Logo Daihatsu
Menu

Cara Mengatasi Body Kulit Jeruk yang Mulai Kusam

Otomotif

2022-05-22

body kulit jeruk kusam

Siapa yang tidak ingin memiliki kendaraan yang tampil cantik dan menarik? Sudah pasti semua orang menginginkan hal tersebut, khususnya bagi pecinta otomotif. Pada kendaraan bermotor, bagian body kulit jeruk bisa saja nampak kusam, buram, bahkan banyak terdapat goresan. Hal seperti ini bisa membuat tampilan motor terlihat kurang menarik.

Agar tampilan body kulit jeruk kusam ini bisa menghilang, maka diperlukan adanya perawatan khusus. Tenang saja, tampilan body kulit jeruk bisa kembali mengkilap seperti baru tidaklah membutuhkan biaya cukup mahal. Kini terdapat cara alternatif yang cukup ampuh mengatasi body kulit jeruk yang terlihat memudar dan kusam.

Gunakan 4 Bahan Ini & Atasi Body Kulit Jeruk Kusam

Body kulit jeruk pada kendaraan yang Anda miliki memang bisa saja berubah warna menjadi pudar dan kusam karena berbagai faktor. Salah satunya karena terkena sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama.

Tampilan body kulit jeruk kusam bisa diatasi dengan mudah menggunakan bahan yang ada di sekitar Anda. Bahkan bahan ini selain mudah untuk didapatkan juga memiliki harga yang relatif terjangkau.

1. Menggunakan Mentega

Untuk mengatasi kusam yang ada pada body kulit jeruk bisa dengan menggunakan mentega. Mentega yang dioleskan pada bagian plastik kulit jeruk akan menimbulkan warna yang hitam pekat. Selain mentega, Anda juga bisa menggunakan baby oil. Cara menggunakannya cukup oleskan bahan tersebut di bagian kulit jeruk, kemudian gosok secara halus menggunakan kain.

Sayangnya bahan yang satu ini memiliki kelemahan, yaitu tidak bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Memang bisa membuat body kulit jeruk mengkilap dalam waktu singkat, namun efeknya tidak bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

2. Coba Menggunakan Semir Sepatu

Bahan selanjutnya yang bisa membuat tampilan body kulit jeruk mengkilap dan tidak terlihat kusam lagi adalah menggunakan semir sepatu. Semir sepatu ini memang efektif untuk membuat efek mengkilap pada benda yang sudah mulai memudar. Bahkan semir sepatu ini ini mampu membuat efek mengkilap meskipun terkena air atau saat dilap.

Anda bisa menggunakan semir sepatu ini untuk mengatas body kulit jeruk kusam. Semir sepatu ini juga sangatlah mudah untuk didapatkan dan Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak karena harganya yang tergolong murah.

3. Menggunakan Cairan Pengkilap

Agar tampilan body kulit jeruk bisa mengkilap dalam jangka waktu yang cukup lama. Maka Anda bisa menggunakan cairan pengkilap khusus. Cairan khusus ini memang bisa digunakan untuk mengembalikan warna yang telah memudar. Biasanya cairan ini bisa digunakan pada bagian plastik seperti pada dashboard mobil, body kulit jeruk dan lain sebagainya.

4. Dipanaskan

Siapa sangka, body kulit jeruk yang mulai kusam ini bisa kembali mengkilap jika dipanaskan. Tujuan dari dipanaskan ini adalah untuk memberikan efek kilap pada kulit jeruk. Efek ini bisa kembali muncul setelah sebelumnya memudar atau mengering dengan cara dipanaskan.

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Kerusakan Body Mobil, Karat dan Jamur Tidak akan Mampir!

Tentunya prosesnya pemanasan ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Anda bisa memanaskannya menggunakan heat gun atau hairdryer. Pastikan panas yang dihasilkan mencukupi dan tidaklah terlalu panas.

Beberapa hal di atas bisa Anda lakukan untuk mengatasi body kulit jeruk kusam. Pastikan untuk memilih jenis bahan yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Anda bisa mendapatkan informasi otomotif yang bermanfaat lainnya, caranya dengan mengunjungi website kami. Semoga ulasan ini bermanfaat.


Tag

Otomotif

Share This