Logo Daihatsu
Menu

Cara Mudah Setting Ganjil Genap di Google Maps

Tips & Trick

2020-12-29

cara setting ganjil genap di google maps

Demi meminimalisir kemacetan, kini beberapa kota besar di Indonesia telah menerapkan sistem ganjil genap pada jam dan ruas jalan tertentu. Hal ini tentunya akan membingungkan setiap pengendara kendaraan. 

Untuk itu, Google Maps saat ini membantu pengendara untuk mengetahui tempat manakah yang menerapkan ganjil genap. Berikut akan diulas cara setting ganjil genap di Google Maps.

1. Membuka Aplikasi Google Maps di Smartphone

Sebelum mengatur sistem ganjil genap, hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuka aplikasi Google Maps di smartphone

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi bawaan di setiap smartphone. Namun bila di ponsel pintar Anda tidak disediakan aplikasi satu ini, maka Anda bisa mengunduhnya melalui Play Store atau Apps Store.

2. Memasukkan Lokasi Tujuan dan Memilih Moda Transportasi

Sama halnya layaknya menggunakan Google Maps pada umumnya, masukkan tempat yang akan Anda tuju. Akan tetapi, sebelumnya pastikan terlebih dahulu bila sistem GPS pada smartphone Anda telah menyala. 

Hal ini berguna untuk menentukan lokasi Anda saat ini. Tatkala memasukkan alamat lokasi tujuan, Anda akan diberikan perkiraan nama yang sesuai.

Usai mencantumkan tujuan, Anda bisa mengklik tombol “Rute” pada menu bar sisi bawah. Cara setting ganjil genap di Google Maps selanjutnya yaitu memilih moda transportasi manakah yang akan Anda gunakan. 

Perlu Anda ketahui, jika di aplikasi Google Maps terdapat beberapa pilihan moda transportasi mulai dari mobil, motor, transportasi umum, berjalan kaki, serta kendaraan online.

3. Memasukkan Pengaturan Bagian Plat Nomor

Sebetulnya terdapat dua cara untuk mengatur ganjil genap pada Google Maps. Langkah yang pertama, yaitu terdapat di bagian bawah pilihan moda transportasi pada menu tulisan “Avoiding odd plate roads” atau “Avoiding even plate roads”. 

Bila Anda mengklik salah satunya, maka akan muncul pilihan ‘apakah pengguna akan menggunakan plat ganjil atau genap?’.

Kala hari ini tanggalnya ganjil dan Anda menggunakan kendaraan dengan nomor plat genap, maka Google Maps akan menunjukkan Anda rute terbaik menghindari jalanan yang menerapkan sistem ganjil genap. 

Begitupun sebaliknya. Cara setting ganjil genap di Google Maps yang kedua yaitu dengan memilih ikon tiga titik yang berada di sebelah menu “Your Location”.

Selanjutnya, klik “Route Option”. Setelah itu, akan muncul menu kotak pilihan antara “Anda memiliki pelat nomor genap” dan “Anda memiliki pelat nomor ganjil”. 

Pilih salah satu yang sesuai dengan nomor plat kendaraan Anda kemudian klik “Selesai”. Secara otomatis Google Maps, akan memberikan jalan terbaik untuk Anda lewati.

4. Memilih Jalur

Aplikasi Google Maps pula akan menunjukkan dua rute sekaligus untuk para pengguna kendaraan dengan plat genap yang keluar di tanggal ganjil, begitupun sebaliknya. di mana pengguna kendaraan akan melewati beberapa jalur terbaik yang telah dipilih oleh Google Maps. 

Cara setting ganjil genap di Google Maps yang terakhir ini bisa dimanfaatkan untuk menghindari ataupun melintasi sistem ini.

Aplikasi keluaran Google satu ini memang dimodifikasi guna membantu para pengguna kendaraan menemukan lintasan terbaik. 

Dengan diterapkannya sistem ganjil genap di beberapa kota di Indonesia, pihak Google Maps mengeluarkan pengaturan untuk mengetahui jalanan manakah yang menerapkan sistem tersebut.


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

7 Bagian Penting Mobil yang Harus di Periksa Sebelum Mudik

2020-08-22

Lebaran sebentar lagi tiba artinya musim mudik segera menyapa. Mudik selalu menjadi momen tak terlupakan, baik karena macetnya yang tak tertahankan maupun kegembiraan ya

thumbnail

Sempat Berjaya, Ini Sejarah Kerajaan Sriwijaya dari Awal

2021-03-31

Kerajaan Sriwiaya diduga berada di daerah pantai timur Sumatera. Kerajaan ini bahkan diperkirakan terletak di Palembang. Namun, beberapa orang juga ada yang berpendapat

thumbnail

7 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Pejuang Diet Wajib Tahu!

2021-02-16

Manfaat jahe merah untuk kesehatan adalah hal yang tentu tidak perlu diragukan lagi. Banyak sekali zat di dalam tanaman herbal itu yang bisa menyembuhkan keluhan kesehat

thumbnail

Mobil Baru atau Bekas, Mana yang Lebih Ekonomis?

2020-09-10

Pilih mobil bekas atau mobil baru? Apa saja yang harus Anda pertimbangkan supaya tidak rugi? Mungkin beberapa pertanyaan tadi menjadi dilema untuk Anda yang akan membeli