Logo Daihatsu
Menu

Tips Memilih Velg untuk Memodifikasi Mobil yang Benar!

Modifikasi

2020-11-01

memilih velg

Hai Sahabat, apakah Kamu berniat untuk memodifikasi atau mengganti velg mobil supaya mendapatkan tampilan yang berbeda dan keren untuk mobilmu. Biasanya apa sih, hal pertama yang kamu pikirkan ketika ingin membeli velg mobil? Merek velg, model velg, atau harga velg?

Sebenarnya jika kamu ingin membeli velg mobil, hal yang harus kamu perhatikan adalah kebulatan bentuknya loh Sahabat. Kenapa harus seperti itu?

Karena pembuatan velg itu menggunakan sistem cetak. Maka kamu harus teliti nih dalam memperhatikan bentuk velg, sebab tidak semua cetakan itu sempurna. Kebulatan pada velg sangat dibutuhkan untuk keseimbangan kendaraan supaya nyaman saat mengendarai mobil.

Bagi Sahabat yang sudah mengenal dunia otomotif pasti ini bukan hal yang baru dan sulit lagi untuk menentukan velg mobil yang tepat. Tapi untuk orang yang baru memasuki dunia otomotif harus tahu dulu nih istilah pada velg mobil.

Karena kebanyakan orang hanya mengerti tentang lebar dan tapaknya saja. Seperti velg 15, 17 atau 18 dan lebar 8 atau 9.

Pahami Istilah dari Velg Mobil

1. Pitch Circle Diameter (PCD)

Secara singkat, PCD velg mobil merupakan jarak diameter antara baut roda yang berseberangan pada velg, untuk mengetahuinya bisa dengan mengukur jarak di antara dua lubang baut yang bersebrangan dan diukur dengan satuan centimeter.

Jangan pernah memaksakan velg yang berbeda dengan PCD ya Sahabat, seperti menggunakan plat untuk menyesuaikan lubang pada velg. Nanti akan kehilangan kenyaman dalam berkendara loh.

2. Offset

Offset ditunjukan pada posisi penampang tengah velg dengan bibir velg. Hal ini bisa dilihat dengan angka ET 10, ET 25, ET 40 dan sebagainya.

Semakin kecil angka penampang tengah, maka semakin dalam dan bibir velg menjadi lebar, dan semakin besar angka penampang, maka semakin tipis dan bibir velg menjadi masuk ke dalam fender mobil.

Memahami Jenis-jenis Velg Mobil

1. Velg Cetak atau Casting

Velg jenis ini diproduksi dengan jumlah banyak atau massal. Kepadatan dalam velg tidak bisa diatur karena udara mudah tercampur saat bahan velg di cairkan. Keuntungan memilih velg casting adalah harga untuk velg ini lebih murah, produksi yang cepat dan desain yang bisa dibentuk sedemikian rupa.

2. Velg Forged

Proses dalam pembuatan velg forged ini lebih kompleks dibandingkan dengan dua jenis velg lainnya. Proses dari bentuk bahan velg solid, lalu dipotong-potong menjadi velg utuh dan dikerjakan secara handmade sehingga velg jenis ini terbilang cukup mahal karena lebih sempurna.

3. Velg Flowform

Proses dalam pembuatan velg ini tidak dengan membuat suatu velg langsung. Melainkan dengan membuat sebagian kecil dahulu. Kalau velg casting bisa langsung diproduksi dengan banyak. Velg tipe ini hanya sebesar ban motor, tapi menggunakan bahan tebal yang ditarik sampai menjadi velg. Velg flowform hampir seperti velg forget dan untuk harga masih di tengah-tengah.

Jadi, Sahabat yang ingin tahu kualitas velg mobil, bisa diuji dengan menggantung velg dengan karet dan memukul dengan obeng untuk mengetahui suara atau bunyinya. Jika velg yang kualitas baik memiliki bunyi yang halus dan bertahan lama. Sedangkan velg yang memiliki kualitas kurang baik bisa dari material dan proses pembuatannya memiliki bunyi keras dan singkat.

Baca juga : Velg Mobil Percantik Visual Mobil


Tag

Modifikasi

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Tips Mudah Modifikasi Tampilan Mobil Kamu

2020-11-01

Sahabat ingin punya mobil yang tampil beda? Lakukanlah modifikasi. Jangan takut soal biaya. Percayalah, modifikasi itu tidak selalu mahal. Semua bisa diatur sesuai kebut

thumbnail

Cara Tepat Untuk Modifikasi Mobil Ceper

2020-11-01

Tidak sedikit orang yang ingin memodifikasi mobilnya dengan ground clearance rendah atau dikenal sebagai mobil ceper. Mobil ceper memang tampak lebih enak dilihat secara

thumbnail

Tips Modifikasi Mobil Ayla Agar Tampak Lebih Menawan

2020-11-01

Modifikasi mobil Ayla? Yang pasti cocok untuk Sahabat yang stylish! Tampilan eksterior sebuah mobil adalah hal terpenting untuk bisa memikat siapapun yang melihatnya. Pa

thumbnail

Ternyata Ini Bagian Mobil yang Sering Dimodifikasi

2020-11-01

Modifikasi bagian-bagian dalam mobil bukan lagi hal yang asing, terutama di kalangan penggemar otomotif.Biasanya, modifikasi bagian-ba