Logo Daihatsu
Menu

5 Persiapan Modifikasi Mobil Klasik

Modifikasi

2020-11-01

mobil klasik

Memiliki mobil klasik memang dapat memberi kepuasan bagi para pecinta mobil ini. namun, meskipun tampilannya sudah apik, modifikasi mobil klasik tetap dilakukan supaya tampilannya jauh lebih elegan dan keren tentunya. Sebelum memutuskan untuk melakukan modifikasi pada mobil klasik Sahabat, tentu Sahabat harus terlebih dahulu memeriksa beberapa hal terkait kondisi kendaraan misalnya, mesin mobil. Kondisi mesin yang baik akan mengurangi biaya yang perlu dikeluarkan untuk memodifikasi mobil antik Sahabat tersebut.

Mobil klasik serta mobil tua memang sering dimodifikasi supaya penampilannya jauh lebih keren, mulai dari mobil Kodok, Van, Hatchback, serta mobil klasik lainnya. Namun, sebelum memutuskan untuk memodifikasi mobil kesayangan Sahabat tersebut, ada baiknya untuk mengetahui apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memodifikasi mobil Sahabat tersebut.

Persiapan Sebelum Modifikasi Mobil Klasik

Berikut beberapa hal yang harus Sahabat persiapkan terlebih dahulu sebelum memodifikasi mobil klasik Sahabat.

Budget dan Bengkel

Tidak bisa dipungkiri, biaya atau budget untuk modifikasi mobil klasik Indonesia memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Sebelum memikirkan modifikasi seperti apa, ada baiknya Sahabat menyiapkan budget Sahabat terlebih dahulu. Setelah itu sesuaikanlah budget yang Sahabat miliki dengan konsep modifikasi yang pas. Karena entah sebaik apapun konsep yang Sahabat usung, jika Sahabat memiliki kendala dengan budget, maka konsep tersebut tidak akan bisa diwujudkan. Oleh sebab itu mempersiapkan budget dari awal adalah hal utama yang harus Sahabat persiapkan.

Jika Sahabat memiliki kendala dengan budget, tidak ada salahnya untuk melakukan modifikasi mobil secara perlahan. Misalnya dimulai dari mengganti aksesoris atau bagian mobil lain satu persatu. Meskipun terkesan lebih lama, namun modifikasi ini tetap akan memberikan dampak perubahan pada tampilan mobil klasik Sahabat. Sebelum mengganti komponen tertentu alangkah baiknya jika Sahabat melakukan riset terlebih dahulu.

Tidak ada salahnya untuk bertanya pada beberapa bengkel mengenai harga yang mereka patok untuk melakukan modifikasi sesuai dengan keinginan Sahabat. Melakukan survei bengkel juga sangat penting karena Sahabat harus mengetahui bagaimana track record mereka, keahlian menarik, serta pelayanan yang diberikan maupun hasil dari kinerja bengkel tersebut, jangan sampai Sahabat justru menyesal karena mobil berharga Sahabat telah dimodifikasi dengan hasil yang tidak sesuai dengan harapan.

Menentukan Konsep atau Tema

Hal yang harus dipersiapkan selanjutnya adalah menentukan tema atau konsep mobil. Tema dari modifikasi mobil memang sangat beragam, Sahabat mungkin bingung untuk memilih konsep terbaik yang akan diterapkan pada kendaraan klasik Sahabat tersebut. Tema modifikasi yang umumnya banyak disukai adalah tema mobil bergaya modern, gothic, racing retro, cute hingga sporty.

Tema ini bukan hanya akan mempengaruhi tampilan luar mobil, namun juga bisa Sahabat terapkan pada bagian interior supaya tema yang Sahabat usung akan lebih dapat dirasakan. Jika Sahabat masih bingung untuk memilih tema yang paling tepat, Sahabat bisa datang ke berbagai pameran mobil guna memperoleh inspirasi. Tema sendiri merupakan hal yang paling penting dalam modifikasi mobil.

Membuat List Komponen

Setelah Sahabat menentukan konsep yang paling tepat, maka langkah selanjutnya adalah membuat daftar komponen yang memang diperlukan untuk diganti atau dimodifikasi. Dengan membuat daftar tersebut, Sahabat pun akan lebih mudah untuk memperoleh maupun mengetahui komponen apa saja yang bisa Sahabat dapatkan dengan mudah, dan komponen mana yang akan sulit untuk didapatkan. Dengan begitu Sahabat bisa memesan komponen dari luar negri jika memang harus.

Memulai dari Mesin

Salah satu alasan mengapa perlu dilakukannya modifikasi pada mobil klasik Indonesia adalah karena mesin yang sudah dalam performa menurun. Meskipun memang mesin pada mobil yang sudah tua cenderung sudah dalam keadaan yang kurang baik, namun Sahabat tetap harus melakukan pengecekan terlebih dahulu. Memodifikasi mobil klasik secara ekstrim sendiri kurang disarankan lebih baik untuk memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh sehingga Sahabat tahu betul mana yang memang perlu dimodifikasi mana yang tidak memerlukannya.

Audio

Pada mobil klasik, umumnya audio yang digunakan memang tipe lama dimana kualitasnya pun kurang baik dan kurang memuaskan. Bagi Sahabat yang menyukai music dan senang mendengarkan radio, maka hal ini akan mengganggu Sahabat sehingga wajar saja jika nantinya Sahabat melakukan modifikasi pada komponen ini.

Sebelum memodifikasi pastikan Sahabat memilih audio yang memang berkualitas terutama suara yang dihasilkan pun akan lebih bagus dan jernih. Namun, jika memang Sahabat terkendala dengan budget Sahabat bisa mencari audio dengan kualitas suara yang baik namun masih dengan harga yang terjangkau.

Komponen audio terdiri menjadi 3 jenis konsep yakni studio yang menghasilkan volume keras dengan dentuman bas yang akan disukai oleh Sahabat yang gemar music, audio ini adalah sound pressure level atau SPL. Sedangkan jika Kamu lebih mengutamakan audio dengan suara yang jernih serta memiliki kualitas tinggi, maka Sahabat bisa memilih audio sound quality atau SQ. namun, bagi Sahabat yang menginginkan keduanya, Kamu bisa memilih menggunakan audio sound quality loud atau SQL. Audio yang satu ini adalah penggabungan dari audio SPL serta audio SQ.

Itulah beberapa hal yang harus Sahabat persiapkan sebelum memutuskan untuk melakukan modifikasi mobil klasik Kamu, memiliki mobil klasik dengan tampilan yang lebih menarik memang menjadi idaman bagi setiap pecinta jenis mobil ini. Namun, Sahabat tentu harus melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu, supaya mobil impian Sahabat bisa terwujud tanpa ada kendala tertentu.

Baca juga : Ketentuan Modifikasi Mobil Box Agar Tidak Diciduk Polisi


Tag

Modifikasi

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Beberapa Hal yang Patut Dipertimbangkan Jika Hendak Modifikasi Mobil Pick Up

2020-12-15

Modifikasi mobil pick up adalah kegiatan yang bisa bikin Sahabat menghasilkan pick up yang sesuai dengan selera. Jika Sahabat tertarik melakukannya, ada beberapa hal yan

thumbnail

5 Ide Modifikasi Plafon Mobil Yang Bisa Anda Coba

2020-11-09

Bagi para pemilik kendaraan bermobil, memodifikasi bisa menjadi cara terbaik untuk meningkatkan penampilan interior sekaligus memaksimalkan fungsinya. 

thumbnail

Tanpa Ribet! Berikut Cara Memasang Tape Mobil Langsung Ke Aki

2021-03-22

Head unit atau tape merupakan salah satu alat yang ada di mobil untuk menambah kenyamanan berkendara. Alat ini akan bekerja jika dipasangkan ke aki kendaraan roda empat

thumbnail

5 Persiapan Modifikasi Mobil Klasik

2020-11-01

Memiliki mobil klasik memang dapat memberi kepuasan bagi para pecinta mobil ini. namun, meskipun tampilannya sudah apik, modifikasi mobil klasik tetap dilakukan supaya t