Logo Daihatsu
Menu

Daihatsu Copen - Dari Sejarah hingga Ulasannya

Brand

2020-11-04

Daihatsu Copen warna merah

Daihatsu Copen merupakan salah satu mobil keluaran Daihatsu yang dikhususkan bagi kelas menengah ke atas. Dikatakan demikian karena mobil punya dimensi, bentuk, dan ukuran mungilnya yang cocok dipakai oleh mereka yang punya kocek berlebih.

Walau termasuk mobil menengah ke atas, harga mobil tidaklah terlampau tinggi. Sekitar Rp 500 juta ke bawah. Sahabat yang punya budget di bawah Rp 500 juta pun jadi bisa membeli salah satu mobil keluaran Daihatsu itu.

Sejarah Daihatsu Copen

Sebelum kita ulas seperti apa Daihatsu Copen itu, kami akan mengajak sahabat untuk mengenal sejarah Daihatsu Copen itu sendiri. Mobil 2 pintu keluaran Daihatsu ini mulanya dipamerkan di acara Tokyo Motor Show pada 1999. Saat itu, Copen masih dipamerkan dalam bentuk konsep. Adapun versi “jadi” mobil ini sendiri baru dipasarkan pada 2002.

Generasi Pertama (L880)

Versi “jadi” Daihatsu Copen tersebut merupakan generasi awal Copen yang bernama L880. Daihatsu Copen L880 sendiri memiliki ciri khas berupa bagian atapnya yang bisa dibuka, mesin berkapasitas 660 cc, serta kemudi yang berada di sebelah kiri.

Seiring dengan pangsa pasar yang semakin luas, Daihatsu Copen L880 pun mengalami sejumlah pengembangan. Mulai dari atapnya yang bisa dibuka sekaligus dilepas, mesinnya yang telah dilengkapi mesin non-turbo 1,3 L, hingga kemudi yang ditempatkan di kanan.

Pangsa pasar L880 sendiri tak hanya mencakup Jepang saja. Tetapi, juga sejumlah negara Eropa semacam Jerman dan Inggris. Khusus di negara terakhir, Copen edisi pertama itu pernah dipamerkan acara Top Gear. Bersanding dengan sejumlah mobil ternama semacam Mercedes Benz CLK, Citroen C3 Pluriel, dan Audi A4.

Pada 13 Januari 2011, Daihatsu memutuskan untuk menarik L880 dari pangsa pasar Eropa. Penguatan mata uang Yen dan tingkat penjualan L880 yang terus menurun adalah dua alasan yang melatarbelakanginya.

Setahun setelahnya, Daihatsu merilis 10th Anniversary Edition dari L880. L880 edisi khusus itu memiliki ciri khas berupa desain yang megah, serta plat dan pelapis kulit bertuliskan “10th Anniversary”. Perilisan edisi khusus L880 itu menjadi akhir dari era L880 itu sendiri.

Generasi Kedua (LA400)

Selepas L880, Daihatsu lantas merilis generasi kedua Copen bernama LA400. Sebelum resmi diedarkan ke pasaran pada 2014, Copen generasi terbaru itu terlebih dulu dipamerkan pada Tokyo Motor Show 2013.

Copen LA400 punya ciri khas dari struktur sasisnya yang berbasis monocoque. Struktur sasis bernama D-Frame itu memungkinkan sahabat untuk menata interior dan eksterior Copen LA400 sesuai selera.

Copen LA400 juga dilengkapi panel bodi yang terdiri atas 13 komponen terpisah. 11 diantara komponen tersebut bisa sahabat pakai untuk memodifikasi warna dan desain mobil Copen tersebut.

Copen LA400 sendiri nantinya akan dibuat dalam beberapa model, salah satunya adalah Copen Robe. Varian model Copen LA400 ini merupakan satu-satunya model Copen generasi kedua itu yang dipasarkan di Indonesia pada 2015 hingga 2019.

Harga Daihatsu Copen

Seperti yang sudah dibahas di paragraf pembuka, harga Daihatsu Copen adalah kisaran di bawah Rp 500 juta. Harga itu berlaku untuk semua jenis Daihatsu Copen. Baik yang lama maupun yang baru.

Daihatsu Copen A/T keluaran 2005 misalnya. Mobil yang termasuk generasi pertama Copen ini dijual dengan bandrol sekitar Rp 250 juta saja. Salah satu kelebihan mobil ini adalah mesinnya yang berupa turbo sebesar 650 cc.

Kalau mau contoh yang lebih baru, Daihatsu Copen 660 M/T barangkali bisa dijadikan contoh. Di pasaran, merk terbaru Daihatsu Copen ini bisa sahabat dapatkan dengan kocek mulai dari Rp 432 juta saja. 

Review Daihatsu Copen

Kini kita sampai ke puncak bahasan artikel kali ini. Sekarang, kami akan coba ulas seperti apa Daihatsu Copen ke para sahabat semua. Siapa tahu, sahabat jadi tertarik membeli Daihatsu Copen setelah menyimak review kami.

Ada beberapa aspek yang kami angkat dalam review ini. Interior dan eksterior, fitur, serta bahan bakar dan mesin adalah beberapa aspek yang dimaksud.

Interior dan Eksterior

Daihatsu Copen memiliki interior 2 warna yang sangat sporty, terutama di bagian kabinnya. Interior Copen juga dilengkapi kursi bucket seat yang nyaman dan dilapisi kain lapis berkualitas premium.

Tak cukup sampai di situ, Copen juga punya interior menarik dari berbagai sisis. Mulai dari dasbornya berbahan dasar plastik halus, hingga pegangan persneling dan stir mobil yang berlapis kulit.

Kesan sporty pada Daihatsu Copen tak hanya ditemukan pada interiornya saja. Eksterior mobil ini pun juga kental dengan nuansa sporty. Hal itu bisa sahabat lihat pada bagian depan mobil ini yang dilengkapi gril hitam heksagonal, serta logo Daihatsu di bagian tengahnya.

Bagian depan itu lantas dilengkapi dengan lampu depan berproyektor LED, serta lampu iluminasi berbasis LED.

Di bagian atas mobil, terdapat atap yang lunak dan dioperasikan secara elektronik. Atap itu bisa sahabat buka dan tutup dengan cara memencet sebuah tombol.

Baik generasi pertama maupun kedua, Daihatsu Copen selalu menawarkan varian warna beragam untuk eksteriornya. Adapun beberapa warna yang tersedia adalah Yellow Met, Glittering Silver, dan Liquid Silver Met.

Fitur

Salah satu fitur andalan dari Daihatsu Copen adalah audionya. Audio mobil ini sudah dilengkapi 2 DIN Radio AM/FM, konektivitas AUX, pemutar CD, serta bluetooth.

Fitur audio beserta kelengkapannya itu memungkinkan sahabat untuk menikmati sejumlah hiburan yang ada. Entah itu siaran radio, maupun sajian musik yang berasal dari CD. 

Sajian hiburan yang disajikan audio mobil ini semakin asyik untuk didengarkan, lantaran kehadiran 2 speaker di bagian depan dasbor Daihatsu Copen. Sepasang speaker itu dipercaya dapat menghasilkan suara yang nyaring, jernih, serta nyaman di telinga sahabat.

Bahan Bakar dan Mesin

Tidak perlu bahan bakar yang macam-macam untuk bisa menyalakan Daihatsu Copen. Mobil satu ini cukup diberi bensin saja untuk mengoperasikannya. Konsumsi bensin Daihatsu Copen sendiri terukur cukup baik. Rata-rata, konsumsi bensin mobil ini adalah 20 km/liter, dengan emisi CO2 mencapai 140g/km.

Bensin yang masuk ke Daihatsu Copen sendiri nantinya akan diolah oleh mesin mobil ini. Adapun mesin tersebut adalah 0.7-liter KF DOHC. Mesin yang telah dilengkapi Intercooler Turbocharged itu nantinya menghasilkan tenaga maksimum 64 PS/6400 RPM, serta torsi maksimum 92 Nm/3200 RPM. Mesin tersebut juga bisa menghasilkan kecepatan hingga 100 km/jam.

Meski ditujukan untuk kalangan menengah ke atas, Daihatsu Copen juga layak dibeli oleh sahabat dari kalangan menengah. Harga yang cukup terjangkau, interior dan eksterior yang sporty, serta penggunaan bahan bakar yang hemat adalah beberapa alasan diantaranya. So, jangan ragu untuk menjadikan Daihatsu Copen sebagai mobil idaman sahabat, ya!

Penulis: Anggie Warsito


Tag

Brand

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

GranMax Sahabat Bisnis Wirausahawan Muda

2020-11-25

Berwirausaha tidak harus menunggu pensiun, bukan? Bisnis yang dirintis sejak usia muda bakal membawa banyak manfaat bagi masa depan. Sekarang ini memang kesuksesan tak l

thumbnail

Inilah Kelebihan dan Keunggulan Daihatsu Xenia yang Perlu Diketahui

2021-08-31

Mobil Xenia yang menjadi keunggulan produk Daihatsu dikenal memiliki berbagai kelebihannya. Mobil Xenia banyak diminati oleh masyarakat karena banyak kelebihan yang dida

thumbnail

Alasan Mengapa Xenia Lebih Worth It Dibeli Dibanding Avanza

2021-10-28

Daihatsu Xenia, mobil sejuta umat yang dirilis pada tahun 2003 ini, tetap menjaga konsistensinya bagi masyarakat Indonesia.Selama perj

thumbnail

5 Desain Mobil Daihatsu Paling Outstanding, Pilih yang Mana?

2020-11-25

Memilih mobil itu tak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu ketelitian dan pemahaman terhadap banyak hal. Mulai dari kemampuan mesin, pemakaian bahan bakar, hingga t