Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
9 Manfaat Makan Ikan untuk Kesehatan Tubuh yang Prima
17 Maret 2021
manfaat makan ikan

Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak manfaatnya. Kandungan nutrisi yang terdapat pada sepotong ikan memang sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satu kandungan penting yang sangat bermanfaat saat sahabat makan ikan adalah omega 3. Tak hanya banyak manfaatnya, ikan juga banyak jenisnya sehingga enak untuk dikonsumsi.

Manfaat makan ikan adalah kandungan nutrisi untuk meningkatkan perkembangan otak, tulang, dan mencegah risiko penyakit kronis. Hal ini akan membuat kondisi tubuh tetap prima meski sudah dimakan usia. Sahabat mungkin jarang makan ikan, tapi setelah tahu manfaatnya, pasti jadi semangat untuk mengonsumsinya. Yuk, simak informasi berikut ini!

Sumber nutrisi terbaik dari ikan

Nutrisi dari ikan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan adalah asam lemak omega 3. Jika sahabat sedang mencari sumber nutrisi omega 3 terbaik, berikut inilah ikan yang bisa dipilih.

-   Ikan tenggiri dengan kandungan omega 3 utuh sebanyak 4.107 mg/potong

-   Salmon dengan kandungan selenium, vitamin D, dan vitamin B

-   Ikan kod dengan minyak hati yang kaya vitamin A dan vitamin D

-   Sarden yaitu ikan kecil berminyak dengan selenium, vitamin D, dan B12

-   Tiram dengan kandungan omega 3, vitamin B12, dan tembaga

Konsumsi ikan harus dibiasakan sejak kecil agar anak bisa merasa familier dengan rasanya. Jika sudah terbiasa makan ikan, manfaatnya bisa dirasakan pada tumbuh kembang dan kesehatannya di usia dewasa.

Manfaat makan ikan untuk kesehatan

Ikan mengandung berbagai manfaat baik untuk kesehatan tubuh sehingga sahabat tidak perlu ragu untuk membuatnya sebagai salah satu daftar makanan rutin. Jika dikonsumsi secara teratur, makan ikan bisa memberikan beberapa manfaat yang baik dan mencegah berbagai penyakit. Nah, berikut ini manfaat yang bisa sahabat dapatkan dari konsumsi ikan.

Membantu pertumbuhan tulang

Tulang memiliki fungsi utama untuk menopang tubuh manusia. Karena itulah, pertumbuhan tulang harus diperhatikan dengan baik sejak usia dini. Ikan memiliki kandungan kalsium, vitamin D, fosfor, dan nutrisi mineral lain yang bisa membantu pertumbuhan tulang. Karena itulah, baik untuk membiasakan anak makan ikan sejak kecil secara teratur.

Ya, konsumsi ikan memang disarankan untuk anak agar bisa mendukung asupan kalsium dan asam lemak baik bagi tubuh. Untuk pertumbuhan tulang dan gigi, anak-anak harus mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga proses perkembangan tubuhnya juga optimal.

Melindungi fungsi pengelihatan

Konsumsi ikan juga bermanfaat untuk menjaga penglihatan seseorang tetap prima. Makan ikan dengan teratur bisa meminimalisasi terjadinya degenerasi makula yaitu gangguan penglihatan yang bisa mengakibatkan kebutaan. Biasanya, gangguan yang terjadi pada mata ini terjadi pada orang dengan usia lanjut (lebih dari 60 tahun).

Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang berisiko tinggi untuk kesehatan tubuh seseorang. Nah, ikan juga punya kandungan asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk jantung. Fungsinya bisa mengurangi kadar lemak dalam darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Cobalah biasakan konsumsi tuna, sarden, salmon, atau ikan makarel.

Risiko serangan jantung dan stroke adalah penyebab kematian yang paling sering terjadi di dunia. Karena itulah, penting untuk menjaga kesehatan jantung tetap sehat. Berdasarkan penelitian di Amerika Serikat yang dilansir dalam artikel kompas.com, pria yang mengkonsumsi satu porsi ikan secara teratur setiap minggunya memiliki risiko 15% lebih rendah terkena penyakit jantung. Jadi, sebaiknya mulailah mengatur pola makan.

Mengurangi risiko diabetes

Selain penyakit jantung, diabetes juga menjadi salah satu penyakit yang memiliki risiko tinggi. Pada orang yang masih berusia muda, diabetes melitus tipe 1 sering terjadi dan bahkan dialami oleh anak-anak atau remaja. Biasanya, penyakit ini ditandai dengan kerusakan pankreas sehingga tubuh sulit memproduksi insulin untuk mengatur gula darah.

Biasanya, diabetes yang terjadi pada anak bisa diketahui sejak suai 4 – 14 tahun. Diabetes bisa diidentifikasi dari rasa cepat hasu dan lapar, tubuh cepat lelas, mati rasa pada tangan atau kaki, mudah infeksi, sering buang air kecil, hingga gagal ginjal. Nah, karena itulah sahabat perlu makan ikan dengan porsi yang sesuai dan waktu yang teratur.

Mencegah penyakit alergi

Apakah sahabat memiliki alergi yang sering kali kambuh dan mengganggu kenyamanan tubuh selama melakukan aktivitas? Jika hal ini sering terjadi, sahabat sebaiknya juga rutin makan ikan. Ikan dipercaya mengandung long chain polyunsaturated fatty acids yang bisa mengurangi risiko alergi pernapasan (asma) atau pun dermatitis atopik.

Mencegah penyakit Alzheimer

Penyakit ini biasanya menjadi penyakit yang terjadi pada orang yang lanjut usia. Ya, menjelang usia 60-an, ada potensi terjadinya penyakit otak degeneratif yang menyebabkan seseorang kehilangan ingatan, koordinasi, dan keseimbangan tubuh. Makan ikan secara teratur bisa meningkatkan substansi abu-abu di pusat otak sehingga fungsi ingatan dan emosi tetap optimal.

Mengurangi risiko depresi

Sahabat mungkin belum terlalu familier dengan manfaat ikan untuk mengurangi depresi. Ya, bahkan konsumsi ikan sangat disarankan untuk orang yang mengalami depresi atau gangguan mental.

Kandungan omega 3 dalam ikan juga bisa membantu mengatasi gangguan mental. Biasanya, konsumsi obat antidepresan perlu didukung dengan konsumsi ikan yang bisa memberikan nutrisi optimal. Dengan konsumsi dan porsi yang teratur, obat antidepresan akan berfungsi lebih efektif untuk mengembalikan fungsi otak yang sehat.

Memperbaiki kualitas tidur

Ada banyak hal yang bisa mengganggu kualitas tidur, padahal tidur adalah proses alami yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat melakukan metabolisme. Karena itulah, waktu tidur harus tetap dilakukan secara optimal setiap hari agar sel tubuh ikut beristirahat.

Tahukah bahwa asupan vitamin D bisa memperbaiki kualitas tidur? Sahabat yang mengalami kesulitan tidur mungkin kekurangan asupan vitamin D. Hal ini bisa meningkatkan risiko sleep apnea yang akan membuat waktu tidur sahabat menjadi lebih singkat. Oleh karena itu, konsumsi ikan juga baik untuk memperbaiki kualitas tidur yang lebih nyenyak.

Meningkatkan perkembangan otak

Asam lemak yang berasal dari ikan juga kaya akan kandungan omega 3 docosahexaenoic acid (DHA). Nah, kandungan nutrisi ini mungkin sudah sering sahabat temukan di iklan-iklan komersial multivitamin anak. Ketimbang memberikan tambahan produk buatan, sahabat juga bisa mencoba asupan nutrisi alami yang bisa dihasilkan dari salmon, sarden, atau tuna.

Ternyata, kandungan DHA juga dianjurkan untuk ibu hamil karena bisa mendorong perkembangan otak janin. Agar hasilnya lebih optimal dan tetap aman untuk si kecil di dalam kandungan, sebaiknya konsultasikan jenis ikan dan porsi yang tepat untuk dikonsumsi sehari-hari, ya!

Jika sahabat sudah terbiasa makan ikan, sahabat hanya perlu membuat beberapa variasi menu ikan yang lezat. Jadi, konsumsi ikan secara teratur bisa dinikmati tanpa rasa bosan. Jangan lupa untuk tetap menyeimbangkannya dengan asupan nutrisi sehat lainnya, ya!

Penulis : Rizkita Darajat

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku