Logo Daihatsu
Menu

Bagaimana Cara Kerja Lampu Lalu Lintas? Berikut Penjelasannya!

Otomotif

2020-12-23

Cara kerja lampu lalu lintas

Cara kerja lampu lintas adalah hal yang bisa membuat Sahabat paham bagaimana sebuah lampu lalu lintas bekerja. Mengetahui cara tersebut akan membuat Sahabat menyadari bahwa lampu lalu lintas rupanya punya sejumlah proses, sehingga membuatnya bisa berganti lampu dalam jangka waktu tertentu.

Berbasis Sistem Automatics Traffic-Light Control System (ATCS)

Secara keseluruhan, cara kerja lampu lalu lintas didasari oleh sistem ATCS. Sistem inilah yang menentukan berapa lama sebuah lampu hijau menyala. Lamanya nyala lampu hijau itu didasarkan pada kepadatan kendaraan yang terjadi saat itu.

Dilengkapi Bantuan Kamera Berbasis Mikrokontroler

Sistem yang ada pada lampu lalu lintas tak akan berfungsi maksimal bila tak ada kamera berbasis mikrokontroler. Kamera itulah yang membantu ATCS dan lampu lalu lintas untuk melihat sejauh mana kepadatan kendaraan di jalan raya.

Hasil tangkapan kamera itu nantinya akan diolah oleh komputer. Lalu, komputer bakal menghitung berapa persentase kepadatan yang terjadi di jalan raya saat itu. Nantinya, komputer akan menentukan berapa lama lampu hijau mesti menyala di suatu jalan raya.

Setelah itu, lampu lalu lintas akan mengalami pergantian nyala sesuai dengan waktu yang ditentukan komputer. Dimulai dari lampu hijau, kuning, dan diakhiri oleh lampu merah.

Sejarah Singkat Lampu Lalu Lintas

Kehadiran lampu lalu lintas masih ada hubungannya dengan sejarah kendaraan bermotor itu sendiri. Lampu lalu lintas pertama sendiri pertama kali dibuat pada 1868 di London.

Pembuatan lampu lalu lintas itu dibuat lantaran saat itu kendaraan bermotor sudah mulai banyak. Lampu lalu lintasnya sendiri saat itu masih dua buah, yaitu merah dan hijau.

Tiga tahun setelahnya, lampu lalu lintas sempat dilarang oleh pemerintah London. Saat itu, salah satu lampu lalu lintas di sana meledak, serta melukai salah satu polisi yang tak jauh di sana.

Beberapa waktu berikutnya, lampu lalu lintas model baru pun dibuat dengan dilengkapi tanda ‘berhenti’ dan ‘jalan’. Tahun-tahun berikutnya, lampu lalu lintas pun mengalami perkembangan, hingga menjadi seperti sekarang.

Terinspirasi dari Zaman Peperangan

Setiap warna yang ada pada lampu lalu lintas rupanya terinspirasi dari zaman peperangan. Terutama, untuk lampu kuning dan merah. Lalu, apa saja makna di setiap lampu lalu lintas itu?

Hijau

Warna ini terinspirasi dari warna dedaunan. Warna hijau diidentikan dengan ketenangan. Dalam lampu lalu lintas, hijau merupakan tanda kalau siapa pun bisa melintasi jalan yang diberi lampu itu dengan aman. Dalam cara kerja lampu lalu lintas, lampu hijau adalah lampu pertama yang akan menyala.

Kuning

Warna kedua dalam lampu lalu lintas ini terinspirasi dari warna api yang dipakai di zaman perang. Saat itu, api lazim dipakai untuk senjata perang. Jika salah satu pihak membawa api saat perang, maka pihak lainnya akan bersikap lebih hati-hati.

Dalam lalu lintas, kuning menandakan bahwa pengendara harus siap karena lampu akan berubah menjadi hijau. Atau, justru harus lebih hati-hati, karena lampu akan berubah menjadi merah.

Merah

Dalam lampu lalu lintas, merah berarti setiap pengendara wajib untuk berhenti sejenak. Warna ini terinspirasi dari tanda merah yang dipakai di masa perang. Tanda itu dibuat sebagai simbol agar perang segera diakhiri, karena sudah banyak menimbulkan pertumpahan darah.

Demikianlah cara kerja lampu lalu lintas, serta informasi terkait dengannya. Semoga bisa membuat Sahabat jadi lebih mengerti bagaimana lampu lalu lintas bekerja saat di jalanan.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Menjaga Tabung Reservoir Radiator Tetap Awet

2022-06-29

Ada begitu banyak komponen dalam kendaraan yang perlu untuk diperhatikan agar perjalanan Anda senantiasa menyenangkan. Salah satunya adalah keadaan reservoir radiator ya

thumbnail

Alasan Mengapa Saat Mengganti Fan Belt Ukurannya Harus Sama

2022-02-28

Fan belt merupakan komponen yang cukup penting pada mobil karena keberadaannya berhubungan langsung dengan beberapa komponen sekaligus seperti kompresor AC dan hidrolik

thumbnail

Cara Menyetel Klep Mobil yang Benar, Ikuti Langkah Disini!

2023-01-17

Mengetahui cara menyetel klep mobil yang benar sangat dibutuhkan. Seperti diketahui, klep mobil berperan penting terhadap pengaturan bahan bakar serta campuran udara