Press Release

Segmen LCGC Jadi Top Kontributor Penjualan Daihatsu

Segmen LCGC Jadi Top Kontributor Penjualan Daihatsu

JAKARTA (11/3): Kondisi pasar otomotif nasional terus membaik sejalan dengan meningkatnya produktivitas. Pada Februari 2022, pasar otomotif nasional mencatatkan penjualan ritel sekitar 70 ribu unit, atau naik sebesar 49% dibandingkan bulan Februari 2021 lalu sekitar 46 ribuan unit. Bila membandingkan dengan capaian pada bulan Januari 2022 sebanyak 78 ribu unit, pasar otomotif nasional sedikit mengalami koreksi sebesar 10,9%.

Berdasakan data GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), pasar otomotif nasional pada Februari 2022, segmen LCGC lebih cepat terdampak kebijakan relaksasi PPnBM DTP dengan kontribusi total sebesar 18%, atau naik 2% dibandingkan bulan Januari 2022 sebelumnya sebesar 16%. Sedangkan pada segmen niaga juga mengalami kenaikan dengan total kontribusi menjadi sebesar 28% (naik 2% VS Januari 2022 sebesar 26%); serta non-LCGC menjadi sebesar 54% (turun 4% VS Januari 2022 sebesar 58%).

Pada sisi penjualan brand, Daihatsu tetap mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional dengan raihan penjualan ritel Februari 2022 sebanyak 13 ribuan unit, dengan market share sebesar 18,7%. Raihan ini juga meningkat sebesar 56% bila dibandingkan dengan Februari 2021 lalu sebanyak 8 ribuan unit.

Dalam hal kontribusi model, segmen LCGC menjadi top kontributor penjualan mobil Daihatsu dengan total 5,1 ribu unit, atau berkontribusi sebesar 39% dengan komposisi masing-masing Sigra sekitar 3 ribuan unit, dan Ayla 1,5 ribu unit; disusul segmen niaga dengan total 4 ribuan unit, yang berkontribusi 32% (GranMax Pick Up 3,1 ribu unit, dan GranMax Minibus termasuk Blind Van sekitar 1,2 ribu unit); serta segmen non-LCGC sebesar 28% dengan total 3,8 ribu unit (Rocky, Xenia, Terios masing-masing sekitar seribu unit, ditambah Sirion dan Luxio sekitar 200-an unit).

“Daihatsu bersyukur dapat tetap mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional hingga Februari 2022 ini. Semoga pasar otomotif tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Press Release Lainnya
Daihatsu Gran Max: Laris Manis Berkat Sahabat Bisnis
Daihatsu Gran Max: Laris Manis Berkat Sahabat Bisnis
Melihat Pertumbuhan sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang semakin dinamis, Daihatsu menghadirkan Gran Max dengan berbagai tipe sebagai Sahabat Bisnis para pelaku usaha.
Resmikan National Dojo Manufacturing Center di SMK Subang, Daihatsu Konsisten Dukung Pendidikan Anak Bangsa
Resmikan National Dojo Manufacturing Center di SMK Subang, Daihatsu Konsisten Dukung Pendidikan Anak Bangsa
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali menunjukkan komitmennya terhadap pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia dengan meresmikan National Dojo Manufacturing Center di SMK Al Mufti, Subang, Jawa Barat, pada 22 April 2025.
Peresmian Pabrik Baru Karawang Assembly Plant 2 Jadi Komitmen Keberlanjutan Daihatsu di Masa Depan
Peresmian Pabrik Baru Karawang Assembly Plant 2 Jadi Komitmen Keberlanjutan Daihatsu di Masa Depan
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meresmikan pabrik baru Karawang Assembly Plant 2 pada 27 Februari 2025 berlokasi di Kawasan Industri Surya Cipta, di Karawang Timur, Jawa Barat.
TINGGAL SEMINGGU LAGI: BELI MOBIL DAIHATSU, MENANGKAN HADIAH UMROH!
TINGGAL SEMINGGU LAGI: BELI MOBIL DAIHATSU, MENANGKAN HADIAH UMROH!
Program spesial bulan Ramadan yaitu DAIFIT 2025 (Daihatsu Idul Fitri 2025), dari tanggal 1 Februari – 30 April 2025, berkesempatan untuk memenangkan hadiah umroh bagi 9 orang pemenang yang beruntung.
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami