Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Cara Cuci Mobil yang Benar Agar Cat Tidak Cepat Kusam
29 Juni 2021
mencuci mobil yang benar

Mencuci mobil tidak sekadar membasahi dan menghilangkan kotoran yang menempel di body. Akan tetapi, aktivitas cuci mobil juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan inspeksi apakah bagian cat atau eksterior mobil mengalami masalah yang perlu diperbaiki.

Sering mencuci mobil bukan berarti sudah tahu bagaimana cara cuci mobil yang baik dan benar. Setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan tapi masih jarang dilakukan ketika mencuci mobil sendiri. 

Pertama, pemilik mobil banyak yang masih menganggap remeh pemilihan sabun atau shampo cuci mobil. Kedua, tidak menggunakan air dengan tekanan yang benar, dan yang terakhir tidak memperhatikan waktu ketika sedang mencuci mobil.

Adapun cara mencuci mobil sendiri secara umum hampir sama, yakni dimulai dari membasahi body mobil dengan air bersih tanpa sabun, kemudian menggosok bagian body dengan kain + sabun khusus cuci mobil agar debu dan kotoran hilang, membilas body dengan air bersih mengalir, terakhir mengeringkan dengan kain lap berbulu.

Tips cuci mobil yang benar

Berikut ini merupakan beberapa tips cara cuci mobil yang baik dan benar agar cat mobil lebih awet serta tidak cepat terlihat kusam.

1. Pakai shampo khusus

Kesalahan paling umum yang dilakukan ketika mencuci mobil sendiri adalah menggunakan shampo asal-asalan. Bahkan, pemilik mobil atau motor ada juga yang menggunakan sabun cuci piring atau deterjen. Hal ini tentu tidak baik karena bisa menyebabkan cat mobil menjadi kusam dan banyak goresan.

Bagi Anda yang ingin mencuci mobil sendiri di rumah, usahakan tetap menggunakan shampo khusus cuci mobil yang banyak tersedia di pasaran. Gunakan shampo dengan kadar PH atau tingkat keasaman rendah supaya cat mobil tidak mudah kusam karena efek asam.

2. Jangan mencuci di bawah terik matahari

Mencuci di bawah sinar matahari langsung akan membuat air yang memercik ke body cepat kering. Akibatnya bakal muncul noda-noda bintik air yang biasa disebut jamur. Perlu diketahui, jamur merupakan musuh utama yang harus dihilangkan dari permukaan body mobil, karena akan membuat warna cat terlihat kusam.

3. Usap dari atas ke bawah

Tips berikutnya ketika mencuci mobil yakni dengan memperhatikan gerakan. Tidak banyak orang sadar akan hal ini, padahal jika dilakukan bakal memberikan perbedaan yang sangat signifikan.

Cara cuci mobil yang benar sebaiknya dilakukan dengan gerakan konstan dari atas ke bawah. Jangan menggunakan gerakan memutar atau justru sebaliknya (dari bawah ke atas), karena hal tersebut justru akan menyebabkan kotoran semakin menyebar ke permukaan body mobil.

4. Bilas body mobil dengan air mengalir

Setelah membersihkan body mobil dari debu dan kotoran, sebaiknya Anda membilasnya dengan menggunakan air bersih mengalir. Lakukan pembilasan mulai dari bagian atas kemudian baru lanjut ke bagian kaca hingga velg atau ban.

Pembilasan dengan air bersih yang mengalir sangat penting dilakukan karena dapat meminimalisir timbulnya kotoran baru yang perlu dibersihkan. Setelah itu, lap dengan kain berbulu dan pastikan juga bagian kaca jendela tidak diturunkan selama proses pengeringan.

Kesimpulan

Mencuci mobil tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, karena resikonya body atau cat mobil bisa mengalami kerusakan seperti warna kusam, timbul bintik jamur akibat percikan air, hingga goresan-goresan halus yang mengurangi estetika kendaraan. Untuk menghindari hal-hal tersebut, Anda bisa mempraktekkan berbagai tips cara cuci mobil yang benar seperti yang sudah disebutkan.

Semoga bermanfaat.

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor