Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Pertamamu Dikantor Baru
13 Desember 2016
karyawan baru

Untuk bisa menyatu dengan lingkungan kerja baru dan meraih peluang karir yang cemerlang, harus didukung dengan sikap dan perilaku yang bisa menunjukkan bahwa Anda juga berpotensi sebagai karyawan yang cerdas.

Buatmu yang baru memasuki dunia kerja tentunya akan mulai beradaptasi dengan banyak hal baru. Bukan hanya beradaptasi dengan perkerjaan, tetapi juga beradaptasi dengan rekan kerja barumu dan suasana kerja yang ada disana. 

Untuk bisa menyatu dengan lingkungan kerja barumu dan meraih peluang karir yang cemerlang, tentunya harus didukung dengan sikap dan perilaku yang bisa menunjukkan bahwa Anda juga berpotensi sebagai karyawan yang cerdas. Jika Anda sudah memiliki jam terbang kerja tinggi, tidak akan kaget dengan peraturan dan etos bersikap dalam dunia kerja. 

Tips Menjadi Karyawan Baru

Namun buatmu yang baru saja memasuki dunia kerja tak perlu takut, berikut adalah 8 hal yang bisa diterapkan untuk menjadi pekerja dengan perilaku yang baik.

1. Ramah kepada setiap orang

Berusaha senyum dan ramah kepada setiap orang yang baru Anda temui di kantor, karena orang akan menilaimu sejak pertama kali Anda memperlakukan dia. Memberikan senyum di saat Anda baru bertemu orang, bisa memberikan dampak positif bagi kita si pemberi senyum dan yang diberikan senyum. Terlebih dalam dunia kerja, dengan sapaan dan senyuman merupakan sebuah awal yang bagus untuk memudahkan kita dalam bergaul dengan rekan kerja dan membuat kita cepat akrab dengan mereka. 

2. Ucapkan Tolong dan Terima Kasih

Ucapkan permintaan tolong dan terima kasih pada teman kerja yang telah membantumu. Jika Sahabat ingin dihargai maka hargailah orang lain terlebih dahulu, begitu juga dalam dunia kerja, ketika Anda ingin meminta bantuan maka jangan sungkan untuk mengucapkan kata "tolong". Ini terdengar sederhana tapi nyatanya orang lain akan senang hati membantu jika Anda mengatakan "tolong" kepada dia. Setelah itu jangan lupa ucapkan terimakasih dengan begitu orang yang menolong kita juga akan merasa dihargai.

3. Katakan Permisi

Katakan permisi  jika ingin melakukan sesuatu yang sekiranya dapat mengganggu aktivitas rekan kerja. Kata-kata permisi mungkin merupakan hal sederhana yang sering dilupakan, terlebih saat sedang bekerja. Tetapi untuk menjadi pekerja dengan sikap yang baik Anda tidak boleh melupakan hal tersebut.

4. Ucapkan Maaf

Ucapkan maaf jika Anda merasa melakukan kesalahan. Mintalah maaf ketika Anda membuat kesalahan kepada rekan kerjamu baik yang disengaja ataupun tidak disengaja. Terkadang rasa grogi saat pertama kali bekerja seringkali membuat kita melakukan kesalahan kecil, namun dengan ucapan maaf menunjukkan bahwa kita mengakui kesalahan dan terlihat profesional. 

5. Jangan Sibuk dengan Handphone

Jangan sibuk melihat handphone saat rapat dan ketika orang lain sedang memberikan penjelasan. Untuk memiliki jenjang karir yang baik tentunya Anda harus banyak belajar dari berbagai macam hal, seperti kesempatan belajar saat rapat di kantor.  Jangan sepelekan rapat dengan bermain hp, terlebih jika teman atau bossmu sedang memberikan penjelasan. Selain bisa menyinggung orang lain, sibuk bermain hp bisa membuatmu melewatkan hal penting yang disampaikan saat rapat dan membuang pelajaran yang bisa Anda ambil saat rapat. 

6. Jangan memotong pembicaraan orang lain

Hal penting  yang juga perlu Anda perhatikan saat rapat, ataupun saat berdiskusi dengan teman kerja adalah, jangan memotong pembicaraan yang sedang dilakukan oleh teman kerjamu. Bisa aja dia merasa kesal atas sikapmu itu dan pasti Anda juga nggak menginginkan hal yang sama itu terjadi padamu bukan ?

7. Jaga Kebersihan

Bersihkan peralatan pribadimu, jangan hanya mengandalkan petugas kebersihan kantor, dengan begitu orang lain akan menghargai kemandirianmu.

Terkadang kita sering mengandalkan office boy atau office girl untuk bersih-bersih meja atau mencuci piring bekas kita makan di kantor. Memang benar tugas membersihkan merupakan tugas mereka, tapi kalau itu peralatan pribadi Anda dan selagi bisa Anda kerjakan sendiri kenapa nggak. Toh dengan begitu Anda akan meringankan petugas kebersihan kantor dan Anda akan dihargai karena nggak melulu mengandalkan orang lain.

8. Berbagi

Berbagi cemilan akan memunculkan rasa kekeluargaan dengan rekan kerja. Nggak ada salahnya kok kalau Anda berbagi makanan dengan rekan kerjamu, selain bisa memudahkan dalam menjalin pertemanan, Anda juga bisa menciptakan suasana kekeluargaan di dalam kantormu sendiri. 

Baca juga : 5 Sifat Menyebalkan Rekan Kerja dan Cara Mengatasinya

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku