Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
15 Daftar Perabotan Rumah Tangga Minimalis Beserta Fungsinya
22 Januari 2021
perabot rumah tangga

Mengisi perabot rumah sering kali jadi hal yang gampang-gampang susah. Saat rumah masih kosong, sahabat mungkin juga merasa bingung menentukan barang yang pertama harus dibeli. Nah, biasanya hal ini membuat beberapa orang malah jadi beli perabotan yang tidak perlu dan melupakan perabotan yang penting.

Perabotan Rumah Tangga Minimalis

Secara umum, perabotan di rumah bisa dibagi ke beberapa kategori berdasarkan fungsi, misalnya perabot masak, perabot kebersihan, perabot elektronik, furnitur, dan sebagainya. Agar kelengkapan perabotan di rumah tetap aman, mari simak daftar perabotan berikut untuk dapat inspirasi rumah minimalis dan serbalengkap.

1. Tempat tidur

Rumah adalah tempat untuk dapat mengistirahatkan diri dari berbagai kesibukan beraktivitas. Oleh karena itu, tempat tidur berupa kasur, ranjang, bantal, guling, dan selimut menjadi perabot paling utama yang harus ada di rumah. Sahabat harus memprioritaskan perabot kamar tidur terbaik agar bisa mendapatkan tidur berkualitas.

2. Lemari pakaian

Pakaian juga jadi salah satu kebutuhan utama untuk dapat digunakan setiap hari. Untuk menjaga pakaian tetap bersih dan rapi, lemari pakaian wajib dimiliki di rumah. Ada berbagai jenis lemari pakaian yang bisa dipilih seperti lemari kayu, lemari plastik, atau lemari berbahan kain. Pastikan memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan, ya!

3. Kompor

Untuk kebutuhan makan, setiap rumah juga harus dilengkapi dengan dapur. Sebagai area memasak, sahabat perlu memiliki kompor di rumah. Fungsi kompor menjadi perabot utama untuk sekedar memanaskan makanan. Harga kompor jauh lebih murah ketimbang microwave dan perawatannya lebih hemat dan mudah.

4. Alat masak

Sahabat juga harus punya alat masak untuk dapat menggunakan kompor. Sekarang, banyak peralatan memasak serbaguna yang dijual dalam satu paket dengan harga lebih murah. Ada yang terbuat dari bahan stainless, baja, dan marble. Jadi, tinggal pilih yang sesuai dengan budget dan selera saja.

5. Rice cooker

Untuk memudahkan proses memasak lebih cepat, sahabat bisa menggunakan rice cooker. Selain bisa memasak nasi dengan praktis sebagai bahan makanan utama, sahabat juga bisa memilih rice cooker dengan fitur serbaguna. Sekarang, banyak teknologi rice cooker yang sudah dikembangkan seperti untuk mengukus atau memasak sup.

6. Meja dan kursi

Posisi tubuh saat melakukan aktivitas sehari-hari harus dijaga tetap nyaman. Selain nyaman, posisi tubuh saat duduk juga akan tetap tegak, terutama saat sedang makan atau bekerja. Sofa dengan meja di ruang keluarga juga bisa jadi perabotan yang nyaman untuk beristirahat, bercengkrama, atau menonton televisi bersama keluarga.

7. Alat makan

Nah, perlengkapan ini harus dibeli satu set, setidaknya sejumlah orang yang ada di rumah. Piring, gelas, sendok, dan garpu harus tersedia sebagai alat makan yang lengkap. Jangan lupa, mungkin ada teman atau keluarga yang mampir ke rumah sehingga sahabat sebaiknya menyediakan peralatan makan lebih, ya. Nah, kalau beli dalam jumlah set lengkap, biasanya sahabat juga akan mendapatkan penawaran harga spesial, loh!

8. Kulkas

Selanjutnya, untuk menyimpan bahan makanan agar tetap awet, sahabat sebaiknya memiliki kulkas yang ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Ya, perabot listrik satu ini sudah menjadi salah satu peralatan wajib yang dimiliki. Tak hanya menjaga bahan mentah agar tetap awet, sisa makanan juga bisa disimpan di dalam kulkas untuk dihangatkan kembali.

9. Gayung dan ember

Perabotan ini mungkin sudah tidak terlalu populer untuk masa modern seperti sekarang. Di banyak rumah bahkan hanya ada shower dan toilet. Namun, pernahkah terpikir jika air di rumah habis? Nah, saat itulah sahabat selalu perlu menyediakan air di dalam ember untuk membersihkan diri.

10. Alat mandi

Sahabat juga perlu menyiapkan handuk dan gantungan pakaian di kamar mandi. Kalau alat mandi seperti sabun, sampo, dan sikat gigi sudah siap, tapi tidak ada handuk, pasti kerepotan, deh. Jangan lupa untuk menyediakan rak atau gantungan pakaian di dalam kamar mandi, ya. Dengan begitu, sahabat bisa membersihkan diri secara menyeluruh.

Agar tidak repot, sahabat juga bisa menyimpan satu set stok cadangan peralatan mandi di rumah secara berkala agar tidak tiba-tiba kehabisan. Kalau ada peralatan mandi yang kurang, sahabat pasti merasa kurang nyaman meski sudah membersihkan diri, ‘kan?

11. Peralatan kebersihan

Nah, peralatan kebersihan adalah perabot yang paling penting untuk ada di rumah. Agar tidak terlewat, pisahkan kategori peralatan kebersihan untuk di luar ruangan, di dalam ruangan, dan kamar mandi. Biasanya, sapu dan lap pel dibedakan untuk bagian dalam dan luar ruangan karena bagian luar relatif lebih kotor, basah, dan berdebu.

Bagian dalam rumah, khususnya kamar mandi juga harus dibersihkan secara teratur. Ada yang mengatakan bahwa kebersihan di kamar mandi mencerminkan kebersihan rumah secara keseluruhan.

Lantai kamar mandi harus rajin disikat dan dibersihkan secara teratur agar tidak licin. Jika kualitas air di rumah kurang bagus, biasanya sahabat juga harus menggunakan pembersih yang ampuh agar tidak ada noda yang tertinggal di lantainya.

12. Televisi

Perabot elektronik satu ini juga tidak kalah penting dari perlengkapan lainnya. Banyak orang yang menjadikan televisi sebagai salah satu perabot wajib di rumah. Saat ini, penggunaan smart tv lebih populer karena banyak orang yang menggunakan layanan streaming audio dan video untuk dinikmati sebagai hiburan di waktu luang.

13. Pendingin ruangan

Tenang, fungsi perabot rumah tangga satu ini mungkin berbeda tingkat kepentingannya bagi yang tinggal di dataran tinggi. Namun, perlu diingat bahwa fungsi pendingin ruangan di rumah bukan hanya untuk membuat suhu lebih sejuk, tapi juga mengatur sirkulasi udara yang lebih sehat dan nyaman untuk beraktivitas.

14. Mesin cuci

Siapa yang paling tidak suka dengan aktivitas mencuci pakaian? Mencuci pakaian sebenarnya mudah, tapi membutuhkan waktu yang lama karena tahapannya cukup banyak. Karena itulah, sahabat memerlukan mesin cuci agar dapat lebih menghemat waktu.

Ada banyak jenis mesin cuci yang sekarang sudah beredar di pasaran. Biasanya, fitur mesin cuci yang diunggulkan adalah kecanggihan mesin pengeringnya. Kabarnya, bahkan ada mesin cuci yang hasil pengeringannya hampir tidak perlu dijemur lagi. Jika sedang musim hujan, fitur ini tentu akan sangat membantu aktivitas di rumah, bukan?

15. Setrika

Nah, baju yang sudah dicuci juga harus dirapikan kembali dengan menyetrika. Ada setrika kering dan setrika uap yang bisa sahabat pilih sesuai kebutuhan. Bukan hanya untuk yang sudah punya rumah, setrika jadi perabotan rumah tangga penting untuk anak kost, loh. Ya, bagi yang sering beraktivitas di kantor, tentu harus tampil dengan rapi, bukan?

Itulah beberapa perabotan rumah tangga yang penting untuk dapat dimiliki di rumah. Jika sahabat tidak ingin membeli banyak perabotan, cukup lengkapi beberapa perabotan rumah tangga minimalis dari daftar barang di atas dan pilih desain yang sesuai dengan interior di rumah, deh. Jadi, selamat berbelanja dan mengatur barang-barang di rumah, ya!

Penulis : Rizkita Darajat

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku