4, yakni Air Terjun Berambai yang berlokasi di samarinda. Air Terjun Berambai ini tidak sulit untuk ditemukan, dan berlokasi tak jauh jika berjalan dari Samarinda menjadikan destinasi ini menjadi salah satu tempat wisata bagi masyarakat sekitar yang berakhir pekan.

Lalu, tim ekspedisi juga menuju destinasi pada Wonders 5, yaitu Kampung Tenun Samarinda yang merupakan sentra pengrajin sarung Samarinda, dimana hampir semua penduduk lokal setempat memproduksi tenun, sederet dengan rumah panggung yang di bangun di area bekas rawa-rawa, serta berseberangan dengan sungai mahakam. Menilik sejarah singkat, pada tahun 1668 silam banyak masyarakat Bugis Wajo berpindah dari kesultanan goa menuju kesultanan kutai di Kalimantan. Rombongan ini diterima oleh sultan kutai saat itu, dan memberikan warna baru bagi warga setempat, salah satunya penenun kain Samarinda yang masih eksis hingga saat ini.

Menutup petualangan hari kedua, tim ekspedisi kunjungi Wonders 6 Mahakam River Cruise. Pada destinasi ini tim ekspedisi mengunjungi dan menikmati pemandangan Sungai Mahakam lebih dekat menggunakan Cruise Sungai Mahakam. Sungai Mahakam juga merupakan salah satu sungai terbesar di Kalimantan dengan panjang mencapai sekitar 920 km.

PRESS RELEASE DAIHATSU

2022-09-30

Daihatsu Tebar Promo Menarik di Jakarta Auto Week 2022

Selengkapnya

2022-09-30

Ajang Seru-seruan Milenial: Daihatsu Urban Fest Hadir di Lampung

Selengkapnya

2022-09-30

Daihatsu Bukukan 161 Pemesanan Kendaraan selama JAW 2022

Selengkapnya

2022-09-30

Petualangan Daihatsu Terios 7 Wonders Eksplorasi Keindahan Sumba

Selengkapnya