Tips Sahabat

4 Teknik Sederhana Merawat Ban Mobil

18 Oktober 2020
Ban Mobil

Ban memiliki fungsi vital di mobil. Mulai dari menopang bobot mobil, menahan guncangan, pengendali arah, dan lainnya. Dari fungsinya yang banyak, Sahabat wajib hukumnya untuk selalu memperhatikan kondisi ban. Dalam hal ini melakukan perawatan rutin. Perawatan ban tidak harus dilakukan di bengkel resmi loh. Sahabat pun bisa merawat ban tanpa harus ke bengkel. Bagaimana cara yang benar untuk merawat ban? 

Berikut empat cara sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri:

1. Periksa Tekanan Angin

Sahabat harus mengisi tekanan angin secara tepat. Ini sangat penting karena dapat mempengaruhi usia pakai ban. Rekomendasi tekanan angin bisa Sahabat dapatkan di bawah pintu supir. Tiap mobil ukurannya berbeda karena disesuaikan dengan bobot dan jenis kendaraan. Bila tekanan ban tidak sesuai rekomendasi, bukan tidak mungkin masalah terjadi. Tekanan yang terlalu tinggi membuat area tengah tapak ban cepat aus, sedangkan kekurangan angin menimbulkan keausan di sisi pinggir tapak. Ada baiknya isi angin pakai nitrogen karena molekulnya lebih padat sehingga tekanan bisa terjaga di kondisi cuaca beragam.

2. Cek Permukaan Ban 

Sebelum berkendara, ada baiknya Sahabat melihat ban terlebih dulu. Cek secara kasat mata permukaannya. Apakah bang Sahabat kurang angin, bocor, retak, benjol dan lain-lain. Bila tidak ada masalah maka Sahabat boleh melanjutkan perjalanan. Hanya saja jika ternyata ditemukan kejanggalan, sebaiknya segera tangani. Kalau kurang angin, berarti isi anginnya sesuai rekomendasi. Jika bocor boleh ditambal, tapi disarankan mengganti ban bila bocor berulang kali di area yang berdekatan. Kondisi karet retak dan benjol juga tidak bisa dibiarkan, harus ganti dengan ban baru.

3. Rotasi Ban

Keempat ban yang menempel di mobil harus dirotasi rutin agar usia keausannya merata. Hanya saja rotasi juga ada syaratnya, seperti ukuran roda harus sama. Kemudian soal waktu, kira-kira setiap 10.000 Km. Cara merotasinya, untuk mobil berpenggerak roda depan, ban depan dipindah silang ke belakang (depan kanan ke belakang kiri, depan kiri ke belakang kanan). Sementara ban belakang dipindah ke depan sesuai posisi sebelumnya (Belakang kanan ke depan kanan, belakang kiri ke depan kiri). Kalau mobil berpenggerak roda belakang lakukan kebalikannya. Ban belakang dipindah silang ke depan, namun roda depan pindah ke belakang sesuai posisi.

Kemudian khusus ban directional, posisi ban tidak boleh rotasi silang. Contoh, bila tadinya di kanan depan dapat dipindah ke belakang selama masih di kanan. Jika disilang, kemungkinan besar cengkeraman ban tidak maksimal terutama ketika melewati jalan basah.

4. Perhatikan Ban Serep

Di mobil sudah wajib punya lima ban, termasuk ban serep. Meski tidak dipakai tapi tetap harus diperhatikan. Gunanya sangat vital, terutama bila Sahabat membutuhkan ban pengganti di perjalanan. Sebelum berkendara, ban serep perlu diperlakukan sama seperti ban lain. Cek dulu tekanan angin dan permukaannya. Khusus tekanan angin, kasih 5 psi lebih banyak dibanding ban lain karena peruntukannya untuk disimpan sebagai cadangan. Supaya ketika dibutuhkan nanti, tekanan anginnya pas sesuai rekomendasi. Kalau pun berlebih, kamu bisa mengurangi tekanannya sedikit dengan menekan pentil ban.

Merawat ban tidak sulit kan Sahabat? Lakukan selalu ya tiap sebelum berkendara. Ban yang prima pasti menuntun pada keselamatan selama di perjalanan. Sebaliknya, ban yang tidak terawat bisa jadi mengarahkan kamu pada kecelakaan. Selalu hati-hati di jalan ya Sahabat!

Baca juga : Hal yang Harus Dipahami Mengenai Penentuan Tekanan Ban Mobil

Tips Sahabat Lainnya
Apa Fungsi Transmisi Manual pada Kendaraan? Ini Keunggulan & Perawatannya
Apa Fungsi Transmisi Manual pada Kendaraan? Ini Keunggulan & Perawatannya
Bicara soal sistem transmisi pada kendaraan saat ini sudah banyak jenisnya, mulai dari transmisi manual, otomatis, CVT, (Continuously Valve Transmission), Triptonic, hingga AMT (Automated Manual Trans
Perbedaan Transmisi Manual dan Otomatis: Mana yang Lebih OK?
Perbedaan Transmisi Manual dan Otomatis: Mana yang Lebih OK?
Sejak dua puluh tahun terakhir, mobil dengan transmisi otomatis mendominasi pasar otomotif dunia. Meski begitu, mobil dengan transmisi manual masih memiliki peminat yang cukup banyak khususnya kaum la
8 Tips Melindungi Mobil dari Panas dan Hujan, Wajib Tahu!
8 Tips Melindungi Mobil dari Panas dan Hujan, Wajib Tahu
Panas dan hujan kerap kali menyebabkan warna cat mobil pudar sehingga dapat menurunkan nilai estetika mobil. Sebagai pemilik mobil sudah seharusnya mengetahui pelindung mobil dari panas dan hujan yang
Lampu Mobil Apa yang Harus Digunakan Saat Hujan? Ini Rekomendasinya!
Lampu Mobil Apa yang Harus Digunakan Saat Hujan? Ini Rekomendasinya!
Saat musim hujan tiba, pengemudi perlu mawas diri dalam berkendara. Pasalnya hujan dapat menurunkan visibilitas para pengemudi terutama pada kondisi hujan deras di malam hari. Agar visibilitas pengemu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami