Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Daftar Makanan Khas Indonesia yang Dibuat dari Jagung
03 Februari 2021
makanan khas jagung

Makanan khas Indonesia bisa dibuat dari apa saja, termasuk jagung. Makanan khas Indonesia yang dibuat dari jagung sendiri cukup banyak. Beberapa di antaranya ada yang dijadikan sebagai makanan pokok. Beberapa lainnya sudah ada yang mulai langka. Lantas, apa saja makanan khas Indonesia yang dibuat dari jagung?

Nasi Jagung

Bisa dibilang kalau makanan satu ini merupakan makanan berbahan jagung yang cukup populer. Beberapa daerah lazim menjadikannya sebagai makanan pokok sehari-hari. Masing-masing daerah punya nama tersendiri untuk makanan khas Indonesia ini. Misalnya saja di Madura. Di sana, nasi jagung lazim dikenal dengan nama Nasek Ampog.

Nasi Jagung sendiri lazimnya dibuat dari jagung tua rebus yang dipipil dan dihancurkan. Setelah itu, disajikan bersama dengan lauk dan sayur-sayuran.

Perkedel Jagung

Makanan satu ini juga tak kalah populer dengan makanan pertama. Makanan bernama lain bakwan jagung ini lazim dijadikan sebagai lauk pelengkap. Entah dalam nasi tumpeng maupun nasi warteg.

Perkedel jagung sendiri dibuat dari jagung parut yang dicampur dengan adonan perkedel. Adonan sendiri biasanya dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan telur dan bumbu-bumbu lainnya. Setelah itu, barulah digoreng hingga matang dan warnanya agak kecoklatan.

Jagung Susu Keju (Jasuke)

Kalau yang satu ini lazim dijadikan lazim dikenal sebagai salah satu jajanan populer saat ini. Sesuai namanya, makanan ini dibuat dari butiran rebus yang diberi taburan keju, serta diberi siraman susu kental manis. Makanan khas Indonesia ini bisa ditemukan di mana saja. Etah di pinggiran jalan ataupun di depan sekolah.

Tinutuan

Orang-orang mengenal makanan ini dengan sebutan Bubur Manado. Sesuai namanya, tampilan makanan ini memanglah seperti bubur umumnya. Adapun yang menjadi pembeda adalah warnanya yang agak kekuningan.

Tinutuan sendiri dibuat dari jagung manis yang dicampur dengan beras, labu kuning, serta berbagai macam sayuran. Semisal kangkung dan bayam. 

Beberapa potong ikan pun lazim ditambahkan pada makanan khas Indonesia ini, guna menambah cita rasanya. Tinutuan sangat cocok disantap sebagai menu sarapan.

Talam Jagung

Talam lazimnya dibuat dari tepung beras. Namun, tidak dengan sajian talam satu ini. Talam satu ini dibuat dari bahan dasar jagung yang dicampur dengan sejumlah bahan. Semisal santan, gula, garam, dan tepung hun kwe.

Makanan ini punya cita rasa yang manis dan sedikit gurih. Sayangnya, makanan ini sudah mulai jarang dijual, sehingga Sahabat agak sedikit kesulitan untuk menemukannya.

Grontol

Makanan bernama lain bledus ini juga tergolong sulit untuk ditemukan. Namun, Sahabat masih bisa membuatnya sendiri di rumah, lantaran cara membuatnya yang mudah.

Sahabat hanya perlu menaburkan butiran jagung dengan taburan kelapa, gula, dan garam. Zaman dahulu, makanan ini lazim dijual di pasar tradisional dan warung-warung dekat rumah.

Jagung Bose

Kalau Sahabat ke NTT, jangan lupa untuk menyantap makanan khas Indonesia ini. Makanan ini lazim dijadikan sajian untuk acara-acara besar di NTT. Namun, sajian ini juga bisa disantap oleh wisatawan, dan bahkan lazim dijadikan makanan sehari-hari.

Untuk menjadi sebuah jagung bose, jagung mesti dicampur dengan sejumlah bahan. Mulai dari kacang merah, kacang tanah, hingga santan kelapa.

Jagung bose tak hanya bisa disantap langsung. Tetapi, juga dengan sejumlah lauk-pauk. Adapun lauk-pauk yang lazim dipakai adalah sei sapi dan lawar ikan.

