Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Cara Meringankan Setir Mobil Manual
14 November 2020
cara meringankan setir mobil manual

Memiliki mobil yang dilengkapi sistem berkendara manual hingga kini banyak dinikmati, karena pengendara dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. 

Sayangnya bagian setirnya kerap mengalami masalah, hingga pengemudi kurang leluasa ketika mengoperasikannya. Berikut cara meringankan setir mobil manual yang perlu Anda tahu. 

Faktor Penyebab Setir Manual Berat 

Sebagai pengendara mobil, tentunya Anda menyadari jika ada suatu hal yang berbeda ketika salah satu fungsi komponen kendaraan tidak bekerja optimal. 

Begitu pula ketika setir kendaraan terasa berat ketika dioperasikan, sehingga Anda harus segera mengatasinya karena berdampak pada kenyamanan pengemudinya.  

Daripada mengeluh jika setir kendaraan terasa berat ketika dioperasikan, sebaiknya carilah akar dan solusi dari permasalahan tersebut agar mendapatkan penanganan tepat. 

Setidaknya ada beberapa faktor mengapa setir manual kendaraan terasa berat, salah satunya karena terjadinya kerusakan pada bagian steering rack setir. 

1. Steering Rack Setir Rusak

Steering rack sendiri memiliki fungsi utama untuk mempermudah pergerakan roda kendaraan, sekaligus menghubungkan antara sistem hidrolik dan bagian setirnya. Karena keduanya saling berhubungan, maka tidak mengherankan jika setir terasa berat ketika steering rack mengalami kerusakan.

Lalu bagaimana cara meringankan setir mobil manual? Dalam kondisi tersebut, Anda harus meminta bantuan kepada sang ahli agar tidak ada kesalahan penanganan. 

Baca juga: Keuntungan Memilih Mobil dengan Fitur Airbag

2. Steering Mobil Kurang Oli

Sebab masih ada beberapa faktor lain penyebab setir terasa berat ketika dioperasikan, seperti kurangnya oli power pada steering mobil. Oli tersebut berfungsi sebagai pelumas agar setir dapat digerakkan dengan mudah. 

Bayangkan apa yang terjadi ketika kadar oli pada steering tidak terpenuhi? Wajar saja jika setir kendaraan terasa lebih berat ketika pengemudi membelokkan haluan mobil. Namun sekali lagi perlu ditekankan bahwa faktor penyebab utamanya, hanya bisa diketahui ketika sudah melalui serangkaian pemeriksaan.

3. Tekanan Angin Ban Kurang

Lalu bagaimana jika penyebab utama setir kendaraan terasa berat karena masalah ban mobilnya? Menyadari bahwa adanya permasalahan pada ban kendaraan, segeralah cek tekanan angin ban sebagai cara meringankan setir mobil manual. 

Sebab ban yang mendapatkan tekanan angin baik terlalu banyak atau justru kekurangan, membuat setir kendaraan menjadi lebih berat dan kurang nyaman dioperasikan. 

Baca juga: Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil

Cara Meringankan Setir Mobil

Usai mengetahui beberapa faktor penyebabnya, kini saatnya mengetahui cara meringankan setir mobil manual. Misalkan jika penyebab utama kerusakan terjadi pada steering rack yang aus atau rusak, maka cara tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah:

 

Apabila permasalah utamanya terletak pada kapasitas oli power steering berkurang, maka silahkan isi ulang kembali agar setir dapat digunakan kembali seperti semula. 

Sebenarnya penyelesaian masalah satu ini tidak harus dibawa ke bengkel mobil terdekat, namun Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Namun Anda perlu memperhatikan produk oli power yang hendak digunakan agar sesuai dengan jenis serta tipe kendaraan Anda. Apabila kesulitan menentukan produk oli power yang tepat, Anda bisa meminta bantuan kepada penjual. 

Setir merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan bermotor seperti mobil. Tanpa adanya setir, pengendara tidak dapat mengarahkan laju kendaraannya menuju tempat yang diinginkan. 

Sedangkan, setir yang terasa berat ketika digunakan, juga terasa kurang nyaman ketika dioperasikan. Sebelum membawanya ke tempat service, kenali penyebabnya terlebih dahulu. 

 

Rekomendasi bacaan oli mobil lainnya

Waktu yang Tepat untuk Ganti Oli Mobil

Ini 5 Tanda Yang Bisa Jadi Patokan Untuk Ganti Oli

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku