Logo Daihatsu
Menu

Apa yang Dimaksud dengan Transmission System pada Mobil?

Otomotif

2020-11-28

apa yang dimaksud dengan transmission system

Mobil termasuk salah satu moda transportasi pribadi yang menghiasi setiap sudut jalanan. Sayangnya masih banyak pemilik mobil yang tidak memahami apa yang dimaksud dengan transmission system beserta fungsinya, karena yang terpenting adalah kendaraan dapat melaju dan siap mengantarkan penumpangnya. Daripada salah dalam penggunaannya, simak ulasan singkat berikut. 

Pengertian Tentang Transmisi Otomatis

Sesuai dengan pemberian namanya, transmisi otomatis atau dikenal A/T ini merupakan jenis transmisi yang dilengkapi dengan beberapa gigi dan dapat berpindah otomatis sesuai dengan beban mesin yang didapatkannya. Dengan kata lain, pengemudi tidak perlu kesulitan memindahkan gigi sesuai dengan medan jalan atau menyesuaikan dengan jumlah muatan kendaraan. 

Dapat berpindah gigi sesuai kebutuhan, pasalnya transmisi matic telah dilengkapi dengan pengubah putaran (torque conventor) yang berfungsi sebagai kopling otomatis. 

Bahkan minyak transmisinya tidak hanya berfungsi sebagai pelumas serta mendinginkan mesin kendaraan semata, namun memiliki fungsi ganda sebagai pemindah gigi dan fluida kopling kendaraan.

Baca juga: Kenali 10 Gejala Transmisi yang Bermasalah agar Terhindar dari Kerusakan Parah 

Diharapkan penjelasan singkat tersebut, dapat membantu Anda menemukan jawaban apa yang dimaksud dengan transmission system

Usai mengenalnya sekilas dan mendapatkan gambaran mengenai cara kerjanya, saatnya untuk mengenal apa saja fungsi dari transmisi otomatis agar dapat mengoperasikannya dengan maksimal. 

Agar T/A dapat berfungsi optimal, Anda harus memastikan minyak transisinya selalu tercukupi sebelum digunakan. 

Selain memastikan jumlah minyak transisinya, pemilik kendaraan diwajibkan menggantinya secara rutin demi menjaga performanya. Semakin jauh jarak tempuhnya, maka kualitas minyak akan menurun hingga pada titik harus diganti. 

Fungsi Utama Transmisi Otomatis

Berdasarkan penjelasan dari poin sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan bahwa T/A memiliki fungsi umum sebagai pemindah gigi transmisi kendaraan secara otomatis sejak mesin kendaraan dinyalakan. Meski memiliki fungsi umum, ternyata fungsi transmisi otomatis juga bisa disesuaikan sesuai dengan jenisnya.

Pertanyaan terkait apa yang dimaksud dengan transmission system tampaknya mulai terkuak, karena beberapa mobil telah menggunakan jenis transmisi full hydraulic dan Powertrain Control Module (CPM). Pada full hydraulic, transmisi otomatisnya berfungsi sebagai pengatur waktu untuk memindahkan gigi serta lock up sepenuhnya dengan cara hydralis.

Baca juga: Tips Merawat Mobil Matic

Sedangkan pada Powertrain Control Module, transmisi otomatis berperan sebagai pengatur waktu memindahkan gigi dan lock up secara elektronik, sekaligus mendiagnosa serta fail safe

Jenis transmisi satu ini juga menggunakan data berupa lock pattern dan shift yang membuatnya sedikit berbeda dengan transmisi otomatis full hydraulic. Kabar gembiranya, hampir seluruh produk mobil keluaran terbaru telah dihadirkan dengan pilihan transmisi matic. 

Berkat adanya transmisi tersebut, pengemudi merasa lebih nyaman dan mudah dalam mengoperasikan kendaraan kesayangannya. Bahkan para pemula yang mencoba dari transmisi manual ke transmisi matic tentu bisa merasakan perbedaannya. 

Agar mesinnya beroperasi dengan sempurna, tentu saja transmisi otomatis disokong oleh sejumlah komponen dengan fungsi berbeda seperti  torque converter, hydraulic control unit, manual linkage, planetary gear unit, dan automatic transmission fluida. Berdasarkan penjelasan tersebut, diharapkan dapat membantu pertanyaan apa yang dimaksud dengan transmission system. 

Meski seringkali mengemudikan mobil manual, masih banyak pengemudi yang tidak memahami betul apa itu transmisi otomatis. Padahal mengetahui informasi dasar mengenai fungsi dan cara kerja transmisi matic sangat diperlukan, agar dapat mengoperasikannya dengan tepat dan mendatangkan segudang keuntungan. 

Baca juga: Ini Cara Mengendarai Mobil Matic Yang Bisa Kamu Pelajari


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kurang Lebih Seperti Inilah Cara Menyetel RPM Mobil Injeksi!

2021-02-10

Untuk mendapatkan ukuran RPM yang pas, RPM sebuah mobil injeksi harus disetel terlebih dahulu. Idealnya,

thumbnail

Apa itu Odometer? Ini Fungsi dan Jenisnya!

2024-01-31

Bicara soal mobil, tentu Anda tidak asing dengan istilah Odometer. Lalu apa itu odometer sebenarnya? Dan apa saja fungsinya? Untuk selengkapnya perhatikan pembahasan

thumbnail

Yuk, Kenali Perbedaan Fungsi Lampu LED dan DRL

2021-02-19

Lampu mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk berkendara terutama pada malam hari. Kebanyakan mobil keluaran terbaru telah menggunakan lampu Light

thumbnail

4 Cara Cek Pajak Kendaraan Jakarta Online Terbaru 2024

2024-02-15

Di tahun 2024 ini, perkembangan teknologi sudah merambah ke beberapa aspek, termasuk pada pengembangan sistem pembayaran pajak kendaraan. Bagi para warga Jakarta, tidak perlu lagi mengantri ke Sams