Lepet Jagung

Masih ada beberapa makanan berbahan jagung yang mulai langka. Lepet jagung adalah satu di antaranya. Makanan yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur ini lazimnya disantap bersama secangkir teh atau kopi.

Walau sudah jarang ditemukan, Sahabat masih bisa membuatnya sendiri di rumah. Hal ini tak lepas dari cara membuatnya yang tidak terlalu sulit.

Sahabat hanya perlu menyisir jagung, lalu menekannya dengan ulekan sampai air pada jagung keluar. Setelah itu, campur jagung tersebut dengan gula, kelapa, garam, maizena, vanili, dan tepung terigu. Campur jagung dan semua bahan itu hingga rata.

Binte Biluhuta

Kalau tinutuan adalah bubur berbahan dasar jagung, maka binte biluhuta adalah sup dengan jagung sebagai bahan dasar utama. Jagung pada binte biluhuta sendiri nantinya bakal dicampur bersama dengan udang dan bahan-bahan lainnya.

Ada tiga varian rasa yang tersedia dalam binte biluhuta. Asam, manis, dan asin adalah ketiganya. Makanan berbahan jagung ini konon bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Jika tertarik mencicipi lezatnya binte biluhuta, Sahabat bisa datang langsung ke Gorontalo.

Katumbu Gola

Selain tinutuan dan binte biluhuta, masih ada makanan berbahan jagung lainnya yang bisa ditemukan di tanah Sulawesi. Katumbu gola adalah makanan yang kami maksud. Makanan tersebut bisa ditemui di Sulawesi Utara, khususnya di Pulau Muna.

Cara membuat katumbu gola sendiri hampir mirip dengan lepet jagung. Bedanya, katumbu gola memakai gula merah, serta tidak memakai campuran vanili dan tepung terigu.

Di Pulau Muna, Katumbu Gola lazim disantap sebagai makanan pokok. Selain enak, makanan berbahan jagung itu juga kaya akan nutrisi. Mulai dari vitamin B1, serat, hingga vitamin B 5.

Jenang Jagung

Ini merupakan varian dari jenang yang lazimnya dibuat dari tepung ketan. Makanan ini lazim menjadi alternatif menu berbuka puasa. Selain kolak, es buah, dna gorengan. Jenang jagung dibuat dari jagung manis dan campuran dari berbagai bahan. Mulai dari bahan, vanili,. dan tepung maizena.

Nagasari Jagung

Jika Sahabat bosan dengan nagasari berisi pisang, makanan berbahan jagung ini sepertinya patut dicoba. Bahannya sendiri kurang lebih sama dengan bahan membuat nagasari. Hanya isinya saja yang berbeda, di mana nagasari jagung isiannya tentu saja adalah jagung.

Jagung Titie

Berbeda dengan makanan-makanan sebelumnya, makanan satu ini punya tekstur yang tergolong renyah. Tekstur makanan ini cukup mirip dengan emping, sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai emping jagung.

Jagung titie sendiri dibuat jagung pulut yang telah dipipil, lalu disangrai dan juga dititie. Jagung titie tersedia dalam berbagai varian rasa. Mulai dari asin hingga karamel. Jika tertarik untuk menyantap makanan ini, Sahabat bisa datang ke pulau Flores. Tak cuma cocok disantap langsung, makanan ini juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

Kena Kita

Flores tak hanya memiliki jagung titie saja. Ada satu makanan berbahan jagung lainnya yang jangan sampai terlewatkan. Kena kita adalah makanan yang kami maksud.

Kena kita lazim dipakai sebagai menu sarapan oleh orang-orang Flores. Makanan ini dibuat dari jagung yang dicampur dengan kacang merah, umbi-umbian, dan parutan kelapa.Tak jarang, tambahan cabai rawit juga lazim dimasukkan ke dalam kena kita.

Kena kita punya cita rasa yang gurih, manis, dan sedikit pedas. Bila ingin menyantap makanan ini, Sahabat bisa datang ke rumah warga setempat. Sebab, sajian ini tak bisa ditemukan di restoran, dan hanya lazim disajikan di rumah-rumah.

Indonesia rupanya punya banyak makanan khas berbahan dasar jagung. Beberapa di antaranya sudah disebutkan di atas. Dari sejumlah maknaan tersebut, mana yang pernah atau ingin Sahabat coba?

Penulis : Anggie Warsito

Tips Sahabat Lainnya
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku