Press Release

Segmen LCGC Jadi Top Kontributor Penjualan Daihatsu

Segmen LCGC Jadi Top Kontributor Penjualan Daihatsu

JAKARTA (11/3): Kondisi pasar otomotif nasional terus membaik sejalan dengan meningkatnya produktivitas. Pada Februari 2022, pasar otomotif nasional mencatatkan penjualan ritel sekitar 70 ribu unit, atau naik sebesar 49% dibandingkan bulan Februari 2021 lalu sekitar 46 ribuan unit. Bila membandingkan dengan capaian pada bulan Januari 2022 sebanyak 78 ribu unit, pasar otomotif nasional sedikit mengalami koreksi sebesar 10,9%.

Berdasakan data GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), pasar otomotif nasional pada Februari 2022, segmen LCGC lebih cepat terdampak kebijakan relaksasi PPnBM DTP dengan kontribusi total sebesar 18%, atau naik 2% dibandingkan bulan Januari 2022 sebelumnya sebesar 16%. Sedangkan pada segmen niaga juga mengalami kenaikan dengan total kontribusi menjadi sebesar 28% (naik 2% VS Januari 2022 sebesar 26%); serta non-LCGC menjadi sebesar 54% (turun 4% VS Januari 2022 sebesar 58%).

Pada sisi penjualan brand, Daihatsu tetap mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional dengan raihan penjualan ritel Februari 2022 sebanyak 13 ribuan unit, dengan market share sebesar 18,7%. Raihan ini juga meningkat sebesar 56% bila dibandingkan dengan Februari 2021 lalu sebanyak 8 ribuan unit.

Dalam hal kontribusi model, segmen LCGC menjadi top kontributor penjualan mobil Daihatsu dengan total 5,1 ribu unit, atau berkontribusi sebesar 39% dengan komposisi masing-masing Sigra sekitar 3 ribuan unit, dan Ayla 1,5 ribu unit; disusul segmen niaga dengan total 4 ribuan unit, yang berkontribusi 32% (GranMax Pick Up 3,1 ribu unit, dan GranMax Minibus termasuk Blind Van sekitar 1,2 ribu unit); serta segmen non-LCGC sebesar 28% dengan total 3,8 ribu unit (Rocky, Xenia, Terios masing-masing sekitar seribu unit, ditambah Sirion dan Luxio sekitar 200-an unit).

“Daihatsu bersyukur dapat tetap mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional hingga Februari 2022 ini. Semoga pasar otomotif tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Press Release Lainnya
Rayakan Akhir Pekan Bersama Keluarga di Daihatsu Kumpul Sahabat Bitung
Rayakan Akhir Pekan Bersama Keluarga di Daihatsu Kumpul Sahabat Bitung
Daihatsu siap meriahkan akhir pekan masyarakat Kota Bitung dan sekitarnya melalui Daihatsu Kumpul Sahabat Bitung yang akan dilaksanakan pada Hari Sabtu, 13 Desember 2025, pukul 06.30 – 17.35 WITA, di Lapangan Satrol Lantamal VIII, Kota Bitung, Sulawesi Utara. Sebagai wadah silaturahmi dan perayaan kebersamaan, acara ini diselenggarakan secara terbuka untuk seluruh masyarakat tanpa dikenakan biaya masuk. Masyarakat serta pelanggan setia Daihatsu diundang untuk menikmati rangkaian hiburan akhir pekan yang telah disiapkan.
Cerita di Balik Acara: Keseruan Masyarakat Malang Habiskan Akhir Pekan di Daihatsu Kumpul Sahabat Malang
Cerita di Balik Acara: Keseruan Masyarakat Malang Habiskan Akhir Pekan di Daihatsu Kumpul Sahabat Malang
Ajang pesta rakyat Daihatsu Kumpul Sahabat Malang 2025 berlangsung meriah di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur, pada 7 Desember 2025. Acara yang terbuka gratis ini berhasil menarik atensi ribuan warga, komunitas otomotif, dan pelaku UMKM sejak pagi. Beragam kegiatan turut memeriahkan, mulai dari zumba ceria, rolling thunder keliling ikon Kota Malang, hingga penampilan spesial dari D’MASIV.
Satu Akhir Pekan, Banyak Cerita: Momen Kebersamaan Masyarakat di Daihatsu Kumpul Sahabat Malang
Satu Akhir Pekan, Banyak Cerita: Momen Kebersamaan Masyarakat di Daihatsu Kumpul Sahabat Malang
Daihatsu menyapa masyarakat Malang melalui gelaran Kumpul Sahabat pada Minggu, 7 November 2025, di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur. Hadir dengan tema “Bahagia Sejak Pertama Karena Kamu Ada” Daihatsu ingin menegaskan bahwa setiap momen bahagia tercipta karena kehadiran para Sahabat Daihatsu.
Hampir 400,000 km Perjalanan bersama Daihatsu Terios, Daihatsu Apresiasi Pelanggan lewat Program “Bahagia Sejak Pertama” di Malang
Hampir 400,000 km Perjalanan bersama Daihatsu Terios, Daihatsu Apresiasi Pelanggan lewat Program “Bahagia Sejak Pertama” di Malang
Daihatsu konsisten memberikan apreasiasi melalui program “Bahagia Sejak Pertama” sebagai wujud penghargaan kepada pelanggan setia, yang telah mempercayakan Daihatsu sebagai sahabat dalam berbagai aktivitas sehari-hari dan momen spesial bersama keluarga.
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami