Logo Daihatsu
Menu

Cara Cek Oli Kompresor AC Mobil & Biaya Gantinya

Otomotif

2023-04-03

Cara Cek Oli Kompresor AC Mobil & Biaya Gantinya

Oli kompresor AC mobil memiliki fungsi layaknya oli mesin yaitu sebagai pelumas. Apabila oli kompresor berkurang atau habis maka kinerja AC juga akan menurun. Apabila kinerja AC tidak optimal maka dapat menyebabkan sirkulasi udara dalam kabin mobil juga terganggu. Alhasil suhu dalam mobil akan terasa gerah sehingga mengganggu kenyamanan saat berkendara. 

Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu tahu mengenai cara mengecek oli kompresor AC mobil beserta biayanya. Untuk selengkapnya perhatikan ulasan berikut ini.

Cara Mengecek Oli Kompresor AC Mobil

Ada beberapa cara mengecek oli kompresor AC mobil yang perlu Anda ketahui. Berikut cara selengkapnya.

1. Perhatikan ciri-ciri oli kompresor AC yang hampir habis

Oli kompresor AC mobil masih banyak atau sudah hampir habis dapat diketahui dengan mudah. Anda bisa mengetahuinya dengan memahami ciri-ciri apabila oli kompresor AC habis seperti berikut.

  • AC mobil terasa kurang dingin karena oli kompresor AC yang habis dapat menyebabkan kompresor AC tidak stabil. Akibatnya, AC menjadi kurang bertenaga ketika melakukan proses pendinginan.
  • Kompresor AC mudah panas, karena oli kompresor AC yang habis menyebabkan gesekan antar komponen AC menjadi besar. Hal tersebut terjadi karena oli tidak dapat mengaliri komponen-komponen di dalam AC dan menyebabkan kinerja kompresor AC menjadi lebih berat.
  • Muncul suara berisik dan kasar, karena gesekan antar komponen di dalam AC yang terlalu besar sehingga juga menyebabkan kompresor AC menjadi jebol.
  • Mobil menjadi kurang bertenaga ketika AC dinyalakan. Hal tersebut terjadi karena di saat AC menyala, AC butuh tenaga yang tinggi untuk mempertahankan kinerja antar komponen. Jadi apabila oli kompresor berkurang, tentunya untuk mempertahankan kinerja antar komponen, maka AC membutuhkan tenaga yang lebih besar daripada sebelumnya. 

Baca Juga : 3 Cara Memperbaiki Kompresor AC Mobil yang Bermasalah!

2. Gunakan Manifold AC

Manifold AC merupakan alat pengukuran khusus AC yang berfungsi untuk mengukur tekanan bawah AC. Dengan alat ini Anda bisa mengetahui apakah oli kompresor masih layak pakai atau tidak. Jika sudah tidak layak pakai, Anda bisa melakukan penggantian dengan segera. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika hendak melakukan penggantian oli kompresor. Berikut cara selengkapnya.

  • Pertama, Anda bisa melakukan pengosongan freon AC. Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengangkatnya saja.
  • Cara selanjutnya, Anda kosongkan bagian kompresor AC dengan cara memutar atau membalikkan oli kompresor agar oli tumpah.
  • Cara selanjutnya, lakukan penggantian oli. Untuk proses penggantian oli kompresor ada tiga cara yang bisa Anda pilih.

    Cara pertama melakukan pengisian oli kompresor melalui lubang inlet. Cara kedua, Anda bisa melakukan pengisian melalui manifold gauge. Sebelum melakukan pengisian pastikan, proses vacuum sudah selesai. Kemudian buka seal manifold gauge. Kemudian buka bagian selang manifold, lalu isi oli kompresor sesuai takaran yang tepat. Setelah selesai, tutup bagian selang seperti semula agar tidak terkontaminasi kotoran dan debu. Cara ketiga Anda bisa menggunakan alat recovery seperti alat AC R3 untuk mengisap oli kompresor.

3. Kunjungi bengkel

Jika Anda tidak memahami cara pengecekan dan perawatan oli kompresor AC mobil yang tepat. Anda bisa mengunjungi bengkel Daihatsu terdekat untuk mengatasi permasalahan Anda. Bengkel Daihatsu akan memberikan pelayanan terbaiknya melalui para mekanik yang profesional dan kompeten di bidangnya.

Selain itu, di bengkel Daihatsu juga sudah tersedia peralatan perbaikan mobil yang mumpuni, suku cadang, dan produk perawatan mobil yang terjamin keasliannya.

Biaya Penggantian Oli Kompresor AC Mobil

Biaya penggantian oli kompresor AC cukup bervariasi tergantung dari kualitas oli dan teknik pengurasannya. Untuk oli dengan kualitas standar biasanya dibandrol dengan harga Rp100 ribu hingga Rp200 ribuan.

Sedangkan untuk teknik pengurasan oli menggunakan Voita, Anda perlu menambah biaya kurang lebih Rp400 ribuan. Jadi jika di total mencapai Rp500 ribuan hingga Rp600 ribuan.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengenal Kapasitas Oli Transmisi Ayla Manual Beserta Cara Perawatannya

2020-12-23

Sejak diperkenalkan pertama kali di hadapan publik, Daihatsu Ayla telah disambut hangat oleh para penggemarnya. Dibali

thumbnail

3 Cara Pasang Alarm Mobil dengan Benar

2021-01-06

Pencurian mobil masih marak di beberapa wilayah Indonesia, terutama jika Anda tinggal di kota metropolitan dengan tingkat mobilitas tinggi. 

thumbnail

Ternyata, Ini Lho Fungsinya Spooring dan Balancing Ban Mobil

2023-12-19

Perawatan pada kendaraan kesayangan memang perlu dilakukan, terutama berkaitan dengan berbagai komponennya. Salah satu komponen yang penting untuk diperhatikan adalah ban mobil. Pemakaian yang inte

thumbnail

Cara Menambah Headrest Jok Mobil Agar Lebih Nyaman Berkendara

2023-10-03

Memahami bagaimana cara menambah headrest jok mobil yang benar dapat meningkatkan kenyamanan berkendara. Meski setiap mobil sudah disematkan headrest, tetapi tidak s