Press Release

Segmen LCGC Jadi Top Kontributor Penjualan Daihatsu

Segmen LCGC Jadi Top Kontributor Penjualan Daihatsu

JAKARTA (11/3): Kondisi pasar otomotif nasional terus membaik sejalan dengan meningkatnya produktivitas. Pada Februari 2022, pasar otomotif nasional mencatatkan penjualan ritel sekitar 70 ribu unit, atau naik sebesar 49% dibandingkan bulan Februari 2021 lalu sekitar 46 ribuan unit. Bila membandingkan dengan capaian pada bulan Januari 2022 sebanyak 78 ribu unit, pasar otomotif nasional sedikit mengalami koreksi sebesar 10,9%.

Berdasakan data GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), pasar otomotif nasional pada Februari 2022, segmen LCGC lebih cepat terdampak kebijakan relaksasi PPnBM DTP dengan kontribusi total sebesar 18%, atau naik 2% dibandingkan bulan Januari 2022 sebelumnya sebesar 16%. Sedangkan pada segmen niaga juga mengalami kenaikan dengan total kontribusi menjadi sebesar 28% (naik 2% VS Januari 2022 sebesar 26%); serta non-LCGC menjadi sebesar 54% (turun 4% VS Januari 2022 sebesar 58%).

Pada sisi penjualan brand, Daihatsu tetap mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional dengan raihan penjualan ritel Februari 2022 sebanyak 13 ribuan unit, dengan market share sebesar 18,7%. Raihan ini juga meningkat sebesar 56% bila dibandingkan dengan Februari 2021 lalu sebanyak 8 ribuan unit.

Dalam hal kontribusi model, segmen LCGC menjadi top kontributor penjualan mobil Daihatsu dengan total 5,1 ribu unit, atau berkontribusi sebesar 39% dengan komposisi masing-masing Sigra sekitar 3 ribuan unit, dan Ayla 1,5 ribu unit; disusul segmen niaga dengan total 4 ribuan unit, yang berkontribusi 32% (GranMax Pick Up 3,1 ribu unit, dan GranMax Minibus termasuk Blind Van sekitar 1,2 ribu unit); serta segmen non-LCGC sebesar 28% dengan total 3,8 ribu unit (Rocky, Xenia, Terios masing-masing sekitar seribu unit, ditambah Sirion dan Luxio sekitar 200-an unit).

“Daihatsu bersyukur dapat tetap mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional hingga Februari 2022 ini. Semoga pasar otomotif tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Press Release Lainnya
Daihatsu bersama Komunitas Perkuat Komitmen Etika Berkendara agar Perjalanan  Aman dan Nyaman
Daihatsu bersama Komunitas Perkuat Komitmen Etika Berkendara agar Perjalanan Aman dan Nyaman
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggandeng 21 komunitas pengguna mobil Daihatsu dalam kegiatan Smart DAI Workshop: Etika Berkendara “Santun Berkendara, Semua Bahagia”.
Gran Max Jadi Sahabat Bisnis Favorit Para Pengusaha di Indonesia
Gran Max Jadi Sahabat Bisnis Favorit Para Pengusaha di Indonesia
Gran Max sebagai Sahabat Bisnis terus menjadi pilihan utama bagi para pengusaha di Indonesia khususnya UMKM di berbagai sektor usaha di seluruh Indonesia.
Astra Daihatsu dan Yayasan Astra – Yayasan Dharma Bhakti Astra  Dukung Pertumbuhan UMKM dengan kegiatan “UMKM Tumbuh Bersama Daihatsu Sahabat Niaga”
Astra Daihatsu dan Yayasan Astra – Yayasan Dharma Bhakti Astra Dukung Pertumbuhan UMKM dengan kegiatan “UMKM Tumbuh Bersama Daihatsu Sahabat Niaga”
Astra Daihatsu berkolaborasi dengan Yayasan Astra – Yayasan Dharma Bhakti Astra menggelar acara “UMKM Tumbuh Bersama Daihatsu Sahabat Niaga” yang digelar di Chillax SCBD.
Komitmen Hijau Daihatsu, Sambut Hari Lingkungan Hidup
Komitmen Hijau Daihatsu, Sambut Hari Lingkungan Hidup
Menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Daihatsu (ADM) turut aktif dalam menjaga kelestarian sumber daya alam melalui pemberian donasi bibit pohon kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH).
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami