Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Daihatsu Hi-Max, Mulai dari Spesifikasi hingga Harga
09 November 2020
daihatsu hi max

Daihatsu Hi-Max merupakan mobil pick up hasil produksi Daihatsu. Seperti halnya mobil pick up lainnya, mobil satu ini juga punya spesifikasi, kelebihan, dan juga kekurangan.

Pada artikel ini, semua aspek itu akan kami bahas secara mendalam. Tak hanya aspek-aspek itu, kami juga akan memberitahu berapa harga dari Hi-Max. Entah yang baru maupun bekas.

Siapa tahu, Sahabat membutuhkannya saat memutuskan membeli mobil pick up tersebut. Tak perlu berlama-lama lagi, simak saja ulasan lengkapnya di bawah ini!

Spesifikasi Daihatsu Hi-Max

Kita bahas dulu seperti apa spesifikasi dari Daihatsu Hi-Max itu sendiri. Untuk spesifikasi Daihatsu Hi-Max, kamu akan membahas beberapa aspek. Interior dan eksterior, performa mesin, serta sistem pengendalian adalah yang kami maksud.

Interior dan Eksterior

Daihatsu Hi-Max adalah mobil pick up yang lebih fokus kepada fungsi dibanding estetika. Maka tidak mengherankan, jika interior dan eksterior mobil ini tidaklah terlalu megah dan menarik.

Untuk interior, Hi-Max memiliki dasbor sederhana dengan warna hitam sebagai warna utama. Selain untuk memberi warna, warna hitam pada dasbor itu juga bikin dasbornya tidak terlihat kotor. Sekalipun dasbornya telah terkena debu.

Dasbor itu dilengkapi dengan fasilitas audio yang cocok untuk mendengarkan radio dan musik dari MP3. Ada pula speedometer dengan indikator bensin berbasis digital yang terletak pada lingkar kemudi mobil. Interior Daihatsu Hi-Max juga dilengkapi AC dalam salah satu variannya.

Eksteriornya pun juga tergolong sederhana. Hanya terdiri atas grille dengan desain futuristik, serta dua lampu halogen di bagian depan mobil. Saat ini, eksterior Daihatsu Hi-Max terdiri atas dua warna. Ultra Black dan Icy White adalah keduanya.

Performa Mesin

Mesin yang dimiliki Hi-Max kurang lebih sama dengan Ayla. Adapun mesin tersebut adalah mesin 1000 cc dengan tiga silinder, serta 12 katup. Mesin berbahan bensin memiliki performa berupa tenaga maksimum 57 Ps/5.000 rpm, serta daya puntir maksimum 85 Nm/4.000 rpm.

Sistem Pengendalian

Sistem pengendalian pada Daihatsu Hi-Max terbagi atas tiga macam sistem. Sistem suspensi, sistem rem, dan sistem kemudi adalah ketiganya. Masing-masing sistem itu terbentuk dari sejumlah elemen.

Sistem suspensi pada Hi-Max terbentuk atas dua komponen. MacPherson pada roda bagian depan, serta figid-axle dan per daun di bagian belakang.

Sistem rem terdiri atas cakram ventilasi dengan booster pada roda depan, serta rem jenis tromol di bagian belakang. Sistem rem pada Hi-Max juga dilengkapi rem parkir yang mengandalkan pergerakan mekanis pada roda belakang.

Untuk sistem kemudi, Hi-Max memakai rack and pinion sebagai andalannya. Sistem itu dipadukan dengan electric power steering yang bikin Hi-Max bisa dikendarai dengan ringan.

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Hi-Max

Setiap sesuatu pasti ada lebih dan kurangnya. Hal itu juga berlaku untuk Daihatsu Hi-Max. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan Daihatsu Hi-Max, Sahabat akan tahu seperti apa kapasitas mobil pick up tersebut. Sahabat juga jadi lebih paham, apakah mobil tersebut betul-betul sesuai kebutuhan atau tidak.

Kelebihan

Kita bahas dulu apa saja kelebihan Daihatsu Hi-Max. Ada empat kelebihan dari mobil pick up tersebut. Keempatnya adalah:

Harga yang Terjangkau

Kalau Sahabat mau mobil pick up yang terjangkau, Daihatsu Hi-Max adalah pilihan tepat. Mobil pick up keluaran Daihatsu itu punya harga yang cukup terjangkau bagi siapa saja. Terlepas apakah itu mobil baru ataupun bekas. Untuk detail harganya, akan kami bahas nanti.

Dilengkapi AC dan Power Steering

Saat ini, Daihatsu Hi-Max sudah menyediakan AC sebagai salah satu fitur andalan. Kehadiran Ac itu bikin Sahabat bisa tetap adem, walau tengah berkendara dalam cuaca panas.

Kehadiran AC juga bisa membantu Sahabat untuk menghilangkan kabut pada kaca mobil. Terutama, jika mobil terkena hujan.

Power steering adalah fitur lainnya yang bikin Hi-Max punya kelebihan tersendiri. Fitur itu bikin Sahabat berkendara dengan nyaman. Terlepas apapun kondisi jalan yang dilalui.

Dapat Dipakai untuk Mengangkut Berbagai Macam Barang

Kelebihan selanjutnya yang ada pada Hi-Max adalah kemampuannya yang mampu mengangkut berbagai macam barang. Hal ini tentu menjadi kabar baik buat Sahabat yang mau mengangkut berbagai barang dengan mobil pick up.

Kelebihan tersebut tak lepas dari dimensi baknya yang tergolong besar. Dimensi bak Daihatsu Hi-Max sendiri memiliki panjang 1.935 mm, lebar 1.395 mm, serta tinggi 285 mm.

Irit Bahan Bakar

Selain mampu mengangkut berbagai barang, Daihatsu Hi-Max juga irit bahan bakar. Hal itu tak lepas dari kehadiran Fuel Injection yang ada pada mesin mobil ini.

Walau irit bahan bakar, mobil ini masih bisa membantu Sahabat membawa dan mengantarkan barang-barang Sahabat. Hal itu tak lepas dari performa mesinnya yang cukup tinggi.

Kekurangan

Kini kita masuk ke aspek kekurangan. Setidaknya ada tiga kekurangan yang dimiliki oleh Daihatsu Hi-Max. Ketiganya adalah:

Interior dan Eksterior yang Biasa Saja

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, kalau Daihatsu Hi-Max lebih menonjolkan segi fungsi daripada estetikanya. Hal itu bikin interior dan eksteriornya tampak biasa saja.  

Bahkan, pada bagian interior, material yang dipakai masih tergolong standar. Bila dibandingkan dengan material interior pada mobil pick up lainnya. Sahabat yang menginginkan mobil pick up yang lebih modern dan good looking sepertinya kurang cocok dengan mobil satu ini.

Fiturnya yang Masih Kurang Lengkap

Walau sudah punya beberapa fitur unggulan, tetap saja kalau fitur-fitur pada Daihatsu Hi-Max kurang lengkap. Apalagi, jika dibandingkan dengan mobil pick up keluaran terbaru. Hal itu bikin mobil ini terkesan agak “tertinggal” dibanding mobil pick up lainnya.

Harga Jualnya yang Anjlok

Dua kekurangan yang kami sebutkan rupanya turut mempengaruhi harga jual mobil ini. Saat dipasarkan, mobil Daihatsu Hi-Max akan lebih kecil, dibanding harga belinya.

Kekurangan ini ibarat pisau bermata dua. Satu sisi, akan merugikan Sahabat saat hendak menjual mobil ini ke pasaran. Di sisi lainnya, bakal menguntukan orang yang hendak membeli mobil ini dalam keadaan bekas. Mengingat harganya yang begitu murah.

Harga Daihatsu Hi-Max (Baru dan Bekas)

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, kami akan memaparkan harga dari Daihatsu Hi-Max. Baik yang baru maupun yang sudah bekas.

Untuk yang baru, harga Daihatsu Hi-Max bisa mencapai Rp 107 juta hingga Rp 117 juta. Bila sudah berstatus bekas, harga jual mobil ini akan mengalami keanjlokan. Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya.

Di pasaran, mobil Daihatsu Hi-Max yang sudah bekas akan dijual dengan harga Rp 59 juta - Rp 102 juta. Harga itu sangat tergantung dari lokasi dan kondisi mobil tersebut.

Demikianlah pembahasan soal Daihatsu Hi-Max. Mulai dari spesifikasi hingga harganya. Semoga bermanfaat untuk Sahabat sekalian. Entah itu untuk menambah wawasan, ataupun menjadi bahan pertimbangan untuk Sahabat yang tertarik membeli Daihatsu Hi-Max.

Penulis: Anggie Warsito

Tips Sahabat Lainnya
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku