Logo Daihatsu
Menu

15 Rekomendasi Jajanan Pasar Tradisional yang Enak dan Paling Populer

Tips & Trick

2021-02-03

Jajanan pasar

Indonesia memang terkenal dengan berbagai ciri khas kuliner yang bisa dinikmati di berbagai kesempatan. Biasanya, setiap daerah punya ciri khas kuliner yang bisa dinikmati oleh masyarakat lokal maupun pendatang. Kalau bicara soal camilan, banyak jenis kue yang bisa sahabat temukan di berbagai daerah dan biasanya dijajakan di pasar.

Jajanan pasar adalah sebutan untuk beragam jenis camilan yang bisa sahabat temukan dan beli di pasar. Ada berbagai jenis jajanan pasar enak dan biasanya disajikan di rumah. Meski termasuk makanan tradisional, jajanan pasar masih populer dan malah sering juga dikreasikan dengan sentuhan modern. Nah, inilah beberapa jajanan pasar yang pasti enak.

1. Lemper

Sepertinya, jajanan pasar ini paling populer di seluruh daerah di Indonesia. Ya, mungkin sekarang sahabat langsung terbayang aroma lemper yang dibalut dengan daun pisang. Meskipun mungil, camilan ketan beras dengan isi ayam atau abon ini sangat disukai oleh semua orang. Setiap dapat snack box, hampir selalu ada lemper, deh!

2. Pastel

Nah, jajanan pasar gurih dan renyah ini juga sering dipilih menjadi menu favorit banyak orang. Tidak heran jika banyak orang yang juga membuat kreasi menu pastel. Meskipun pastel yang paling populer adalah pastel isi sayuran, tidak jarang ada tambahan topping telur, daging, atau bahkan rawit pedas untuk dinikmati bersama jajanan pasar lainnya.

3. Kue lumpur

Tenang, nama kue ini tidak akan terlihat seperti lumpur, kok. Tidak seperti namanya, kue lumpur memiliki tekstur lembut dan beraroma harum. Biasanya, adonan kue ini ditambahkan adonan kentang sehingga lebih terasa legit dan enak. Di atasnya sering ditambahkan kismis atau dikreasikan dengan topping keju, meses, dan sebagainya.

4. Risoles

Sahabat juga pasti sudah sering menemukan risoles di pasar. Jajajan pasar yang dibalut tepung panir ini juga banyak dibuat variasi dengan topping modern seperti keju, mayonaise, smoked beef, dan sebagainya. Risoles bahkan juga sudah dijual dalam bentuk frozen sehingga bisa sahabat nikmati hangat-hangat memakai sambal atau rawit.

5. Getuk

Jajanan tradisional dari bahan singkong rebus ini juga tidak kalah populer dengan kue lumpur. Biasanya, getuk yang paling populer adalah getuk lindri. Bentuknya seperti mi yang dipadatkan dan dipotong kotak-kotak memanjang. Getuk lindri disajikan dengan parutan kelapa yang gurih dan sedikit gula pasir.

6. Kue talam

Kalau kue satu ini populer ditemukan di snack box dan berwarna hijau dengan lapisan putih di atasnya. Kue talam terbuat dari tepung sagu, tepung beras, dan aroma pandan atau daun suji. Jajanan pasar yang lembut dan legit ini adalah camilan khas Betawi, loh!

7. Bolu kukus

Kalau mau cari jajanan pasar yang disukai anak-anak, sahabat bisa memilih camilan bolu kukus. Seperti halnya adonan kue loyang yang berukuran besar, bolu kukus memiliki bentuk mungil dan terbuat dari campuran telur, mentega, dan gula yang manis. Biasanya, bolu kukus dibuat dengan campuran pasta cokelat, pandan, atau vanila yang beraroma harum.

8. Kue apem

Bentuk kue ini mungkin mirip dengan bolu kukus, tapi teksturnya berbeda karena bahan dasarnya terbuat dari tepung beras dan tape. Kue apem memiliki rasa unik dan di daerah tertentu disajikan dengan gula merah cair yang lebih populer disebut kinca.

9. Onde-onde

Jajanan pasar dengan isian kacang hijau ini dilapisi dengan kulit tipis renyah berbahan dasar tepung terigu dengan balutan biji wijen. Kreasi onde-onde biasanya dibuat dengan bentuk mungil dan dijual bersama pisang molen. Namun, ukuran normal onde-onde biasanya sebesar bola pingpong.

10. Nagasari

Camilan kue basah ini terbuat dari bahan dasar tepung beras, tepung sagu, dan santan yang diberi isian pisang. Kombinasi rasa gurih dan manis dari pisang membuat nagasari jadi jajanan pasar favorit keluarga. Nagasari dibungkus dengan daun pisang sehingga sahabat sebaiknya bertanya dulu sebelum membeli jika ingin mencobanya, ya.

11. Kue lapis

Seperti namanya, jajanan pasar dengan rasa manis dan beraroma harum ini terdiri dari berlapis-lapis adonan yang biasanya dipotong kotak-kotak. Kue ini terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, dan garam. Biasanya, kue lapis yang populer dibeli adalah kue lapis berwarna hijau atau cokelat dari pewarna alami pandan atau cokelat.

12. Kue sus

Nah, kue sus ini sebenarnya berasal dari nama choux, yaitu camilan kue Perancis. Isian kue sus biasanya merupakan adonan vla beraroma vanila. Sekarang, sahabat juga sudah bisa menemukan kue sus dengan berbagai isian modern seperti cokelat, matcha, kopi, dan sebagainya. Ada juga kue sus yang isiannya terbuat dari whipped cream dengan lapisan luar kulit tipis dan renyah.

13. Dadar gulung

Sahabat akan menemukan jajanan pasar ini dengan warna hijau yang cerah. Namun, ada juga dadar gulung yang warnanya putih alami dari campuran terigu dan telur. Dadar gulung sebenarnya merupakan jajanan kue basah seperti pancake dengan kulit tipis yang berisi kelapa parut manis dari campuran gula merah. Nah, lapisan tipis kue ini digulung dan biasanya dikemas dengan lapisan plastik sehingga dikenal dengan sebutan dadar gulung.

14. Serabi

Jajanan pasar ini juga tidak kalah populer dengan camilan tradisional lainnya. Jika camilan lain hanya memiliki toping sesuai rasa adonannya yang manis atau asin, serabi bisa dimakan dengan berbagai tambahan topping yang nikmat. Versi tradisional dari serabi akan sahabat temukan dengan campuran kinca dan kuah santan, serabi polos, dan serabi oncom.

Namun, pernahkah sahabat berjalan-jalan ke Kota Bandung dan pergi ke daerah Setiabudhi? Sahabat akan menemukan banyak kedai kecil yang menjual berbagai jenis serabi dengan topping kekinian seperti keju, sosis, ayam, dan masih banyak lagi. Di Bandung, kue serabi dari bahan tepung beras dan santan ini lebih populer disebut surabi.

15. Comro

Singkong memang menjadi bahan utama yang mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan. Sebagai salah satu sumber zat tepung, singkong memiliki rasa tawar yang enak untuk dikombinasikan dengan rasa gurih maupun manis.

Comro yang merupakan singkatan dari oncom di jero ini adalah bahasa Sunda yang artinya oncom di dalam. Ya, adonan singkong yang diparut ini akan diisi dengan oncom yang biasanya telah dicampur dengan rawit sehingga rasanya pedas, segar, tapi bikin ketagihan. Tak heran jika jajanan pasar ini juga jadi sering ditemukan di tukang gorengan kaki lima.

Nah, itulah beberapa rekomendasi jajanan pasar yang merupakan makanan tradisional dari berbagai daerah. Jajanan pasar kini tidak hanya ditemukan di pasar, loh. Sudah banyak toko kue yang juga menyediakan jajanan pasar untuk bisa dijadikan paket kotak kue atau bahkan seserahan pernikahan yang dihias menjadi dekorasi unik dan disukai oleh keluarga.

Penulis : Rizkita Darajat


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

15 Rekomendasi Laptop untuk Desain Grafis dengan Fitur Terbaik

2021-01-16

Desain grafis menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari berbagai jenis industri. Sahabat tidak perlu menjadi seorang lulusan desain grafis untuk membu

thumbnail

5 Cara Menabung Ini Bisa Membuat Anda Membeli Mobil

2020-10-31

Bagi Anda yang memimpikan punya mobil namun terkendala karena keadaan finansial. Tidak perlu berkecil hati, berikut serangkaian cara menabung untuk beli mobil yang perlu

thumbnail

5 Tips Membuat Rencana Liburan Hemat Akhir Tahun!

2020-11-24

Tidak terasa sebentar lagi libur Natal dan Tahun Baru segera tiba, ini adalah momen terbaik untuk berlibur. Sehingga membuat banyak orang yang tidak ingin melewatkan mom

thumbnail

7 Rempah-Rempah Indonesia yang Dicari Bangsa Eropa

2021-02-03

Rempah-rempah adalah salah satu sumber kekayaan Indonesia. Bahkan, berkat rempah-rempah ini, Indonesia dikenal dunia, terlebih banyak Eropa. Banyak