Tips Sahabat

Pertamamu Dikantor Baru

24 November 2020
karyawan baru

Untuk bisa menyatu dengan lingkungan kerja baru dan meraih peluang karir yang cemerlang, harus didukung dengan sikap dan perilaku yang bisa menunjukkan bahwa Anda juga berpotensi sebagai karyawan yang cerdas.

Buatmu yang baru memasuki dunia kerja tentunya akan mulai beradaptasi dengan banyak hal baru. Bukan hanya beradaptasi dengan perkerjaan, tetapi juga beradaptasi dengan rekan kerja barumu dan suasana kerja yang ada disana. 

Untuk bisa menyatu dengan lingkungan kerja barumu dan meraih peluang karir yang cemerlang, tentunya harus didukung dengan sikap dan perilaku yang bisa menunjukkan bahwa Anda juga berpotensi sebagai karyawan yang cerdas. Jika Anda sudah memiliki jam terbang kerja tinggi, tidak akan kaget dengan peraturan dan etos bersikap dalam dunia kerja. 

Tips Menjadi Karyawan Baru

Namun buatmu yang baru saja memasuki dunia kerja tak perlu takut, berikut adalah 8 hal yang bisa diterapkan untuk menjadi pekerja dengan perilaku yang baik.

1. Ramah kepada setiap orang

Berusaha senyum dan ramah kepada setiap orang yang baru Anda temui di kantor, karena orang akan menilaimu sejak pertama kali Anda memperlakukan dia. Memberikan senyum di saat Anda baru bertemu orang, bisa memberikan dampak positif bagi kita si pemberi senyum dan yang diberikan senyum. Terlebih dalam dunia kerja, dengan sapaan dan senyuman merupakan sebuah awal yang bagus untuk memudahkan kita dalam bergaul dengan rekan kerja dan membuat kita cepat akrab dengan mereka. 

2. Ucapkan Tolong dan Terima Kasih

Ucapkan permintaan tolong dan terima kasih pada teman kerja yang telah membantumu. Jika Sahabat ingin dihargai maka hargailah orang lain terlebih dahulu, begitu juga dalam dunia kerja, ketika Anda ingin meminta bantuan maka jangan sungkan untuk mengucapkan kata "tolong". Ini terdengar sederhana tapi nyatanya orang lain akan senang hati membantu jika Anda mengatakan "tolong" kepada dia. Setelah itu jangan lupa ucapkan terimakasih dengan begitu orang yang menolong kita juga akan merasa dihargai.

3. Katakan Permisi

Katakan permisi  jika ingin melakukan sesuatu yang sekiranya dapat mengganggu aktivitas rekan kerja. Kata-kata permisi mungkin merupakan hal sederhana yang sering dilupakan, terlebih saat sedang bekerja. Tetapi untuk menjadi pekerja dengan sikap yang baik Anda tidak boleh melupakan hal tersebut.

4. Ucapkan Maaf

Ucapkan maaf jika Anda merasa melakukan kesalahan. Mintalah maaf ketika Anda membuat kesalahan kepada rekan kerjamu baik yang disengaja ataupun tidak disengaja. Terkadang rasa grogi saat pertama kali bekerja seringkali membuat kita melakukan kesalahan kecil, namun dengan ucapan maaf menunjukkan bahwa kita mengakui kesalahan dan terlihat profesional. 

5. Jangan Sibuk dengan Handphone

Jangan sibuk melihat handphone saat rapat dan ketika orang lain sedang memberikan penjelasan. Untuk memiliki jenjang karir yang baik tentunya Anda harus banyak belajar dari berbagai macam hal, seperti kesempatan belajar saat rapat di kantor.  Jangan sepelekan rapat dengan bermain hp, terlebih jika teman atau bossmu sedang memberikan penjelasan. Selain bisa menyinggung orang lain, sibuk bermain hp bisa membuatmu melewatkan hal penting yang disampaikan saat rapat dan membuang pelajaran yang bisa Anda ambil saat rapat. 

6. Jangan memotong pembicaraan orang lain

Hal penting  yang juga perlu Anda perhatikan saat rapat, ataupun saat berdiskusi dengan teman kerja adalah, jangan memotong pembicaraan yang sedang dilakukan oleh teman kerjamu. Bisa aja dia merasa kesal atas sikapmu itu dan pasti Anda juga nggak menginginkan hal yang sama itu terjadi padamu bukan ?

7. Jaga Kebersihan

Bersihkan peralatan pribadimu, jangan hanya mengandalkan petugas kebersihan kantor, dengan begitu orang lain akan menghargai kemandirianmu.

Terkadang kita sering mengandalkan office boy atau office girl untuk bersih-bersih meja atau mencuci piring bekas kita makan di kantor. Memang benar tugas membersihkan merupakan tugas mereka, tapi kalau itu peralatan pribadi Anda dan selagi bisa Anda kerjakan sendiri kenapa nggak. Toh dengan begitu Anda akan meringankan petugas kebersihan kantor dan Anda akan dihargai karena nggak melulu mengandalkan orang lain.

8. Berbagi

Berbagi cemilan akan memunculkan rasa kekeluargaan dengan rekan kerja. Nggak ada salahnya kok kalau Anda berbagi makanan dengan rekan kerjamu, selain bisa memudahkan dalam menjalin pertemanan, Anda juga bisa menciptakan suasana kekeluargaan di dalam kantormu sendiri. 

Baca juga : 5 Sifat Menyebalkan Rekan Kerja dan Cara Mengatasinya

Tips Sahabat Lainnya
Pemda Jawa Tengah Menghapuskan Pajak Kendaraan Yang Tertunggak Hingga 30 Juni 2025
Pemda Jawa Tengah Menghapuskan Pajak Kendaraan Yang Tertunggak Hingga 30 Juni 2025
JAKARTA, MARET 2025, Sahabat Daihatsu yang berdomisili di wilayah Jawa Tengah bakal mendapat kabar baik berkenaan dengan pakan kendaraan. Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menghapus
doa bepergian
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Gerbang Tol Balaraja Barat KM Berapa? Simak di Sini dan Tarifnya!
Gerbang Tol Balaraja Barat KM Berapa? Simak di Sini dan Tarifnya!
Ketika melintasi Jalan Tol Tangerang-Merak tentunya Anda akan menemukan beberapa gerbang tol, termasuk Gerbang Tol Balaraja Barat. Lantas gerbang tol tersebut berada di KM berapa? Untuk selengkapnya p
Harga Terbaru SPBU Pertamina dan Swasta Per-20 Maret 2025
Harga Terbaru SPBU Pertamina dan Swasta Per-20 Maret 2025
JAKARTA, MARET 2025, Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1446 Hijriah, ada penyesuaian harga . Sejak Maret, sederet SPBU swasta, seperti Shell Indonesia, BP-AKR, Vivo Energy Indonesia  memang menaikka
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami