Logo Daihatsu
Menu

Apa itu Coating Mobil? Ini Manfaat dan Kekurangannya

Otomotif

2022-08-24

Coating Mobil Ini Manfaat dan Kekurangannya

Tidak sedikit pecinta otomotif yang belum mengetahui manfaat coating mobil. Bahkan pengertian dari coating ini sendiri. Ketika melakukan coating, tampilan mobil Anda akan menjadi lebih bagus, bahkan terlihat seperti baru. 

Tetapi, sebelum memutuskan melakukan coating, pastikan memahami seperti apa konsep dari coating ini dengan benar. 

Apa itu Coating Mobil?

Pengertian coating adalah proses penambahan lapisan khusus di permukaan mobil. Sebenarnya coating sebuah istilah yang sering terdengar dalam dunia otomotif. Lebih-lebih terdapat nano coating yang viral serta popular di kalangan pecinta otomotif.

Nantinya, proses coating dapat membuat tampilan kendaraan menjadi terlihat baru serta tidak terlihat kusam. Bukan hanya itu, coating juga menjadi sebuah solusi yang dapat membuat tampilan warna cat menjadi terlihat bening serta terlihat cerah. 

Secara umum, proses coating menggunakan bahan silikon dioksida. Bahan ini sering digunakan untuk membuat kaca atau keramik. Dengan menggunakan teknik coating, Anda akan memiliki mobil dengan tampilan yang segar dan baru.

Baca Juga : Coating Kaca Mobil Bisa Bertahan Berapa Lama?

Apa saja Manfaat Coating Mobil?

Proses coating tentu saja memiliki sejumlah manfaat. Berikut berbagai macam manfaat coating antara lain :

1. Mencegah warna mobil menjadi pudar

Ketika melakukan coating, Anda dapat mencegah warna mobil menjadi pudar. Lapisan dari coating akan melindungi permukaan warna cat dari sinar matahari dan ikut terbawa pancaran sinar matahari. 

Seperti yang kita ketahui, sinar ultraviolet mempunyai efek atau dampak yang tidak bagus untuk warna cat serta permukaan cat mobil. Warna yang sering terkena sinar UV akan membuatnya cepat memudar dan kusam. 

2. Kuat pada goresan

Coating juga akan membuat permukaan cat mobil menjadi lebih kuat ketika terkena goresan. Namun, hal ini dapat Anda peroleh ketika menggunakan coating yang berkualitas.

Hasil coatingnya dapat tahan lama serta dapat menjaga bodi mobil dari adanya goresan. Semakin tebal coating yang digunakan pada bodi mobil, daya tahan cat akan menjadi semakin kuat. 

3. Kuat pada jamur dan air

Jika mobil sering terkena air hujan, nantinya permukaan mobil akan menjadi lembab serta dapat memunculkan jamur.

Tentu saja kondisi ini harus sesegera mungkin diatasi agar jamur tidak cepat merusak permukaan mobil. Umumnya, proses coating akan membuat mobil dapat bertahan pada bercak air serta berbagai macam serangan jamur.

Baca Juga : Apakah Cat Mobil Doff atau Matte Bisa Diberi Lapisan Coating?

Kekurangan Coating Mobil

Meskipun manfaat coating mobil cukup banyak, tetapi ada beberapa kekurangan yang dimilikinya, seperti:

1. Proses coating lama

Coating memerlukan waktu yang cukup lama untuk mobil yang digunakan harian serta mobil yang sudah berusia lama. Proses dari coating sulit dilakukan karena warna cat pudar serta goresan terlalu banyak. 

2. Biaya mahal

Untuk melakukan coating mobil, pemilik mobil harus merogoh kantong yang cukup mahal. Proses dan bahannya yang rumit membuat harga coating tidak murah. Bahkan, biaya coating mobil ini dapat mencapai jutaan rupiah tergantung jenis coating mobil yang dilakukan. 

3. Risiko coating

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, manfaat coating mobil memang cukup banyak, tetapi ada pula risiko coating. 

Karena dikerjakan oleh manusia, kesalahan dapat terjadi. Ketika hal tersebut terjadi, proses coating akan jauh lebih lama, dan bodi mobil terlihat belang karena coating tidak rata. 

Manfaat coating mobil memang begitu banyak. Tetapi selain memperhatikan eksterior mobil, jangan lupa melakukan perawatan mesin berkala.

Untuk memperoleh perawatan maksimal, Anda dapat melakukan service di bengkel Daihatsu terdekat yang memiliki teknisi profesional sehingga mobil Anda akan di-service dengan baik. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Lampu Indikator Aki Tidak Menyala dan Cara Memperbaikinya

2022-08-24

Apakah Anda pernah merasakan ketika masuk ke dalam kendaraan kesayangan, namun lampu indikator pada dashboard tidak menyala sama sekali? Tidak perlu khawatir, hal

thumbnail

6 Rekomendasi Wiper Mobil yang Bagus

2022-08-24

Wiper mobil adalah alat pembersih atau penyapu air yang terletak di kaca bagian depan dan belakang. Fungsi dari alat ini untuk menjaga jarak pandang dari terpaan air saa

thumbnail

Mengenal Jenis Jenis Suspensi Mobil yang Banyak Digunakan Saat Ini

2022-08-24

Salah satu komponen yang keberadaannya cukup penting pada kendaraan bermotor, yaitu suspensi. Suspensi ini merupakan komponen yang berfungsi dalam meredam kejutan, serta

thumbnail

Kelebihan Speaker Mobil Berbahan Conus Keramik

2022-08-24

Mobil merupakan jenis kendaraan yang paling diminati oleh masyarakat. Baik untuk mobilitas dalam kegiatan sehari-hari, mobil juga sangat cocok digunakan untuk berpergian