Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
7 Jajanan Pasar Khas Medan: Lezat dan Membuat Ketagihan Para Wisatawan
04 Februari 2021
lemang

Jajanan pasar adalah makanan tradisional yang kerap kali diburu oleh wisatawan yang tengah berwisata kuliner. Nah, Medan memiliki banyak jajanan pasar yang khas nih, Sahabat. Rasanya beragam, ada yang manis, gurih, hingga menyegarkan loh.

Jika Sahabat mengunjungi Medan dan bingung akan mencicipi jajanan pasar khas Medan yang mana dulu, coba deh simak 7 jajanan pasar berikut.

Lemang

Sahabat pernah mendengar jajanan bernama lemang, bukan? Jajanan pasar khas Medan ini terbuat dari beras ketan yang dibungkus menyerupai lontong. Bedanya, lemang dimasak dengan cara dibakar sehingga efek hangusnya menambah cita rasa khas tersendiri.

Lemang bisa Sahabat santap begitu saja karena rasanya gurih. Atau, Sahabat bisa menyantapnya dengan lauk selayaknya menyantap makanan besar loh.

Bika Ambon

Wah, siapa sih yang tidak kenal dengan bika ambon? Makanan ini khas Medan dan terkenal di seluruh Indonesia. Biasanya memang dijadikan oleh-oleh, tetapi Sahabat bisa menjumpainya sebagai jajanan yang banyak dijajakan di pasar tradisional loh.

Bika Ambon sangat lezat ketika disantap saat hangat, bersama teh tawar atau kopi hitam panas. Terlebih, dinikmatinya ketika hujan turun pasti akan membuat cita rasanya menjadi lebih lezat. Pokoknya, jangan sampai melewatkan bika ambon ketika ke Medan ya, Sahabat!

Lupis Medan

Medan juga memiliki jajanan pasar khas bernama lupis loh, Sahabat. Namun, bahannya berbeda dengan lupis khas Jawa. Lupis medan ini terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun kelapa lalu dikukus hingga matang.

Selayaknya lupis pada umumnya, Lupis Medan juga akan disajikan dengan taburan parutan kelapa dan kucuran gula merah cair. Wah, sudah dipastikan ya rasa manis dan gurihnya begitu lezat.

Ombus Ombus

Jajanan pasar khas Medan ini berasal dari Tapanuli Utara. Bahan utamanya adalah beras yang di bagian tengahnya diberi gula merah lalu dibungkus daun pisang dan dikukus. Ketika disantap, ombus ombus ini sangat nikmat karena gula merah di bagian tengah yang lumer akan memberikan sensasi unik tersendiri.

Ombus Ombus ini bukan jajanan pasar biasa loh, Sahabat. Sebab, biasanya makanan ini pasti akan disajikan di acara besar dalam budaya Batak.

Kolak Durian

Medan memang terkenal dengan durian berkualitas sangat baik nih. Maka dari itu, di Medan banyak makanan dengan bahan utama durian. Salah satunya adalah jajanan pasar khas Medan ini, yaitu kolak durian.

Seperti halnya kolak pada umumnya, cita rasa kolak durian adalah manis. Di dalamnya juga terdapat irisan ketan putih, pisang, dan jagung rebus loh sehingga akan memberikan efek kenyang. Kuah santan dan gula merahnya akan semakin nikmat jika diberi es batu.

Pancake Medan

Pancake medan ini memiliki bentuk yang begitu khas, yaitu kotak membulat berwarna kuning dengan isian paling terkenal adalah durian. Cita rasanya yang manis pasti akan membuat ketagihan sehingga tidak akan berhenti di satu pancake saja.

Pohul-Pohul

Kue ini berbentuk seperti dikepal sehingga disebut pohul-pohul yang memang artinya adalah kepalan tangan. Terbuat dari campuran tepung beras, parutan kelapa, dan gula merah yang dikukus hingga empuk.

Pohul-pohul memiliki filosofi yang dalam loh, Sahabat. Konon, cara pembuatan pohul-pohul dengan cara dikepal ini menandai tentang jabatan tangan untuk menandai suatu kesepakatan penting dan lima waktu berharga dalam budaya Batak.

Wah, sudah pasti menggiurkan deh 7 jajanan pasar khas Medan tersebut. Jika Sahabat berlibur ke Medan, wajib sekali untuk mencicipinya. Dibawa untuk oleh-oleh juga bisa, tetapi banyak yang tidak bisa bertahan lama karena memang harus disantap saat itu juga setelah penyajian.

Penulis: Nisa Maulan Shofa

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku