Logo Daihatsu
Menu

Cara Memasak Jamur Tiram yang Benar

Tips & Trick

2021-02-24

memasak jamur tiram

Jamur tiram adalah tanaman yang sering digunakan untuk alternatif daging ayam, ikan, atau daging sapi dalam menu masakan vegetarian. Teksturnya yang kenyal membuatnya mirip dengan tekstur daging. Rasanya juga hampir mirip dengan daging ayam.

Sayangnya, jamur tiram ini seringkali menimbulkan bau yang aneh jika Sahabat tidak bisa mengolahnya dengan benar. Bau aneh yang cukup mengganggu ini tidak mudah hilang begitu saja, Sahabat perlu melakukan beberapa langkah agar baunya bisa hilang.

Berikut ini adalah cara memasak jamur tiram yang benar agar bau anehnya bisa hilang. Sehingga masakan akan lebih nyaman untuk disantap.

Memilih Jamur Tiram yang Masih Segar

Jamur tiram yang masih segar memiliki ciri-ciri bentuknya mekar sempurna, teksturnya kenyal, airnya sedikit, masih berwarna putih, dan baunya segar. Untuk mendapatkan jamur tiram yang masih segar ini, Sahabat bisa mencarinya di pasar tradisional. Jika jamur sudah berwarna agak kecokelatan, sangat berair, teksturnya agak layu, dan baunya kurang sedap, bisa dipastikan jamur tiram tersebut tidak segar dan sudah tidak terjual dalam waktu lama. Hindari memilih jamur yang tidak segar karena bisa mempengaruhi cita rasa masakan.

Mencucinya dengan Bersih

Langkah selanjutnya adalah Sahabat mencucinya dengan bersih. Jika Sahabat tidak bisa langsung membersihkannya setelah membeli, Sahabat bisa menyimpannya terlebih dulu di kulkas agar jamur tidak layu. Selain itu, jika ditaruh di tempat yang kurang sejuk, jamur lama-kelamaan mengeluarkan bau tidak sedap.

Untuk jamur tiram, biasanya bagian yang mengeluarkan bau tidak sedap sekitar bagian akar jamur atau ujung batangnya. Potong bagian tersebut dan siram dengan air yang mengalir cukup banyak, kemudian kibas-kibaskan agar air yang banyak yang menempel di jamur. Sahabat tidak perlu meremas-remas jamurnya. Biarkan seperti itu agar teksturnya tetap terjaga.

Rendam dengan Air Garam

Karena tidak setiap hari Sahabat bakal bisa mendapatkan jamur yang segar, lalu bagaimana jika ternyata Sahabat mendapatkan jamur yang tidak segar? Cara yang bisa Sahabat lakukan adalah dengan melakukan perendaman dengan air garam.

Tujuan jamur tiram direndam air garam adalah agar jamur tiram yang tidak segar tersebut terkurangi bau tidak sedapnya. Selain itu juga berguna agar kotoran atau serangga yang menempel pada jamur bisa lepas. Waktu perendaman tidak perlu lama, cukup 10 menit saja.

Untuk beberapa kasus, jamur tidak perlu direndam air garam. Misalkan Sahabat ingin membuat jamur krispi, jamur tidak perlu direndam air garam. Bersihkan saja dengan air mengalir, laburi tepung, lalu goreng. Perendaman bisa menyebabkan jamur kurang bisa garing dan malah menyerap banyak minyak.

Gunakan Aneka Bumbu dan Rempah

Beberapa kasus meski sudah dibersihkan dan direndam air garam, bau jamur kadang masih melekat. Cara yang ampuh untuk menutupi bau jamur yang samar-samar ini bisa dengan menambahkan berbagai bumbu dan rempah. Penggunaan cabai, lengkuas, serai, daun salam, dan sejenisnya bisa menghilangkan bau jamur yang masih samar-samar muncul. 

Segera olah jamur setelah Sahabat membelinya. Menyimpan jamur terlalu lama pada kulkas juga tidak baik. Jamur yang lama berada dalam kulkas juga berpotensi menimbulkan bau yang tidak sedap dan berair. Jika sudah begitu, maka dicampurkan ke makanan yang lain pun juga tidak bagus. Yang ada, malah merusak cita rasa masakan.

Semoga tips memasak jamur tiram di atas bermanfaat yah. Selamat memasak.

Penulis: Iskael


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

7 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Pejuang Diet Wajib Tahu!

2021-02-16

Manfaat jahe merah untuk kesehatan adalah hal yang tentu tidak perlu diragukan lagi. Banyak sekali zat di dalam tanaman herbal itu yang bisa menyembuhkan keluhan kesehat

thumbnail

5 Penyebab Mesin Overheat

2020-10-15

Mesin merupakan komponen utama mobil. Jika mesin mengalami kerusakan fatal maka seluruh komponen mekanik lainnya akan lumpuh. Terkadang, dengan dipaksa bekerja maksimal

thumbnail

Ingin Punya Mobil Sendiri di Usia 20-an? Mungkin 5 Trik ini Bisa Kamu Praktikkan

2020-11-24

Mobil rasanya sudah menjadi kebutuhan wajib semua orang, bukan hanya sebagai kendaraan saja, namun juga sebagai pelengkap gaya hidup masa kini. Terlebih jika kamu termas

thumbnail

Cara Mengecek Denda Tilang Online Lewat E-Tilang & Cara Bayar

2023-02-06

Saat ini, penyelenggaraan program tilang elektronik atau