Logo Daihatsu
Menu

Plat nomor putih: Arti, Masa Berlaku serta Perbedaanya

Tips & Trick

2023-12-20

Arti Plat Nomor Putih dan Mulai Berlakunya, Yuk Ketahui!

Beberapa bulan belakangan, plat nomor putih tengah menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat Indonesia. Hal tersebut terjadi setelah pihak Polantas memperkenalkan plat nomor ini di salah satu akun media sosialnya.

Biasanya masyarakat akrab dengan plat nomor berwarna hitam. Lantas apa arti warna putih pada plat nomor dan kapan mulai berlakunya?

Plat nomor putih adalah plat nomor yang digunakan untuk semua jenis kendaraan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk kendaraan pribadi, kendaraan badan hukum, kendaraan yang dimiliki perwakilan negara asing, dan kendaraan yang dimiliki oleh badan internasional.

Perubahan ini sudah berlaku sejak bulan Juni 2022, sebagai upaya untuk mengharmonisasi sistem plat nomor kendaraan di Indonesia.

Nah untuk menambah wawasan anda mengenai plat nomor putih dan jenis plat nomor lainnya, berikut kami sajikan informasi selengkapnya untuk anda.

Apa Arti plat nomor putih tahun 2023?

Di tahun 2023, pemerintah memperkenalkan kebijakan penggunaan plat nomor kendaraan berwarna putih dengan tujuan khusus. Kebijakan ini diimplementasikan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

ETLE merupakan teknologi yang digunakan untuk mendeteksi pelanggaran lalu lintas dengan merekam foto dan informasi pelanggaran menggunakan kamera serta sensor yang terpasang di beberapa titik jalur. Penggantian warna plat nomor kendaraan menjadi putih diharapkan dapat meningkatkan akurasi pembacaan kamera e-tilang.

Penggunaan plat nomor berwarna putih mempermudah kamera e-tilang dalam membaca nomor kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas, termasuk mobil. Sebagai pengganti plat nomor kuning, plat nomor putih dirancang dengan desain yang sederhana, memiliki ukuran, ketebalan, dan bahan yang sama seperti plat nomor kendaraan sebelumnya. Perbedaannya hanya terletak pada warna dasar yang putih dan tulisan yang berwarna hitam.

Kapan Berlakunya Plat Nomor Berwarna Putih?

Aturan plat nomor putih sudah berlaku sejak Juni 2022 sesuai surat perintah Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si yang di tanda tangani sejak 5 Mei 2021.

Kebijakan tersebut sesuai dengan Perpol No. 7 Th. 2021 Pasal 45 ayat 1. Plat nomor ini berlaku untuk masyarakat yang membeli kendaraan baru, perpanjangan STNK, pergantian plat nomor baru dan perubahan pemilik kendaraan yang dilakukan di bulan Juni 2022. 

Baca Juga : 3 Cara Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online Semua Daerah

Mengapa Terjadi Perubahan Warna Plat Dari Hitam ke Putih? 

Perubahan warna tersebut, sudah direncanakan sejak tahun 2014, namun baru disahkan di Peraturan Polisi tahun 2021. Berikut beberapa alasan mengapa terjadi pergantian warna plat nomor dari hitam menjadi putih.

  1. Perubahan warna tersebut dilakukan guna untuk mendukung program ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) atau tilang elektronik yang telah berlaku sejak 2021. Tilang elektronik ini dilakukan dengan memanfaatkan CCTV untuk mengawasi pelanggaran lalu lintas yang terjadi.
  2. Plat nomor akan dilengkapi dengan chip. Pihak kepolisian lalu lintas berencana akan memasang chip pada plat nomor berwarna putih guna memudahkan polisi untuk mengetahui pembayaran pajak sudah dilakukan atau belum, serta memudahkan berapa kali kendaraan melakukan pelanggaran.
  3. Berfungsi membayar tol dan parkir secara elektronik. Pemasangan chip pada plat ini akan dikembangkan untuk pembayaran e-parkir atau e-tol.

Jenis Plat Nomor Putih, Merah, dan Hitam di Indonesia

Pada dasarnya plat nomor di Indonesia memiliki empat warna, hal tersebut sudah ditetapkan dalam UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No. 22 Th. 2009, yaitu plat nomor hitam, merah, kuning, dan hijau.

Namun semenjak ditetapkannya Peraturan Polisi No. 7 Th. 2021 Pasal 45 ayat 1, warna plat nomor kendaraan bermotor di Indonesia berubah menjadi putih, merah, kuning, dan hijau. Berikut arti plat nomor terbaru di Indonesia.

1. Plat Nomor Warna Merah dengan Tulisan Berwarna Putih

Plat ini merupakan plat nomor kendaraan yang digunakan untuk kendaraan sebuah instansi pemerintahan. Biasanya yang menggunakan kendaraan dengan plat ini adalah PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau PPPK (Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja).

2. Plat Nomor Warna Kuning dengan Tulisan Berwarna Hijau

Plat ini digunakan untuk kendaraan transportasi umum atau angkutan umum.

3. Plat Nomor Warna Hijau dengan Tulisan Berwarna Hitam

Plat ini digunakan untuk kendaraan yang berada dalam kawasan perdagangan bebas dan bebas terhadap bea masuk. Contohnya kendaraan yang digunakan di wilayah pelabuhan Bintan, Batam, Karimun, dan Sabang.

4. Plat Nomor Warna Putih dengan Tulisan Berwarna Hitam

Plat ini merupakan plat baru pengganti plat hitam dengan tulisan berwarna putih. Plat ini biasanya digunakan untuk perorangan, badan hukum, badan Internasional, serta PNA (Perwakilan Negara Asing). 

Baca Juga : STNK Sementara Mobil Baru dan Aturan Plat Putih

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai arti dan kapan plat nomor putih mulai diberlakukan di Indonesia. Jadi sekarang Anda paham dan tidak usah khawatir jika plat nomor Anda masih berwarna hitam karena plat masih dinilai berlaku dan sah hingga masa STNK dan plat nomor habis. 


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jenis-Jenis SIM di Indonesia, Fungsi & Syarat Pembuatannya

2024-01-28

Surat Izin Mengemudi (SIM) bukan sekadar kartu identifikasi, tetapi juga merupakan kunci untuk mengemudi secara legal.  Tetapi tahukah Sahabat jenis-jenis SIM yang berlaku di

thumbnail

Tips Melakukan Perawatan Wajah Alami di Rumah yang Hemat Biaya

2021-08-03

Kulit wajah menjadi salah satu bagian tubuh yang harus senantiasa dijaga kualitasnya. Jika Anda termasuk salah satu orang yang ingin kesehatan kulit tetap terjaga, pasti

thumbnail

Kebiasaan yang Tanpa Disadari Ini Bisa Membuat Keriput

2021-01-16

Sahabat mungkin sering kali merasa tidak percaya diri ketika memiliki kerutan atau keriput di wajah. Perlu dipahami bahwa keriput di wajah bukan hanya disebabkan oleh us

thumbnail

Jangan Tergoda Tawaran Kerja Sebelum Pertimbangkan 5 Hal ini

2020-11-24

 Diera pasar bebas yang begitu ketat ini kita dihadapkan pada banyak kompetisi, terutama kompetisi dalam mencari kerja. Bukan hanya bersaing dengan para pelamar dar