Logo Daihatsu
Menu

Cara Membersihkan Mesin Mobil

Tips & Trick

2020-10-13

membersihkan mesin mobil

Saat melakukan pencucian mobil, biasanya orang hanya akan membersihkan bagian luar mobil saja. Alhasil, mesin mobil luput dari perhatian dan tidak ikut dibersihkan. Padahal, mesin mobil memiliki peranan cukup besar dalam menjalankan mobil, sehingga perlu dirawat dengan baik. Membersihkan mesin dengan body mobil tentu sama sekali berbeda. Dibutuhkan kehati-hatian yang ekstra agar tidak menimbulkan kerusakan pada bagian mesin.

Perlu diketahui, di dalam mesin terdapat bagian-bagian dari perangkat elektronik yang tidak boleh tersentuh air. Meski telah dilengkapi dengan sil karet agar tidak kemasukan air, namun nyatanya sil karet tersebut masih bisa lepas dan rusak terutama jika mesin telah lama kotor. Dalam mencuci mobil, anda memerlukan tips- tips tertentu agar tidak membuat mesin menjadi rusak. Berikut tipsnya:

1.    Lakukan persiapan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menjaga keadaan mesin mobil dalam kondisi hangat. Jika memang mesin mobil masih dingin, ada baiknya anda memanasinya terlebih dahulu. Mesin mobil yang hangat, dapat mempermudah pelepasan kerak pada mesin, sehingga acara bersih-bersih pun menjadi lebih mudah dilakukan.

2.    Gunakan plastik untuk membungkus bagian mesin yang bersifat elektrik

Setelah mobil dipanaskan, ada baiknya anda menggunakan alumunium oil ataupun benda lain untuk membungkus perangkat elektrik pada mesin. Hal ini dilakukan supaya perangkat elektrik tersebut tidak kemasukan air ketika proses pencucian tengah berlangsung.

3.    Proses mencuci mesin

Setelah proses diatas selesai dilakukan, anda bisa bersiap dalam memulai pencucian. Bagian pertama yang sebaiknya dibersihkan adalah pada kap mobil di bagian bawah. Gunakan air untuk melakukan penyemprotan. Namun ingat sebaiknya hindari menggunakan air dengan tekanan tinggi.

Dalam membersihkan bagian kap mobil bawah, anda bisa menggunakan sabun colek. Bukan tanpa alasan, namun jenis sabun ini merupakan sabun yang dapat membuat lemak serta oli larut dan menghilang. Jangan lupa gunakan juga sikat yang agak kasar untuk menggosok kotoran yang menempel. Lanjutkan dengan menyiram kap dengan air bersih.


Hal penting yang harus anda perhatikan adalah tidak meninggalkan air sabun kering dengan sendirinya. Karena jika dilakukan, air sabun tersebut akan menimbulkan bekas pada mobil anda.

4.    Cara mencuci mesin mobil

Proses yang selanjutnya adalah dengan membersihkan bagian mesin mobil. Gunakan air bersih untuk menyiram bagian mesinnya. Ingat untuk tidak menggunakan air bertekanan tinggi, karena dapat menimbulkan kerusakan pada mesin. Cukup gunakan selang air atau bisa pula memanfaatkan botol spray dalam menyemprot.

Untuk membersihkan kotoran mobil yang menempel, anda bisa menggunakan spon atau kuas. Jika ada kerak oli, anda bisa melarutkannya dengan cairan khusus yang kini telah banyak di jual di pasaran.

Berbeda saat membersihkan bagian mobil yang lain, membersihkan mesin harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian supaya tidak menimbulkan kerusakan mesin yang fatal.


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Catat, Masa Berlaku SIM Terbaru Bukan dari Tanggal Lahir Lagi

2022-12-05

Bicara soal masa berlaku SIM terbaru 2022, tidaklah sama dengan masa berlaku pada tahun-tahun sebelumnya. Jika dahulu, SIM memiliki masa kadaluarsa setiap 5 tahun se

thumbnail

7 Kreasi Minyak Zaitun untuk Masakan Apa Saja di Rumah

2021-03-23

Mengganti minyak zaitun pada olahan makanan di rumah menjadi cara sederhana untuk menambahkan nutrisi pada makanan. Minyak zaitun untuk masakan apa saja merupakan kombin

thumbnail

Menguak Sejarah Kejayaan Kerajaan Banten dan Peninggalannya

2021-03-31

Kerajaan Banten merupakan salah satu kerajaan Islam yang terletak di Pulau Jawa. Nama Banten digunakan karena lokasi kerajaan ini di Banten. Lazimnya Kerajaan Banten mer

thumbnail

5 Tips Lolos Ujian SIM A Supaya Selesai dengan Lebih Cepat

2020-11-23

Saat melakukan pengajuan SIM A, banyak orang yang mengalami hambatan karena belum mengetahui prosesnya. Karena itulah, sebaiknya ketahui dulu proses pengajuan SIM A dan tahap-tahap tesnya. Hal ini