Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Cara Sedot Bensin Mobil dengan Selang, Aman dan Mudah!
16 Desember 2022
cara sedot bensin mobil dengan selang

Cara sedot bensin mobil dengan selang menjadi salah satu metode alternatif yang mudah ketika ingin menguras bensin di dalam tangki. Biasanya, hal ini dilakukan saat kendaraan lain memerlukan bensin tambahan atau tangki mobil harus dikuras karena salah mengisi bensin.

Tangki mobil sendiri merupakan sebuah komponen yang berguna sebagai tempat penampung bensin kendaraan. Bukan hanya itu, tangki mobil juga mempunyai fungsi sebagai pengolah bahan bakar sehingga bensin bias bekerja dengan optimal untuk menyalurkan energy ke mesin. 

Setiap mobil juga mempunyai kompresi berbeda-beda, oleh sebab itu bahan bakar yang dipergunakan juga akan berbeda sesuai spesifikasi kendaraan yang dimiliki. Tidak jarang, pemilik mobil keliru melakukan pengisian bahan bakar sehingga harus menguras bensin di tangki yang dimiliki. 

4 Cara Sedot Bensin Mobil dengan Selang

Apakah Anda memiliki masalah karena salah mengisi bensin atau yang lainnya? Berikut langkah yang dapat dilakukan untuk menyedot bensin menggunakan selang, antara lain:

1. Gunakan mobil hingga bensin berkurang

Cara sedot bensin mobil dengan selang yang pertama adalah, gunakan mobil hingga bensin berkurang banyak terlebih dulu. Cara ini dilakukan agar memperoleh ruang udara yang digunakan untuk mendorong bensin agar bisa keluar dari tangki. 

Namun bagaimana jika mobil keliru mengisi bensin? Jika mobil keliru mengisi bensin, hindari menggunakannya. Anda dapat memarkirkan mobil terlebih dulu sampai mesin mobil dingin baru melakukan proses penyedotan. 

2. Siapkan selang yang digunakan untuk menyedot bahan bakar

Agar proses penyedotan menjadi lebih mudah, Anda dapat membeli selang khusus. Selang penyedotan ini umumnya tersedia di toko suku cadang. Selain itu, pastikan jika selang yang digunakan tidak mudah terbakar. 

Seperti yang kita ketahui, bensin adalah bahan bakar yang sangat mudah terbakar. Jika pompa yang dibeli sudah tersedia dengan selang penyedot, Anda tidak perlu membeli selang lagi. Tetapi, bila hanya berupa pompa, Anda harus membeli selang tambahan agar dapat menyedot bensin. 

Baca Juga : Cara Membersihkan Filter Bensin dengan Mudah Agar Mesin Tak Mudah Rusak

3. Mulai masukkan selang dalam tangki

Jika peralatan untuk menyedot bensin sudah siap, cara sedot bensin mobil dengan selang berikutnya adalah memasukkan selang ke tangki. Bila mobil yang Anda miliki merupakan keluaran baru, proses penyedotan bensin akan cukup sulit. 

Umumnya, mobil keluaran baru sudah mempunyai bola pelindung logam. Tidak hanya itu, layarnya juga bisa mencegah bensin keluar saat kecelakaan. Sedangkan, mobil keluaran lama, Anda dapat melakukan proses ini dengan lebih mudah. 

4. Sedot menggunakan selang

Saat sudah masuk, Anda dapat menyiapkan wadah yang digunakan untuk menampung bensin kemudian memompa dengan menggunakan pompa yang sudah disediakan. Jangan lupa, pegang bagian ujung selang dengan baik, karena ketika bensin mengalir, selang dapat bergerak sendiri. 

Jika tidak memiliki pompa, Anda bisa menambahkan selang tambahan dengan ukuran lebih kecil agar dapat masuk ke sela tangki, kemudian meniupnya. Dengan meniup selang tambahan, Anda akan mendorong udara di dalam tangki dan bisa membuat bensin keluar dari selang lain.

Cara sedot bensin dengan selang ternyata sangat mudah bukan? Selain memperhatikan masalah tangki mobil, jangan lupa memperhatikan kondisi mobil mulai dari mesin hingga yang lainnya. Untuk mendukung performa mobil agar selalu maksimal, Anda dapat membawa mobil ke bengkel resmi Daihatsu terdekat. Di sini, mobil akan di service oleh mekanik berpengalaman, dan sparepart yang terjamin asli. 

Tidak hanya itu, Anda juga tidak perlu repot menunggu service lama, karena sebelumnya pelanggan dapat melakukan booking service secara online, kemudian datang sesuai dengan waktu perkiraan service. 

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor