Logo Daihatsu

Pers Rilis

Bagikan
Market Share Daihatsu Januari 2022 Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah
11 Februari 2022
Market Share Daihatsu Januari 2022 Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah

JAKARTA (11/2): Mengawali awal tahun 2022, pasar otomotif nasional mengalami kenaikan sekitar 45% menjadi sekitar 78 ribu unit, dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021 lalu sekitar 54 ribu unit, dan diharapkan dapat terus meningkat secara bertahap hingga kembali ke level normal.

Berdasakan data GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) pada Januari 2022, tercatat segmen kendaraan yang mendominasi pasar secara berturut-turut, mulai dari SUV (Sport Utility Vehicle) yang terus meningkat dengan kontribusi sebesar 27%; disusul Commercial (Niaga) 26%; MPV (Multi Purpose Vehicle) 25%; LCGC 16%; City Car 3%; dan segmen lainnya 3%.

Pada sisi penjualan brand, Daihatsu raih penjualan ritel sebanyak 17.506 unit pada Januari 2022, atau naik 83,7% dibandingkan Januari 2021 lalu sejumlah 9.528 unit. Raihan ini juga membuat market share Daihatsu cetak rekor tertinggi sepanjang sejarah, yaitu sebesar 22,3%. Dalam hal kontribusi model, secara berturut-turut, penjualan Daihatsu pada Januari 2022 terbagi menjadi 2 komposisi dengan jenis kendaraan penumpang sebesar 71%, dan jenis kendaraan niaga 29%. 

Khusus pada jenis mobil penumpang, penjualan Daihatsu secara berturut-turut didominasi oleh Sigra sebanyak 4,9 ribu unit, atau berkontribusi 28%; disusul Ayla 2,4 ribu unit (14%); All New Xenia 1,9 ribu unit (11%); Terios 1,3 ribu unit (8%); dan Rocky 1,2 ribu (7%). Sedangkan pada jenis kendaraan niaga, terdapat Gran Max PU (Pick Up) berkontribusi 3,8 ribu unit (22%); disusul GM MB (termasuk Blind Van) 1,4 ribu unit (8%).

Seiring kabar baik di awal tahun 2022, pemerintah melanjutkan pemberian insentif PPnBM DTP untuk jenis kendaraan LCGC (Low Cost Green Car), dan non LCGC.

Insentif pada model LCGC diberikan pada kuartal I dengan tarif PPnBM 0%; kuartal II sebesar 1%; kuartal III (2%); dan pada kuartal IV tarif PPnBM yang dikenakan akan dibayar penuh oleh pelanggan sebesar 3%. Pada segmen ini, Daihatsu telah mengajukan kedua modelnya untuk Sigra, dan Ayla dengan keseluruhan total 22 variannya agar dapat menikmati fasilitas ini.

Sedangkan untuk model non LCGC, insentif diberikan pada kuartal I dengan tariff PPnBM sebesar 7,5%; serta kuartal II hingga kuartal IV yang akan dibayar penuh oleh pelanggan sebesar 15%. Daihatsu juga telah mendaftarkan model beserta beberapa varian yang memenuhi persyaratan ini seperti, All New Xenia, Rocky, dan Terios dengan total 29 varian.

“Daihatsu bersyukur dapat mengawali penjualan awal tahun 2022 dengan mencetak rekor market share tertinggi sepanjang sejarah Daihatsu di Indonesia. Kami juga mengapresiasi dukungan pemerintah atas kelanjutan insentif PPnBM yang diberikan yang terbukti telah meningkatkan pasar otomotif nasional secara signifikan selama tahun 2021 lalu,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Press Release Lainnya
Tips Rawat Kendaraan Pasca Mudik Libur Lebaran ala Daihatsu
Tips Rawat Kendaraan Pasca Mudik Libur Lebaran ala Daihatsu
JAKARTA (24/4): Momen libur lebaran telah usai, dan masyarakat siap kembali melanjutkan rutinitas dan kesibukan masing-masing. Bagi sebagian masyarakat, libur Lebaran juga diisi oleh aktivitas mudik k
Daihatsu Sukses Eksplorasi Trans Jawa Tempuh Jarak Lebih Dari 2.400 KM
Daihatsu Sukses Eksplorasi Trans Jawa Tempuh Jarak Lebih Dari 2.400 KM
JAKARTA (22/4): PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sukses melakukan perjalanan eksplorasi Trans Jawa yang berlangsung pada 28 Mar
Daihatsu Lepas Eksplorasi Trans Jawa 2024 bersama Xenia dan Terios
Daihatsu Lepas Eksplorasi Trans Jawa 2024 bersama Xenia dan Terios
JAKARTA (28/3): Mudik atau pulang kampung merupakan tradisi tahunan yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia untuk bersil
Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1% Didukung Beragam Promo Menarik
Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1% Didukung Beragam Promo Menarik
JAKARTA (5/4): Menutup Kuartal I 2024, Daihatsu kembali catatkan raihan penjualan positif sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara nasional, penjualan ritel otomotif di Indonesia pada b
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku