Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
3 Penyebab Utama Mobil Tiba-Tiba Mati dan Tidak Bisa Distarter
12 Januari 2021
mobil tiba tiba mati dan tidak bisa distarter

Mesin mobil yang tak terawat bisa mendadak mogok dan di tengah jalan serta bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan. 

Hal tersebut akan semakin parah jika mobil tiba tiba mati dan tidak bisa distarter kembali. Anda tidak akan bisa melanjutkan perjalanan dan mengganggu aktivitas. 

Untuk menghindari hal tersebut, pelajari beberapa hal berikut. 

1. Komponen Alternator Mobil Tidak Berfungsi 

Salah satu pemicu terjadinya gagal starter adalah permasalahan pada alternator. Sayangnya cukup banyak orang  yang masih belum paham akan potensi kerusakan ini, karena berkaitan dengan Aki mobil. Sebenarnya, tugas dari alternator adalah sebagai penyuplai daya listrik yang dihasilkan oleh aki. 

Jika alternator bermasalah, mau aki tersebut Anda ganti dengan baru pun pasti tidak akan ada hasilnya. 

Bisa dikatakan jika penyuplai atau penyalur daya ini tidak berfungsi, maka sudah pasti aki tidak akan bisa digunakan sebagaimana mestinya. Hal inilah yang menyebabkan starter tidak bisa optimal. 

Penyebab mobil tiba tiba mati dan tidak bisa distarter yang satu ini memang perlu tangan teknisi untuk pengecekan dan service. 

Hal tersebut karena dibutuhkan alat khusus untuk mengetahui seluk beluk masalah dari alternator. Datanglah ke tempat servis terdekat untuk melakukan cek rutin untuk menghindari masalah ini. 

Baca Juga: Alternator Mobil Bermasalah, Ini Biaya Servis dan Harga Alternator Mobil

2. Aki Yang Sudah Soak 

Pada dasarnya, mobil mogok dan tidak bisa dinyalakan lagi pasti akan diasumsikan dengan masalah aki. Benar saja, kebanyakan dari pemilik akan lakukan cek aki sebagai solusi utama. 

Lantas apa benar aki adalah pencetus masalah tersebut? Jika diibaratkan seperti makhluk hidup, aki adalah bagian jantung dari mobil. 

Jika terjadi kerusakan, maka tidak heran jika semua komponen tidak akan bekerja seperti semestinya. Anda bisa cek kondisi aki dengan melihat indikator yang tertera. 

Umumnya, aki yang masih baik akan berwarna hijau dan akan menunjukkan tanda aus saat berwarna merah. Selain itu perhatikan juga pada bagian terminal aki. Setelan yang kurang kencang juga bisa menjadi pemicu mobil mendadak mati.

Jika masalah pertama terjadi maka solusi terbaik adalah mengganti aki yang lebih baru. Namun jika ada masalah pada terminal aki sebagai mediator, maka anda bisa mencoba mengencangkan kabelnya saja. Anda bisa mengecek kondisi terminal tersebut melalui display informasi di dashboard mobil. 

3. Dinamo Starter Mengalami Kerusakan 

Dinamo starter juga bisa saja menjadi penyebab mogok dan gagal starter. Hal ini berkaitan dengan kondisi bostel dinamo starter aus. Jika demikian, maka solusi terbaik adalah mengganti dengan yang terbaru. Pada dasarnya, kerusakan yang satu ini sangat jarang sekali terjadi meski untuk kendaraan yang sudah berumur sekalipun. 

Namun, tidak menutup kemungkinan mobil dengan intensitas penggunaan tinggi akan mengalami kerusakan pada dinamo. 

Mobil tiba tiba mati dan tidak bisa distarter bisa menjadi tanda bahwa kendaraan memang sudah selayaknya mendapatkan reparasi atau cek rutin. Karena itulah, segera membawa ke bengkel adalah salah satu solusi pencegahan dari hal yang lebih buruk. 

Mogok di tengah jalan bisa menjadi salah satu akibat rawan kecelakaan dan macet. Meski banyak yang beranggapan bensin habis, tapi ternyata masalah tersebut bisa lebih kompleks. Seperti terjadi kerusakan pada peranti alternator, Aki, atau dinamo. Perawatan rutin adalah salah satu cara yang bisa dijadikan jalan keluar untuk menghindari keadaan tersebut. 

Baca Juga:  Penyebab Starter Dinamo Mobil Rusak!

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor