Logo Daihatsu
Menu

Arti Plat Nomor Putih dan Mulai Berlakunya, Yuk Ketahui!

Tips & Trick

2022-10-17

Arti Plat Nomor Putih dan Mulai Berlakunya, Yuk Ketahui!

Beberapa bulan belakangan, plat nomor putih tengah menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat Indonesia. Hal tersebut terjadi setelah pihak Polantas memperkenalkan plat nomor ini di salah satu akun media sosialnya.

Biasanya masyarakat akrab dengan plat nomor berwarna hitam. Lantas apa arti warna putih pada plat nomor dan kapan mulai berlakunya? Selengkapnya, perhatikan ulasan berikut ini.

Arti dan Aturan Plat Nomor Putih dan Warna Lainnya di Indonesia

Pada dasarnya plat nomor di Indonesia memiliki empat warna, hal tersebut sudah ditetapkan dalam UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No. 22 Th. 2009, yaitu plat nomor hitam, merah, kuning, dan hijau.

Namun semenjak ditetapkannya Peraturan Polisi No. 7 Th. 2021 Pasal 45 ayat 1, warna plat nomor kendaraan bermotor di Indonesia berubah menjadi putih, merah, kuning, dan hijau. Berikut arti plat nomor terbaru di Indonesia.

1. Plat Nomor Warna Merah dengan Tulisan Berwarna Putih

Plat ini merupakan plat nomor kendaraan yang digunakan untuk kendaraan sebuah instansi pemerintahan. Biasanya yang menggunakan kendaraan dengan plat ini adalah PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau PPPK (Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja).

2. Plat Nomor Warna Kuning dengan Tulisan Berwarna Hijau

Plat ini digunakan untuk kendaraan transportasi umum atau angkutan umum.

Baca Juga : STNK Sementara Mobil Baru dan Aturan Plat Putih

3. Plat Nomor Warna Hijau dengan Tulisan Berwarna Hitam

Plat ini digunakan untuk kendaraan yang berada dalam kawasan perdagangan bebas dan bebas terhadap bea masuk. Contohnya kendaraan yang digunakan di wilayah pelabuhan Bintan, Batam, Karimun, dan Sabang.

4. Plat Nomor Warna Putih dengan Tulisan Berwarna Hitam

Plat ini merupakan plat baru pengganti plat hitam dengan tulisan berwarna putih. Plat ini biasanya digunakan untuk perorangan, badan hukum, badan Internasional, serta PNA (Perwakilan Negara Asing). 

Kapan Berlakunya Plat Nomor Berwarna Putih?

Aturan plat nomor putih sudah berlaku sejak Juni 2022 sesuai surat perintah Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si yang di tanda tangani sejak 5 Mei 2021.

Kebijakan tersebut sesuai dengan Perpol No. 7 Th. 2021 Pasal 45 ayat 1. Plat nomor ini berlaku untuk masyarakat yang membeli kendaraan baru, perpanjangan STNK, pergantian plat nomor baru dan perubahan pemilik kendaraan yang dilakukan di bulan Juni 2022. 

Baca Juga : 3 Cara Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online Semua Daerah

Mengapa Terjadi Perubahan Warna Plat Dari Hitam ke Putih? 

Perubahan warna tersebut, sudah direncanakan sejak tahun 2014, namun baru disahkan di Peraturan Polisi tahun 2021. Berikut beberapa alasan mengapa terjadi pergantian warna plat nomor dari hitam menjadi putih.

  1. Perubahan warna tersebut dilakukan guna untuk mendukung program ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) atau tilang elektronik yang telah berlaku sejak 2021. Tilang elektronik ini dilakukan dengan memanfaatkan CCTV untuk mengawasi pelanggaran lalu lintas yang terjadi.
  2. Plat nomor akan dilengkapi dengan chip. Pihak kepolisian lalu lintas berencana akan memasang chip pada plat nomor berwarna putih guna memudahkan polisi untuk mengetahui pembayaran pajak sudah dilakukan atau belum, serta memudahkan berapa kali kendaraan melakukan pelanggaran.
  3. Berfungsi membayar tol dan parkir secara elektronik. Pemasangan chip pada plat ini akan dikembangkan untuk pembayaran e-parkir atau e-tol.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai arti dan kapan plat nomor putih mulai diberlakukan di Indonesia. Jadi sekarang Anda paham dan tidak usah khawatir jika plat nomor Anda masih berwarna hitam karena plat masih dinilai berlaku dan sah hingga masa STNK dan plat nomor habis. 


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Mengurus Surat Tilang Biru dan Biayanya 2022

2022-09-26

Apakah Anda pernah melanggar peraturan lalu lintas dan dikenakan sanksi tilang? Bila pernah, apakah Anda dapat surat tilang warna merah atau biru? Jika Anda mendapat

thumbnail

Pengertian, Struktur, dan Cara Membuat Karya Ilmiah yang Tak Hanya Untuk Mahasiswa

2020-11-26

Membuat karya ilmiah biasanya jadi tugas bagi mahasiswa dalam bentuk skripsi, thesis, atau disertasi. Namun, apakah pelajar sekolah bisa membuat karya ilmiah? Bukan tidak mungkin, pelajar sekolah m

thumbnail

Ban Tubeless Jauh Lebih Baik Dibanding Ban Biasa?

2021-03-13

Salah satu komponen yang paling penting dalam sebuah kendaraan adalah ban. Apalagi fungsi utamanya sangat krusial mengingat ban sangat berkaitan langsung dengan gerak la

thumbnail

10 Cara Memuliakan Orang Tua Menurut Ajaran Islam

2021-01-13

Agama Islam selalu mengajarkan seorang anak untuk memuliakan orang tua. Hal ini sangat dianjurkan karena orang tua sudah membesarkan dan mendidik anak sejak kecil. Denga