Logo Daihatsu
Menu

Jangan Tergoda Tawaran Kerja Sebelum Pertimbangkan 5 Hal ini

Tips & Trick

2020-11-24

tawaran kerja

 Diera pasar bebas yang begitu ketat ini kita dihadapkan pada banyak kompetisi, terutama kompetisi dalam mencari kerja. Bukan hanya bersaing dengan para pelamar dari luar daerah kini kitapun mesti berebut lahan kerja dengan para job hunter dari luar negeri khususnya ASEAN. Tak dapat dipungkiri persaingan ini sedikit banyak membuat para Sarjana Indonesia khawatir dengan masa depannya, sebab kemungkinan diterimanya pekerja lokal diperusahaan besar kemungkinan jauh lebih kecil.

Walhasil, kita harus terima untuk bekerja diperusahaan kecil dan menengah. Perusahaan lokal dengan rasa internasional terlalu jauh dari angan-angan. Nahasnya biarpun sudah diterima bekerja disebuah perusahaan kita tak bisa lantas senang. Pasalnya belum tentu perusahaan yang akan kita naungi ini mampu menjanjikan masa depan cemerlang atau setidaknya membuat kita berkembang. So, sebelum menerima sebuah pekerjaan coba pertimbangkan dulu 5 hal ini.

Cari Tahu Tentang Pekerjaan Yang Ditawarkan

Sebelum mengatakan "iya" pada tawaran mereka , ada baiknya mencaritahu lebih dalam mengenai pekerjaan yang mereka tawarkan.Pelajari job desk pekerjaan secara rinci, apa saja tanggung jawab yang akan diemban, berapa jumlah gaji yang akan diterima, tunjangan apa saja yang didapat, berapa nilai lembur dan keterlambatan yang akan ditetapkan. Jika merasa tak sesuai ekspektasi jangan ragu menolak, tapi bila sudah tak kuat mengganggur apa boleh buat, terima saja semua tawaran yang ada.

Beri Waktu Untuk Berpikir Kembali

Saat lolos tahapan seleksi, cobalah untuk tetap santai. Beri waktu pada diri sendiri untuk berpikir tentang apakah pekerjaan itu yang benar-benar anda inginkan? Jangan sampai timbul penyesalan kelak karena sedari awal sudah tergesa-gesa mengiyakan. Tak apa meminta waktu kepada perusahaan untuk sekedar menimbang tawaran mereka, hal itu sudah lumrah terjadi.
Tanya Rekomendasi Dari Teman Atau Keluarga

Sebelum menyatakan kesediaan anda bekerja bagi sebuah perusahaan, ada baiknya untuk mencari referensi lebih banyak dari teman atau mungkin keluarga. Cari tahu bagaimana sejarah atau track record perusahaan itu, bagaimana masalah keuangannya atau hal lain yang terkait dengan keberlangsungan jangka panjang. Maksimalkan media online untuk hal yang satu ini, banyak sekali website yang mengupas tentang kinerja sebuah perusahaan.

Lakukan Perbandingan Dengan Perusahaan Lain

Tak ada salahnya untuk melakukan perbandingan dulu sebelum menerima pekerjaan. Anda bisa mulai melakukan perbandingan seputar gaji, tunjangan, dan juga job desk pekerjaan yang telah didapatkan dari perusahaan A, dengan membandingkannya dengan perusahaan sejenis.

Terima Pekerjaan dan Syukuri

Jika sudah yakin maka terimalah itu sebagai sebuah hal yang akan mendatangkan kebaikan. Lakukanlah setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda dengan sepenuh hati, karena pekerjaan yang hanya dilakukan dengan setengah hati tentu saja tidak akan mendatangkan kebaikan, yang terpenting lagi adalah mensyukuri apapun yang telah Anda terima dan putuskan, karena itulah yang akan membuat Anda bahagia menjalani pekerjaan pilihan.

Baca juga : 6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Pekerjaan


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Prosedur dan Proses yang Berlaku untuk E-Tilang

2020-09-27

Mematuhi peraturan lalu lintas sangatlah penting. Hal ini juga begitu berguna untuk keselamatan pribadi. Namun, tak sedikit orang yang masih berusaha untuk melanggar per

thumbnail

Cara Cek BPKB Asli atau Palsu Secara Online, Wajib Tahu!

2023-02-07

Mengetahui cara cek BPKB asli merupakan hal yang penting. Pasalnya banyak orang yang tertipu BPKB palsu ketika membeli kendaraan bermotor. Untuk mengatasi permasalah

thumbnail

30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya

2024-01-28

Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-b