Press Release

Penjualan Ritel Daihatsu Naik 3,5% pada Januari 2021

23 Februari 2021
Penjualan Ritel Daihatsu Naik 3,5% pada Januari 2021

JAKARTA (19/2): Menutup bulan Januari 2021, Daihatsu merilis capaian penjualannya dengan catatan yang cukup baik di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini. Capaian ini diharapkan menjadi langkah awal yang baik dan menjadi sinyal positif untuk pemulihan pasar otomotif tahun 2021 ini.

Dalam 2 tahun terakhir, pasar otomotif pada 2020 mengalami penurunan sebesar 45% bila dibandingkan dengan 2019 akibat kondisi pandemi. Berdasarkan data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), pasar otomotif diperkirakan akan naik 30% dengan volume total sebanyak 750 ribu unit pada 2021 dibanding 2020 dengan volume sekitar 570 ribuan. Namun peningkatan pasar otomotif tahun 2021 ini belum dapat sepenuhnya normal kembali level market-nya seperti pada 2019 lalu.

Secara nasional, penjualan ritel otomotif Indonesia pada Januari 2021 mencapai sekitar 53 ribu unit atau turun sekitar 21,4% dibandingkan pada Desember 2020 sekitar 68 ribu unit. Sementara itu, untuk penjualan ritel Daihatsu mencapai 9.528 unit, atau naik sebesar 3,5% daripada Desember 2020 sebanyak 9.203 unit. 

Dari peningkatan penjualan ritel di atas, juga berdampak pada kenaikan market share Daihatsu pada Januari 2021 dengan kontribusi market share sebesar 17,6%, naik sebesar 4,2% dibanding Desember 2020 lalu sebesar 13,4%.

Sebagaimana diketahui, penjualan ritel Daihatsu pada Januari 2021 didominasi oleh 3 model utama, yaitu Gran Max Pick-Up sebanyak 3.046 unit atau berkontribusi sekitar 32%, disusul Sigra 2.218 (23,3%), dan Terios 1.377 unit (14,5%). Kemudian, menyusul Ayla sebanyak 1.187 unit (12,5%), Gran Max Mini Bus 868 unit (9,1%), Xenia 654 unit, dan model lainnya, yakni Luxio, dan Sirion sebanyak 178 unit (1,9%).

Sebagaimana diketahui, secara nasional, capaian penjualan 2020 lalu juga menjadi catatan penting bagi Daihatsu, karena berhasil mempertahankan posisi ranking 2 selama 12 tahun berturut-turut dalam penjualan ritel otomotif nasional sejak 2009.

“Daihatsu bersyukur dapat mengawali tahun 2021 dengan pencapaian yang lebih baik dibandingkan bulan Desember 2020 lalu dengan kenaikan penjualan ritel sebesar 3,5% dan kenaikan market share 4,2%. Kami yakin, pasar otomotif tahun ini akan lebih baik daripada tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Press Release Lainnya
Menjelajah Seru dengan Daihatsu Terios, SUV Andal untuk Sahabat Petualang
Menjelajah Seru dengan Daihatsu Terios, SUV Andal untuk Sahabat Petualang
Daihatsu Terios merupakan mobil SUV yang selama 18 tahun di Indonesia. Daihatsu Terios terus mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia hingga saat ini.
Indonesia Raih Runner Up di Turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2025
Indonesia Raih Runner Up di Turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2025
Pada turnamen bulu tangkis internasional Daihatsu Indonesia Masters 2025, Indonesia raih runner up oleh Jonatan Christie kategori tunggal putra, dan Fajar Alfian – Muhammad Rian Ardianto kategori ganda putra.
Daihatsu Indonesia Masters: Apresiasi PBSI untuk Kolaborasi yang Menginspirasi
Daihatsu Indonesia Masters: Apresiasi PBSI untuk Kolaborasi yang Menginspirasi
Melalui ajang Daihatsu Indonesia Masters 2025, PBSI berikan apresiasi kepada Daihatsu sebagai sponsor utama penyelenggaraan turnamen bulu tangkis bertaraf internasional.
Kiat Cepat Rawat Mobil Daihatsu Tetap Prima Pasca Liburan
Kiat Cepat Rawat Mobil Daihatsu Tetap Prima Pasca Liburan
Daihatsu bagikan tips pengecekan mobil agar tetap aman dan nyaman selama digunakan dalam menemani aktivitas harian.
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami