Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
7 Cara Cepat Hamil yang Wajib Diperhatikan oleh Setiap Pasangan yang Ingin Lekas Diberi Momongan
26 Januari 2021
tips hamil

Cepat hamil adalah hal yang diinginkan oleh hampir setiap pasangan yang baru menikah. Tentu saja tidak mudah karena hamil tidak terjadi terjadi begitu saja seusai Sahabat berhubungan badan dengan pasangan, tetapi perlu strategi tentang cara cepat hamil.

Cara Cepat Hamil 

Untuk Sahabat yang sedang melakukan program kehamilan, harus memperhatikan beberapa hal supaya lekas diberikan momongan. Nah, Sahabat bisa memperhatikan 5 cara cepat hamil berikut untuk dipelajari sebelum melakukan program hamil. Yuk, langsung simak!

1. Berhubungan Badan dengan Pengetahuan

Berhubungan badan dengan pasangan sebenarnya tidak sesederhana itu, terlebih jika memiliki niatan untuk mendapatkan momongan. Sahabat harus tahu kapan masa subur datang bahkan bagaimana cara berhubungan badan yang baik agar sperma bisa sukses membuahi sel telur. Dan, ini menjadi cara cepat hamil pertama yang sangat penting untuk kita bahas.

Apa Sahabat tahu jika perempuan hanya memiliki peluang sekitar 25% untuk hamil setelah berhubungan badan tanpa alat kontrasepsi? Hal inilah yang pertama kali harus diperhatikan ketika Sahabat ingin melakukan program hamil.

Tidak setiap hari, di luar masa menstruasi, memiliki peluang hamil yang sama. Ada beberapa hari tertentu yang masa suburnya terhitung tinggi. Sahabat bisa menghitungnya dengan kalkulasi kebiasaan masa menstruasi.

Cara Menghitung Masa Subur

Cara cepat hamil yang wajib Sahabat tahu adalah mengetahui masa subur. Sahabat bisa mengikuti petunjuk berikut untuk menghitung masa subur.

  • Ketahui kapan tanggal pertama menstruasi yang terakhir.
  • Catat berapa lama menstruasi tersebut berlangsung. Menstruasi yang normal berlangsung mulai dari 4 hingga 7 hari.
  • Catat berapa lama siklus menstruasi setiap bulannya sejak hari pertama menstruasi. Biasanya, proses peluruhan sel telur yang tidak dibuahi adalah sekitar 28 hingga 35 hari. Namun, ada yang di bawah atau di atas jumlah hari tersebut.
  • Masa subur berlangsung sekitar 10 hari sejak hari pertama menstruasi selama satu minggu dan masa ovulasi akan berlangsung 4 hari kemudian dengan peluang kehamilan yang tinggi.

Dari langkah-langkah menghitung masa subur di atas, kita bisa mengambil contoh seperti berikut. Misal, tanggal pertama menstruasi A yang terakhir adalah 1 Januari dengan lama menstruasi 6 hari hingga darah tidak keluar lagi.

Lama siklus menstruasi A setiap bulannya adalah 28 hari sejak hari pertama menstruasi. Maka, A akan mendapatkan menstruasi berikutnya pada tanggal 29 Januari. Masa subur akan terjadi mulai tanggal 7 hingga 13 Februari dengan peluang hamil sekitar dua kali lipat dari hari biasanya. Masa ovulasi, di mana peluang hamil tinggi, terjadi di tanggal 12 Februari.

Memperhatikan Cara Berhubungan Badan

Masa hidup sel sperma begitu singkat, bahkan jika terkena udara akan langsung mati. Padahal, perjalanan sel sperma menuju ovarium tergolong panjang dan peluang untuk sel sperma mati fungsi di perjalanan tersebut termasuk tinggi.

Akun @dokterkulitku di Instagram pernah membahas hal ini untuk cara cepat hamil. Sahabat dan pasangan harus memperhatikan cara berhubungan badan supaya sel sperma dan sel telur bisa bertemu dengan selamat sehingga peluang untuk hamil menjadi tinggi.

Menurut Dokter Simon, pemilik akun tersebut, pasangan harus memperhatikan kepuasan dalam berhubungan badan. Hal ini dikarenakan bisa mendorong sel sperma menuju ovarium dengan lebih cepat sehingga tidak mengalami mati fungsi di perjalanan.

2. Menjaga Berat Badan

Berat badan yang berlebih akan membuat risiko terkena penyakit tertentu, seperti diabetes, kolesterol, hingga jantung menjadi rentan. Menjaga berat badan supaya tetap di titik ideal adalah cara cepat hamil yang efektif sehingga Sahabat lekas dititipi buah hati oleh Tuhan.

Sahabat bisa memulai untuk rutin berolahraga dan memakan makanan yang bernutrisi agar tubuh tetap sehat. Perhatikan asupan makanan setiap harinya, jangan berlebihan sehingga kontrol terhadap nafsu makan tetap terjaga.

Berolahraga bisa menghindarkan kita dari obesitas sehingga tubuh tetap terjaga kesehatannya. Akan tetapi, Sahabat tidak boleh berlebihan ya dalam melakukan olahraga. Sebab, ketika berlebihan, energi tubuh bisa terkuras dan justru akan menjadi tidak baik untuk organ reproduksi.

3. Biasakan untuk Sarapan

Terdengar agak sepele, tetapi sarapan merupakan salah satu cara cepat hamil yang harus Sahabat terapkan, terutama untuk perempuan. Memang sebagian orang tidak terbiasa untuk sarapan dan baru mengonsumsi makanan ketika siang hari.

Akan tetapi, ternyata sarapan bisa meningkatkan efek hormonal pada ovarium polikistik loh, Sahabat. Hormon inilah yang menjadi penyebab utama pembentuk kesuburan. Ketika seorang perempuan mengonsumsi sarapan setiap harinya, dia akan mengalami kenaikan ovulasi lebih banyak dibanding yang tidak sarapan.

Wah, ternyata sarapan sepenting itu ya. Namun, jangan berlebihan ya ketika sarapan. Tetap perhatikan porsi makanan yang dikonsumsi ketika sarapan.

4. Memperhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Selain untuk menjaga berat badan, memperhatikan makanan yang dikonsumsi memang cara cepat hamil yang wajib dilakukan setiap harinya. Ada beberapa makanan yang harus Sahabat konsumsi lebih sering untuk meningkatkan kesuburan bagi Sahabat dan pasangan, seperti berikut.

Perbanyak Antioksidan

Memperbanyak makanan yang kaya akan antioksidan, seperti folat dan zinc. Hal ini dikarenakan antioksidan bisa menangkal radikal bebas sehingga sel sperma dan sel telur selalu dalam keadaan sehat.

Hindari Lemak Trans

Hindari makanan berlemak trans yang bisa meningkatkan risiko sel telur yang tidak bisa dibuahi. Sel telur ini rusak karena sensitif insulin akibat efek negatif lemak. Makanan berlemak tersebut contohnya adalah makanan yang digoreng, produk olahan pabrik, hingga margarin.

Perbanyak Serat

Lebih seringlah untuk mengonsumsi serat, seperti buah-buahan, kacang-kasangan, dan sayur-mayur. Serat inilah yang bisa membuat keseimbangan gula dalam darah sehingga hormon tidak berlebih serta mengikat kelebihan estrogen di usus.

Mengganti Sumber Protein

Mengganti sumber protein yang Sahabat konsumsi, seperti daging dan telur. Lebih baik, penuhi kebutuhan protein tersebut dari biji-bijian dan kacang-kacangan yang lebih banyak mengantuk vitamin E dan bagus untuk meningkatkan kesuburan.

Konsumsi Susu Berlemak Tinggi

Cara cepat hamil selanjutnya adalah mengonsumsi susu dengan kandungan lemak tinggi. Inilah mengapa selama sedang melakukan program hamil, dokter selalu merekomendasikan susu khusus yang memang memiliki kandungan lemak tinggi.

Hal tersebut dikarenakan susu dengan kandungan lemak rendah justru akan meningkatkan risiko ketidaksuburan. Susu murni atau yoghurt penuh lemah bisa Sahabat coba untuk konsumsi setiap harinya ya.

5. Hindari Stres

Ambil waktu luang untuk bersantai dan menikmati waktu untuk sendiri setiap harinya. Ini bisa menghindarkan Sahabat dari perasaan stres sehingga bisa meningkatkan kesuburan. Sahabat bisa melakukan aktivitas yang digemari, seperti membaca buku, menonton film, hingga berjalan-jalan santai untuk menikmati udara segar.

Beberapa pasangan yang memiliki gejala tekanan berlebih bahkan disarankan untuk konseling dengan ahli kesehatan jiwa untuk tahu apa penyebab dan solusinya. Tekanan dalam pikiran memang tidak baik dan bisa menghambat kehamilan.

6. Konsumsi Multivitamin secara Rutin

Selaim dari sisi makanan dan olahraga, Sahabat juga bisa meningkatkan kesuburan supaya lekas hamil dengan mengonsumsi multivitamin secara rutin. Multivitamin, dengan kandungan asam folat yang tinggi, bisa meningkatkan kesuburan 20% lebih tinggi dibanding yang tidak mengonsumsi.

Vitamin dengan kandungan asam folat ini bisa ditemukan dalam vitamin prenatan yang Sahabat bisa dapatkan dengan resep dokter. Biasanya, konsumsi vitamin ini sekitar 3 vitamin per minggu dan dilakukan sebulan sebelum melakukan program hamil.

7. Ubah Kebiasaan yang Buruk untuk Tubuh

Rokok, alkohol, hingga mengonsumsi kafein secara berlebih merupakan hal yang bisa menghambat kehamilan. Asupan alkohol dan rokok tentu saja buruk untuk tubuh. Hal ini juga bisa memicu infertilitas sehingga kemungkinan untuk hamil bisa saja tidak terjadi.

Jika memang Sahabat harus mengonsumsi kafein untuk kegiatan sehari-hari, cukup konsumsi satu atau dua cangkir setiap harinya. Tidak hanya kafein, Sahabat juga harus mulai mengurangi minuman berkarbonasi dan minuman energi yang memiliki kadar gula sangat tinggi.

Itulah 7 cara cepat hamil yang bisa Sahabat perhatikan ya. Tidak hanya selama hamil, dalam kehidupan sehari-hari juga penting untuk diterapkan. Dan, jangan lupa untuk memanjatkan doa kepada Tuhan dan berserah ketika sudah berusaha.

Penulis: Nisa Maulan Shofa

Tips Sahabat Lainnya
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku