Logo Daihatsu
Menu

5 Cara Membersihkan Radiator Mobil agar Senantiasa Awet Tahan Lama

Otomotif

2021-08-01

radiator mobil

Pada sebuah mobil, radiator berperan penting sebagai unit penstabil suhu di dalamnya. Inilah mengapa bagian yang satu ini harus senantiasa dirawat dan dibersihkan. Cara membersihkan radiator mobil pun juga tak terlalu sulit. 

Jika Anda melakukan pembersihan secara rutin, nantinya kotoran yang harus dibersihkan juga tak terlalu banyak. Sehingga waktu pembersihannya juga relatif singkat. Dan jika Anda ingin mengetahui fungsi dan cara membersihkan radiator mobil, pastikan untuk membaca artikel kami di bawah ini. 

Inilah Fungsi Radiator dalam Mobil 

Sebuah mobil yang berkualitas seperti keluaran Daihatsu pasti memiliki unit pendingin di dalamnya. Dan radiator adalah salah satu komponen yang ada di dalam unit pendingin atau AC mobil tersebut. 

Sehingga radiator memiliki fungsi untuk menstabilkan suhu di dalam kendaraan tersebut. Tanpa adanya radiator, sebuah mobil bisa mengalami overheat karena terus menerus mengalami pembakaran bahan bakar untuk melaju di jalanan. 

Cara kerja dari radiator mobil adalah dengan cara menyalurkan suhu panas dari mobil ke udara bebas. Selain itu, radiator juga berfungsi untuk mengalirkan cairan coolant dari dalam tabungnya ke berbagai saluran di dalam mobil. 

Sehingga nantinya suhu panas di dalam mobil bisa terserap dan akan dibuang ke udara. Hasilnya, bagian dalam mobil akan bisa didinginkan secara sempurna dengan unit freon AC mobil. 

Cara Membersihkan Radiator Mobil yang Praktis dan Mudah 

Unit radiator di dalam mobil harus senantiasa dibersihkan karena jika tidak, bisa mengganggu kinerja sistem pendingin mobil tersebut. Berikut ini cara membersihkan radiator mobil yang praktis serta mudah dipraktekkan sendiri : 

Siapkan alat dan dinginkan mesin 

Ketika akan membersihkan radiator, pastikan untuk menyiapkan alat yang dibutuhkan. Contohnya yaitu peralatan membersihkan mobil serta cairan coolant yang baru. Jangan lupa untuk mendinginkan mesin mobil sebelum membersihkan bagian radiator mobil. 

Buang cairan radiator sebelumnya 

Langkah selanjutnya, pastikan untuk menguras habis cairan di dalam radiator sebelumnya. Caranya yaitu dengan membuka kran radiator yang ada di bawah tangki, biarkan cairannya keluar terbuang hingga habis. Pastikan agar tak ada cairan radiator sama sekali di dalam tangki sebelum Anda membersihkan bagian tersebut. 

Bersihkan core tank 

Berikutnya, pastikan untuk membersihkan bagian core tank pada bagian radiator. Komponen ini merupakan bagian inti radiator yang bertanggungjawab atas proses penstabilan suhu di dalam kendaraan bermobil. Pastikan untuk menggunakan cairan coolant terbaik untuk melakukan proses ini. Setelah itu, coba nyalakan mesin hingga panas dalam jangka waktu sekitar 15 menit. 

Lakukan pengecekan radiator 

Ketika memanaskan mesin, pastikan air yang ada di tangki radiator keluar semua. Sehingga nantinya ketika air radiator sudah habis semua, radiator hendaknya diisi kembali dengan cairan yang baru. Pastikan agar kipas radiator agar selalu menyala sebagai tanda bagian tersebut telah benar-benar bersih. 

Benahi bagian mobil yang dibongkar

Sebagai langkah terakhir, Anda perlu membenahi bagian mobil yang dibongkar. Pastikan untuk memasang berbagai bagian-bagian yang tadinya dibongkar dalam rangka membersihkan radiator mobil. 

Dengan melakukan berbagai langkah-langkah di atas, pastinya radiator mobil Anda bisa senantiasa awet dan tahan lama. Jadi, rajin-rajinlah untuk membersihkan radiator mobil agar nantinya tidak mengalami kerusakan. 

Mekanik Berpengalaman di Bengkel Resmi Daihatsu

Bagi Sahabat yang belum mampu melakukannya sendiri, ada baiknya membawa mobil Sahabat ke bengkel resmi Daihatsu. Disini, mekanik berpengalaman dan tersertifikat akan membantu melakukan perawatan radiator mobil Daihatsu milik Sahabat dengan baik dan benar. Lakukan booking service online agar Sahabat tidak perlu antri di tempat.

Jika Anda ingin membeli mobil dengan kualitas radiator paling baik dan tahan rusak, pastikan untuk membelinya dari Daihatsu. Kami menawarkan produk mobil yang punya sistem pendingin berkualitas terbaik, dengan radiator yang tak mudah kotor serta tahan lama. Kunjungi website kami untuk mengetahui info produk selengkapnya!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Mengetahui Pompa Bensin Rusak dan Tips Memperbaikinya

2022-10-17

Memahami cara mengetahui pompa bensin rusak sangatlah penting bagi pemilik mobil. Hal tersebut karena pompa bensin atau yang lebih dikenal dengan fuel pump memiliki

thumbnail

Berikut Manfaat Menguras Tabung Air Wiper Secara Rutin

2021-08-31

Kebutuhan cairan wiper penting untuk membersihkan kaca depan/windshield mobil yang kotor. Sebagai perawatannya, Anda perlu menguras cairan wiper secara

thumbnail

Serba-Serbi Gasket: Definisi Hingga Jenisnya

2021-05-10

Salah satu komponen mesin kendaraan yang jarang diketahui adalah gasket. Komponen ini lazim dipasang sebagai penyekat pada blok mesin. Pada artikel kali ini, kami akan b

thumbnail

Inilah yang Menjadi Penyebab Mobil Terbakar

2020-12-03

Mobil terbakar tidaklah terjadi begitu saja. Pasti ada berbagai penyebab yang melatarbelakanginya. Oleh karena itulah, mengetahui penyebab mobil terbakar adalah penting adanya.Untungnya, dis