Logo Daihatsu
Menu

Tips Cara Lulus Uji Emisi Untuk Mobil Tua

Tips & Trick

2020-11-24

uji emisi

Mobil yang sudah berusia tua memanglah sangat membutuhkan perhatian yang lebih dari segi perawatan. Karena akan berpengaruh dengan gas buang yang di hasilkan dari kendaraan tersebut dan komponennya yang sudah mendekati batas usia pemakaian sehingga rentan mengalami kerusakan.

Saat ini pemerintah sedang gencar untuk dapat meningkatkan kualitas udara serta menekan emisi dari pembakaran kendaraan bermotor.  Seperti yang tertera di Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau yang lebih dikenal dengan Standar Emisi Euro IV. Peraturan ini akan di mulai pada tahun 2018 nanti.

"Di Jakarta pencemaran udara sebagian besar disumbang oleh kendaraan bermotor. Apalagi dengan kondisi lalu lintas yang macet, mesin mobil tidak dimatikan yang memproduksi zat-zat berbahaya," menurut penjelasan Diah Ratna Ambarwati, Kepala UPT Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Tips Menekan Kadar Emisi

Berikut beberapa tips untuk menekan kadar emisi pada mobil tua Sahabat :

1. Lakukan perawatan berkala agar kondisi mobil tetap prima

Hal itu untuk mencegah mesin terasa tidak bertenaga dan untuk menekan kadar gas buang pada mobil. Perawatan dapat kamu lakukan dengan membersihkan saringan bensin, saringan udara, busi, saringan oli, cek sistem pengapian. Ganti sparepart yang fastmoving pada mesin jika memang sudah waktunya atau ikuti aturan buku panduan.

2. Jangan lupa cek kompresi pada kendaraan Sahabat

Bila komponen yang satu ini bermasalah, bisa menyebabkan kadar emisi gas pada mobil Kamu bertambah. Keuntungan memperhatikan part yang satu ini juga bisa menjaga agar kompresi pada ruang bakar mesin tetap baik. Namun jika mobil Kamu sudah bermasalah sebaiknya segeralah membawanya ke bengkel langgananmu. Hal itu menyangkut campuran udara pada bensin, tekanan kompresi, pengapian, kehausan mesin.

Karena hal ini akan menyebabkan mobil kamu tidak lulus uji emisi dan harus ditanggapi dengan cepat untuk menjaga mesin mobil fit kembali. Menurut Diah, nantinya uji emisi ini juga akan dikaitkan dengan proses pengurusan surat dan pajak kendaraan. Jika mobil tersebut tidak lolos uji emisi akan sulit bagi pemilik untuk mengurus surat kendaraan bermotor. So, jika masih ingin mobil lama kamu berpartisipasi menjaga standar emisi gas buang dan masih mau menggunakannya. Maka rawatlah mobilmu dengan baik.

Baca juga : 5 Persiapan Modifikasi Mobil Klasik


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengulik Awal Sejarah Kerajaan Gowa Tallo dan Masa Kemunduran

2021-03-31

Kerajaan Gowa Tallo merupakan kerajaan yang berasal dari 2 kerajaan bersaudara di Sulawesi. Dimana kerajaan ini berasal dari sebuah kerajaan penyembah berhala di Sulawes

thumbnail

Sejarah Kerajaan Majapahit : Awal Mula Berdiri dan Peninggalan

2021-03-31

Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan yang disebut sebut sebagai kerajaan terbesar di dalam sejarah Indonesia. Sejarah kerajaan Majapahit sendiri dimulai dari

thumbnail

Jadwal Pemutihan Pajak Kendaraan Surabaya Terbaru 2023

2023-08-01

Pemutihan pajak kendaraan Surabaya 2023 kembali hadir menyapa warga kota Pahlawan. Lantas kapankah pemutihan pajak tersebut diselenggarakan? Apa saja program yang ak

thumbnail

Ikuti 5 Cara Ini untuk Menghilangkan Kebosanan di Rutinitas Kerja

2020-11-24

Banyak orang menyarankan kita saat bosan dengan pekerjaan maka mencari pekerjaan baru adalah satu jalan keluar yang efektif. Namun apa jadinya jika sebenarnya kita menci