Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Cara Tepat Poles Body Mobil Pakai Polisher
30 Desember 2021
poles body pakai polisher

Salah satu perawatan mobil yang kini sedang digemari oleh banyak orang adalah poles body pakai polisher. Dibandingkan pemolesan secara manual, teknik ini memang menjanjikan hasil yang lebih maksimal.

Hal ini dikarenakan polisher sudah dirancang sedemikian rupa untuk memoles mobil, agar tampak lebih kinclong seperti baru. Meski demikian, alat ini cukup berisiko, apabila Anda menggunakannya secara sembarangan.

Tutorial Cara Poles Body Pakai Polisher

Pasalnya, penggunaan polisher memang memerlukan kesabaran dan ketelitian tingkat tinggi, agar hasil maksimal. Jika Anda berniat untuk memoles mobil sendiri di rumah, silakan pelajari teknik pemolesan menggunakan polisher berikut ini:

Cuci Mobil

Mencuci mobil sebelum memolesnya merupakan hal yang wajib untuk dilakukan, karena sangat memengaruhi hasil akhir. Mobil yang kotor justru akan menimbulkan bercak atau bahkan baret pada bagian body.

Alangkah lebih baik lagi, bila Anda mencucinya menggunakan alat khusus. Tekanan tinggi pada alat tersebut akan membersihkan kotoran secara sempurna. Awas, jangan memakai sabun cuci piring atau bahkan sabun colek.

Keringkan Mobil

Setelah dicuci, keringkan menggunakan lap yang bersih dan menyerap air serta kotoran. Alih-alih menggunakan kanebo atau chamois, lap berbahan microfiber lebih disarankan, karena kecil kemungkinan merusak cat mobil.

Persiapkan Alat Poles Serta Wax

Untuk memoles mobil, tentu saja Anda harus mempersiapkan alat poles beserta wax. Bahan ini memang optional, tetapi wax akan membuat mobil tampak lebih mengkilap dan terlindungi dengan baik.

Poles Body Pakai Polisher

Bila mobil sudah bersih dan semua perlengkapan siap, kini Anda bisa menerapkan teknik pemolesan menggunakan polisher. Di pasaran ada beberapa jenis busa poles, seperti busa dengan kontur rata, bergelombang, tekstur agak keras, hingga berbulu.

Tahapan Polisher

Agar hasilnya semakin baik, Anda bisa memilih busa poles yang mempunyai kontur rata dan jangan terlalu keras. Selanjutnya, ikut step by step pemolesan body mobil di bawah ini:

  1. Oleskan obat poles ke atas body mobil. Apabila ingin hasil yang lebih baik, pilihlah obat poles yang tidak akan meninggalkan residu. Anda juga bisa menuangkan obat ini ke atas foam pad yang ada pada polisher.
  2. Segera gosok obat poles tersebut menggunakan polisher secara perlahan. Lakukan pemolesan secara memutar dan jangan terlalu ditekan. Penekanan yang berlebihan bisa membuat panel pada body mobil menjadi rusak.
  3. Anda bisa memulai pemolesan mulai dari bagian atas mobil, agar nantinya tidak meninggalkan jejak. Pastikan Anda melakukannya secara runut, sehingga hasil polesan tampak merata.
  4. Bersihkan bekas pemolesan menggunakan lap berbahan microfiber untuk menghilangkan jejak mesin maupun obat poles.
  5. Agar mobil tampil semakin tampan, Anda bisa mengulangi cara tersebut dengan memberikan wax. Ada banyak merek dan ukuran di pasaran, pilihlah yang aman serta tidak merusak cat mobil.
  6. Diamkan selama beberapa saat, lalu bersihkan kembali menggunakan lap berbahan microfiber.  

Cara ini merupakan teknik dasar dalam pemolesan mobil menggunakan polisher, sehingga Anda bisa praktik sendiri di rumah. Namun, apabila mobil ada goresan atau baret yang cukup parah, lebih baik serahkan kepada sang ahli.

Pasalnya, untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa teknik tambahan, seperti compound, finishing, hingga coating. Tahapan ini membutuhkan skill khusus, agar hasil polesan benar-benar tampak seperti baru.

Anda bisa mengunjungi link berikut untuk mendapatkan informasi pilihan, baik mengenai pembelian, suku cadang, maupun tips perawatan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuat janji untuk service mobil kesayangan.

Di tangan teknisi andal dan berpengalaman, mobil Anda akan selalu prima dan terawat. Tidak hanya poles body pakai polisher, tetapi masih banyak layanan lain yang bisa Anda nikmati. Semoga bermanfaat.

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor