Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Kuliah Sambil Kerja Bukanlah Hal Mudah, Tapi Kamu Bisa Jalani dengan 7 Tips Ini
26 Mei 2017
kuliah sambil kerja

Pada artikel ini akan diungkap tips tentang kuliah sambil kerja dan bagaimana dampaknya terhadap mahasiswa. Saat ini, banyak sekali mahasiswa yang mengambil pekerjaan sampingan sembari menjalani aktivitas perkuliahannya. Menjalani dua aktivitas sekaligus memang membutuhkan banyak konsentrasi tinggi, Sahabat juga harus lebih cekatan dan pintar membagi waktu agar kedua aktivitas tersebut bisa berjalan seimbang. 

Tapi tak sedikit pula dari mereka yang kewalahan menjalani aktivitas yang padat tersebut, alhasil kuliah harus menjadi korban dengan menurunnya indeks prestasi nilai secara terus menerus. Sebenarnya, kuliah sambil bekerja bisa berjalan dengan baik jika kamu memperhatikan hal-hal berikut.

1. Ingat, saat ini kuliah merupakan prioritas utama! 

Jadi cobalah untuk mencari pekerjaan yang fleksibel. Bagaimanapun, pendidikan merupakan prioritas utama kamu. Pendidikan juga merupakan modal penting untuk  masa depanmu nanti, tapi jika kamu ingin menambah penghasilan atau pengalaman di dunia kerja, cobalah untuk mencari pekerjaan yang fleksibel dalam segi waktu dan tanggung jawab pekerjaannya. Hal ini akan sangat membantu kamu dalam mengatur waktu antara kuliah dan kerja kamu.

2.  Bekerja sambil kuliah akan banyak menyita waktumu.

Maka ukurlah kemampuan dirimu sendiri sebelum melakukan kedua aktivitas tersebut secara bersamaan. Saat memutuskan untuk bekerja sambil kuliah, pastikan bahwa kamu adalah orang dengan manajemen waktu yang baik dan sanggup melakukan hal-hal yang bersifat multitasking. Hal ini penting agar kamu tidak lalai dan merasa kewalahan dalam menjalankan kedua rutinitas ini.

3. Pastikan atasan mengetahui bahwa Kamu Kuliah

Pastikan atasan tahu bahwa kamu juga sedang kuliah agar atasanmu memberikan sedikit toleransi untukmu.  Saat melakukan interview, jelaskan kepada atasan atau HRD status kamu saat ini. Hal tersebut dimaksudkan agar ada kelonggaran atau mungkin ada kemudahan-kemudahan lain yang dapat diberikan untuk karyawan dengan status tersebut. 

4. Bekerja dan kuliah akan membuatmu berpikir lebih ekstra

Maka kamu harus bisa meluangkan waktu untuk bersantai dari aktivitas tersebut. Kedua kegiatan ini akan menyita pikiranmu lebih banyak dan pastinya membuatmu lebih cepat letih bahkan merasa jenuh. Pastikan waktu luang yang tersedia digunakan sebaik mungkin untuk beristirahat, bersantai, atau refreshing seperti melakukan hobi yang kamu gemari agar otak dapat bekerja dengan baik kembali saat dibutuhkan.

5. Pengalaman adalah sesuatu yang berharga

Cintai pengalaman bekerja sambil kuliah karena ini bisa menjadi bekal bagi kariermu mendatang.  Tidak semua orang bisa menjalankan kedua rutinitas ini. Bila kamu adalah salah satu orang yang cukup mampu dalam menjalankan rutinitas ini, cintailah hal tersebut. Jangan pernah berpikir bahwa pekerjaan yang kamu ambil ini menyiksamu, anggap bahwa ini adalah pengalaman yang akan banyak memberikanmu pelajaran berharga.

6. Pandai Mengatur Waktu

Jika ternyata kamu memiliki deadline yang bersamaan antara tugas kuliah dan kerja, kamu harus pandai mengatur waktu kamu untuk kedua hal tersebut. Bagaimanapun juga kewajiban antara tugas kerja atau tugas kuliah adalah hal yang sama pentingnya. Jika ternyata kamu memiliki deadline yang bersamaan diantara dua hal tersebut maka kamu bisa mengakali dengan membawa tugas kuliah ke kantor atau membawa tugas kantor ke kampus. Bukan berarti kamu harus menggunakan waktu kuliah untuk mengerjakan tugas kantor dan sebaliknya, tugas tersebut dapat diselesaikan saat waktu istirahat sedang berlangsung.

7.  Bekerja sambil kuliah itu bukan hal mudah

jadi konsultasikan dulu dengan orang terdekatmu seperti orang tua atau teman dekat. Banyak yang gagal menjalani kedua rutinitas ini secara bersamaan. Mungkin secara mental dan pikiran yang belum siap. Jadi, jangan terlalu cepat mengambil keputusan, coba diskusikan terlebih dulu dengan orang-orang terdekat, seperti sahabat atau orang tua. Bila kamu sudah mendapat masukan yang baik dari mereka, giliranmu untuk memutuskan hal tersebut.

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku