Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Begini Upaya Melestarikan Budaya Indonesia di Era Globalisasi Agar Tetap Terjaga
25 Februari 2021
upaya melestarikan budaya indonesia

Era globalisasi dapat menimbulkan berbagai perubahan, termasuk dalam gaya hidup. Akibatnya masyarakat cenderung memilih kebudayaan baru yang dinilai lebih mudah dan praktis jika diterapkan dibanding budaya lokal. 

Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan beberapa upaya melestarikan budaya Indonesia, seperti ulasan berikut ini!

1. Mempelajari Budaya Lokal 

Salah satu cara untuk melestarikan budaya lokal yaitu dengan memahami budaya itu sendiri. Anda harus mengetahui berbagai macam informasi berkaitan dengan budaya Anda dari berbagai sumber, mulai dari ensiklopedi, buku, bahkan surat kabar. Apalagi, sudah banyak literatur yang membahas tentang kebudayaan Indonesia. 

Selain dari literature cetak, Anda juga bisa mempelajari budaya lewat kemudahan akses internet yang ada. Misalnya saja jika Anda orang Jawa yang ingin mengetahui seluk beluk budaya Jawa, maka bisa membaca infonya lewat situs tertentu. 

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui budaya apa saja yang harus dilestarikan dalam era globalisasi agar tidak punah. 

Baca Juga: Belajar Budaya Bali di 5 Desa Ini

2. Mengikuti Kegiatan Budaya Asal

Setelah mengetahui berbagai informasi dan karakteristik dari budaya lokal Anda, selanjutnya yaitu mengikuti kegiatan budaya tersebut. Hal ini merupakan salah satu contoh dalam upaya melestarikan budaya Indonesia. 

Anda bisa mengikuti kegiatan budaya dengan terlibat langsung dalam sebuah kontes. Misalnya saja, menjadi peserta atau penonton kegiatan budaya tersebut. 

Sebagai contoh, Anda bisa mengikuti kegiatan budaya Banyumas yang mementaskan kentongan. Alangkah baiknya jika Anda menjadi pemain kentongan tersebut agar merasakan pengalaman yang mengesankan. Selain itu, kegiatan budaya juga dapat menambah rasa kecintaan pada suatu kultur yang ada di Indonesia. 

3. Mengenalkan Produk Budaya Ke Kancah Internasional 

Selain itu, Anda juga bisa melestarikan budaya dengan cara mengenalkan berbagai kesenian dan budaya melalui jejaring sosial. Anda bisa memperkenalkan budaya khas Indonesia ke dunia luar hanya dengan postingan foto di media sosial. 

Caranya bisa dilakukan dengan posting foto kesenian lokal yang dilengkapi dengan deskripsi dua bahasa, yaitu bahasa daerah dan inggris. 

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memilih upaya melestarikan budaya Indonesia dengan cara memperkenalkan budaya lokal di kancah internasional. Caranya yaitu mengenakan produk budaya lokal. 

Jika berada di luar negeri, maka cukup kenakan produk asli Indonesia untuk memperkenalkan budaya lokal. Selain itu, Anda juga harus memilih produk dari Indonesia ketimbang luar negeri. 

Baca Juga: 34 Contoh Kebudayaan Indonesia yang Unik dan Dikenal Hingga Mancanegara

4. Jadikan Budaya Sebagai Identitas

Menjadikan budaya lokal sebagai identitas menjadi salah satu cara untuk melestarikannya. Sebab, Anda memiliki rasa bangga terhadap budaya lokal yang dimiliki di tengah tengah globalisasi. 

Dengan begitu, Anda tidak akan mudah terpengaruh atau ikut ikutan terhadap adanya budaya asing yang masuk ke negara Indonesia. 

5. Mengekspor Barang Kesenian 

Bagi Anda yang seorang pebisnis, maka bisa ikut serta mempromosikan kebudayan lokal melalui produk kesenian yang dijual. Anda dapat mengembangkan usaha yang sedang digeluti agar sampai ke pasar internasional. 

Jika sudah menembus pasar internasional untuk mengekspor produk kesenian, berarti Anda sudah mencoba upaya melestarikan budaya Indonesia. 

Kebudayaan merupakan salah satu identitas bagi suatu masyarakat. Selain itu, budaya bisa mempersatukan, memenuhi kebutuhan, dan lain sebagainya. Sehingga, sangat penting untuk berupaya melestarikan budaya lokal. 

Untuk itu, Anda bisa melakukan beberapa cara mulai dari mengenal budaya itu sendiri, ikut dalam kegiatan, memilih produk lokal, hingga mengekspor produk lokal ke luar negeri. 

Baca Juga: Mengenali Berbagai Macam Unsur-Unsur Budaya yang Ada di Indonesia

Tips Sahabat Lainnya
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku