Logo Daihatsu
Menu

Cara Membersihkan Plafon Mobil Yang Kotor Dengan Mudah Dan Cepat

Otomotif

2021-08-06

membersihkan-roof-mobil

Pernahkah Anda memperhatikan kebersihan plafon mobil yang dikendarai setiap hari? Jika tidak, mulai sekarang Anda harus mulai mengetahui cara membersihkan plafon mobil yang kotor dengan mudah dan cepat.

Plafon mobil merupakan salah satu bagian yang seringkali dilupakan dan tidak terlalu diperhatikan kebersihannya. Padahal kebersihan plafon kendaraan sebenarnya sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara, baik bagi pengemudi maupun penumpang.

Tips Membersihkan Plafon Mobil Dengan Mudah yang Wajib Anda Ketahui

Untuk menjaga agar kotoran pada plafon mobil tidak menumpuk, maka Anda wajib melakukan pembersihan secara teratur. Perlu Anda ketahui, membersihkan plafon mobil memang bukan hal yang mudah.

Tetapi jika Anda tidak membersihkan plafon meja secara rutin, dikhawatirkan keamanan dan kenyamanan Anda ketika berkendara akan terganggu.  Nah, kali ini kami akan berbagi informasi mengenai 5 cara membersihkan plafon mobil yang kotor dengan mudah.

Cara membersihkan plafon yang berdebu

Tips pertama yang wajib Anda terapkan untuk menjaga plafon tetap bersih adalah dengan membersihkan debu – debu yang ada. Untuk membersihkan plafon yang berdebu, gunakan sikat dan tanpa air.

Karena jika menggunakan air, justru debu akan semakin menempel dan sulit dihilangkan. Cara ini bisa Anda lakukan secara rutin minimal seminggu sekali, supaya kebersihan plafon mobil selalu terjaga.

Cara membersihkan plafon mobil dengan vacuum cleaner

Jika Anda menginginkan hasil yang lebih bersih daripada hanya menggunakan sikat, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner. Karena mesin ini bisa lebih ampuh untuk membersihkan debu daripada hanya menggunakan sikat.

Namun ketika menggunakan vacuum cleaner, Anda juga harus berhati – hati. Jangan sampai Anda menggunakan tekanan daya serap berlebihan yang nantinya justru akan membuat plafon mobil jadi rusak.

Cara membersihkan noda ringan yang ada di plafon mobil

Berikutnya jika mulai nampak noda ringan terdapat pada plafon mobil, Anda juga harus segera membersihkannya. Jangan sampai noda ringan tersebut semakin menumpuk dan akhirnya sulit dihilangkan.

Untuk membersihkan noda ringan yang terdapat pada plafon mobil, Anda bisa menggunakan detergen dan sikat. Perlu Anda ingat, jangan mengaduk deterjen sampai berbusa jika akan digunakan untuk membersihkan plafon mobil.

Karena jika Anda mencelupkan sikat pada air deterjen yang berbusa, akan menyebabkan timbulnya warna putih pada plafon disebabkan oleh deterjen tersebut. Dan selanjutnya sikat dengan perlahan sampai noda ringan hilang.

Cara membersihkan noda pekat pada plafon mobil

Ketika Anda tidak membersihkan plafon mobil secara rutin, maka kemungkinan yang akan muncul adalah timbulnya noda pekat. Untuk membersihkan noda pekat dibutuhkan cairan khusus seperti cairan fabric.

Cara membersihkan noda pekat pada plafon mobil yaitu menyemprotkan cairan fabric pada plafon. Ketika menggunakan cairan fabric, Anda tidak perlu menyediakan detergen lagi, sediakan saja air bersih dan kain lap untuk membersihkan.

Cara membersihkan plafon mobil yang bau

Terakhir, masalah yang juga sering dialami oleh plafon mobil adalah bau yang tidak sedap. Untuk mencegah bau tidak sedap dari plafon mobil Anda bisa menggunakan minyak atau pengharum ruangan yang dijual di pasaran.

Setelah membersihkan plafon mobil dari kotoran, debu, dan noda, pastikan Anda memasang pengharum ruangan. Hal ini bisa menambah kenyamanan ketika berkendara.

Nah, kelima hal diatas merupakan cara membersihkan plafon mobil yang kotor dengan mudah yang wajib Anda coba. Jika Anda menginginkan mobil dengan plafon yang tidak mudah kotor, maka Anda bisa menjadikan Daihatsu sebagai pilihan terbaik.

Karena Daihatsu menciptakan kendaraan yang aman dan nyaman untuk dikendarai. Seperti yang kita tahu, salah satu faktor yang menimbulkan kenyamanan adalah kebersihan.

Dengan menggunakan kendaraan dari Daihatsu, Anda tidak perlu membersihkan plafon mobil terlalu sering. Karena plafon mobil Daihatsu dibuat dengan bahan yang tidak mudah kotor ketika terkena debu.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Oli Power Steering Bocor dan Cara Mengatasinya

2021-01-12

Pernahkah Anda menemukan tetesan oli di bawah mobil yang tidak berhenti mengucur? Kondisi ini dapat terjadi akibat beberapa faktor, salah satunya karena oli pada powe

thumbnail

Mobil Jaman Sekarang vs Mobil Jaman Dulu, Ini Teknologi Terbarunya

2023-10-30

Mobil jaman sekarang memang lebih unggul dibandingkan mobil jaman dulu. Baik dari segi desain, hingga segi fitur. Evolusi yang signifikan tersebut terjadi akibat per

thumbnail

Fungsi Water Pump Mobil, Ciri Kerusakan & Cara Mengatasinya

2023-03-10

Water pump mobil memiliki peranan yang penting dalam menstabilkan suhu mesin mobil. Tidak hanya itu, komponen ini juga memiliki beberapa fungsi lainnya. Oleh karena

thumbnail

Punya Usaha Bengkel? Wajib Punya Alat Pembuka Ban Mobil

2020-11-21

Membuka atau melepaskan ban mobil bukanlah satu pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Diperlukan alat bantu khusus yang sering disebut tire changer agar proses mengganti ban mobil jadi ini jadi leb