Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
4 Penyebab Kompresor AC Hidup Sebentar Lalu Mati
15 Februari 2021
penyebab kompresor ac hidup sebentar lalu mati

Air conditioner atau AC menjadi salah satu peralatan elektronik yang saat ini begitu dibutuhkan. Bahkan penempatannya di kantor seakan menjadi kewajiban, untuk menambah kenyamanan selagi bekerja. 

Dalam penggunaannya, terkadang ada saja masalah seperti AC yang tiba tiba mati. Berikut kenali penyebab kompresor AC hidup sebentar lalu mati, beserta solusinya.

1. Thermistor AC

Bagi Anda pengguna alat elektronik satu ini, penting untuk mengenali berbagai komponennya. Salah satunya yaitu thermistor, yang berguna dalam mengelola suhu pada mesin AC secara otomatis. 

Jadi, jika perangkat satu ini mengalami kerusakan atau sudah lemah, maka kompresor air conditioner Anda bisa mati sendiri ketika dihidupkan.

Untuk mengetahui apakah thermistor AC bermasalah, Anda bisa melakukan pengecekan menggunakan multimeter. Ini dilakukan ketika perangkat tersebut sedang terhubung ke controller. 

Pada suhu kamar yaitu 25 derajat, maka yang akan Anda terima 2.5 VDC. Jika ternyata Anda mendapatkan 5 VDC berarti tidak ada tahanan atau ohm pada thermistor. 

Sebaliknya, apabila Anda menerima 0 VDC maka ini menunjukkan bahwa terdapat short pada perangkat thermistor. 

Untuk controller yang bekerja menggunakan 3.3 V, maka thermistor akan memutuskan arus 3,3 VDC, sehingga dalam suhu kamar 25 derajat, Anda selanjutnya akan mendapatkan 1,7 VDC. Hasilnya tentu bisa bervariasi, tergantung suhu ruangan Anda.

2. PCB Modul atau Sirkuit Elektronika

Penyebab kompresor ac hidup sebentar lalu mati juga bisa karena terjadi kerusakan pada PCB modul atau sirkuit elektroniknya. 

Hal yang membuat bagian satu ini rusak adalah dipicu oleh tegangan listrik, bisa karena lonjakan tegangan, korsleting, maupun sambaran petir terlebih untuk AC yang ada di area outdoor.

Untuk mengantisipasi masalah kerusakan pada PCB modul, maka Anda bisa menggunakan stabilizer. Ini akan menjaga kemungkinan dari terjadinya naik turun tegangan, dimana naik turunnya tegangan sendiri memang sangat berisiko pada semua peralatan elektronik. 

Selain itu, Anda juga perlu mencegah terjadinya korsleting dengan cara memeriksa sekring dalam keadaan normal.

Baca juga: Seperti Apa Ciri Kompresor AC Mobil Rusak?

3. Switch On-Off

Ternyata masalah fisik pada bagian switch on-off, juga dapat menjadi penyebab kompresor AC hidup sebentar lalu mati. 

Hal ini bisa saja terjadi, misalnya ketika Anda pernah membuka lalu mengembalikan penutup pada indoor AC. Maka dalam hal ini, bisa saja casing menjepit atau menekan bagian switch on-off tersebut.

Selain itu, soket kabel AC juga tidak boleh luput dari perhatian. Jika posisinya kendor atau bermasalah, maka bisa membuat sensor dari pendingin ruangan menjadi kurang responsif. 

Tentu kondisi satu ini bisa membuat AC yang Anda miliki mati tiba tiba atau mendadak, setelah dihidupkan sebentar.

4. Timer

Pada pendingin ruangan, terdapat fitur timer yang bisa digunakan untuk menentukan seberapa lama AC akan aktif. Terkadang beberapa pengguna kurang memahami fitur tersebut, sehingga secara tidak sengaja mengaktifkannya. Atau memang ada pula yang sebelumnya mengaktifkan fitur ini, namun lupa untuk mematikannya.

Fitur ini juga bisa menjadi penyebab kompresor AC hidup sebentar lalu mati tanpa Anda menyadarinya. Untuk memastikan apakah fitur tersebut off atau tidak, maka Anda bisa melihat pada lampu indikator timer yang ada pada indoor AC. Jika lampu timer berkedip, maka itu menandakan bahwa fitur timer sedang dalam kondisi aktif.

Baca juga: Begini Cara Perawatan Kompresor AC Mobil

Tips Sahabat Lainnya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku