Logo Daihatsu
EN | ID

Press Release

Bagikan
Segmen LCGC Jadi Top Kontributor Penjualan Daihatsu
11 Maret 2022
Segmen LCGC Jadi Top Kontributor Penjualan Daihatsu

JAKARTA (11/3): Kondisi pasar otomotif nasional terus membaik sejalan dengan meningkatnya produktivitas. Pada Februari 2022, pasar otomotif nasional mencatatkan penjualan ritel sekitar 70 ribu unit, atau naik sebesar 49% dibandingkan bulan Februari 2021 lalu sekitar 46 ribuan unit. Bila membandingkan dengan capaian pada bulan Januari 2022 sebanyak 78 ribu unit, pasar otomotif nasional sedikit mengalami koreksi sebesar 10,9%.

Berdasakan data GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), pasar otomotif nasional pada Februari 2022, segmen LCGC lebih cepat terdampak kebijakan relaksasi PPnBM DTP dengan kontribusi total sebesar 18%, atau naik 2% dibandingkan bulan Januari 2022 sebelumnya sebesar 16%. Sedangkan pada segmen niaga juga mengalami kenaikan dengan total kontribusi menjadi sebesar 28% (naik 2% VS Januari 2022 sebesar 26%); serta non-LCGC menjadi sebesar 54% (turun 4% VS Januari 2022 sebesar 58%).

Pada sisi penjualan brand, Daihatsu tetap mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional dengan raihan penjualan ritel Februari 2022 sebanyak 13 ribuan unit, dengan market share sebesar 18,7%. Raihan ini juga meningkat sebesar 56% bila dibandingkan dengan Februari 2021 lalu sebanyak 8 ribuan unit.

Dalam hal kontribusi model, segmen LCGC menjadi top kontributor penjualan mobil Daihatsu dengan total 5,1 ribu unit, atau berkontribusi sebesar 39% dengan komposisi masing-masing Sigra sekitar 3 ribuan unit, dan Ayla 1,5 ribu unit; disusul segmen niaga dengan total 4 ribuan unit, yang berkontribusi 32% (GranMax Pick Up 3,1 ribu unit, dan GranMax Minibus termasuk Blind Van sekitar 1,2 ribu unit); serta segmen non-LCGC sebesar 28% dengan total 3,8 ribu unit (Rocky, Xenia, Terios masing-masing sekitar seribu unit, ditambah Sirion dan Luxio sekitar 200-an unit).

“Daihatsu bersyukur dapat tetap mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional hingga Februari 2022 ini. Semoga pasar otomotif tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Press Release Lainnya
Daihatsu Apresiasi Pelanggan Lewat Kolaborasi Bersama Komunitas Mobil dan Sepeda Motor di GIIAS 2024
Daihatsu Apresiasi Pelanggan Lewat Kolaborasi Bersama Komunitas Mobil dan Sepeda Motor di GIIAS 2024
TANGERANG (25/7): Daihatsu senantiasa hadir dan tumbuh bersama masyarakat Indonesia dalam memberikan mobilitas serta menuju masa depan berkelanjutan yang lebih baik. Komitmen ini diwujudkan salah satu
Daihatsu Hadirkan Xenia ADS Baru Tampil Lebih Sporty di GIIAS
Daihatsu Hadirkan Xenia ADS Baru Tampil Lebih Sporty di GIIAS
TANGERANG (24/7): Daihatsu hadirkan Xenia ADS dengan tampilan baru dan lebih sporty pada ajang GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show), 24 Juli 2024. Xenia ADS menjadi pilihan tepat bagi ke
Daihatsu Terios Graphite Jadi Inspirasi Modifikasi Para Petualang
Daihatsu Terios Graphite Jadi Inspirasi Modifikasi Para Petualang
TANGERANG (23/7): Pada ajang GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show) yang berlangsung pada 18-28 Juli 2024 di Tangerang, Daihatsu menampilkan unit modifikasi sebagai sarana inspirasi bagi p
GIIAS 2024 Jadi Saat Yang Tepat Untuk Beli Mobil Daihatsu
GIIAS 2024 Jadi Saat Yang Tepat Untuk Beli Mobil Daihatsu
TANGERANG (20/7): Daihatsu senantiasa berkomitmen mendekatkan diri kepada pelanggan dengan hadir pada ajang GIIAS 2024 di ICE BSD City, Tangerang. Melalui tema GROW FOR BETTER TOMORROW, Daihatsu senan
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor