Logo Daihatsu
Menu

Daihatsu Taft - Spesifikasi, Harga dan Variannya

Otomotif

2020-11-10

Daihatsu Taft

Daihatsu Taft adalah mobil 4WD buatan Daihatsu yang diproduksi pada 1974 hingga 2007. Di beberapa negara, mobil satu ini punya nama-nama berbeda. Rugger, Scat, dan Wildcat adalah tiga di antaranya.

Selama diproduksi, mobil ini sudah menghasilkan sejumlah tipe. Salah satunya F10 yang pertama kali dijual pada 1976. Selain tipe, Daihatsu Taft juga menyediakan berbagai macam varian yang tersedia di pasaran.

Pada artikel ini, kami akan coba paparkan empat di antaranya, yakni Taft Reborn, Rocky, Hiline, dan F50. Keempatnya akan kami bahas secara detail pada artikel ini. Adapun pembahasan itu bisa Sahabat simak di bawah ini!

Taft Reborn

Bisa dibilang kalau ini adalah varian Daihatsu Taft yang tergolong baru. Dirilis pada Januari kemarin, mobil satu ini punya spesifikasi menarik di dalamnya. Ada tiga macam tipe dari varian Daihatsu Taft ini. Tipe X, Tipe G, dan Tipe G Turbo adalah ketiganya.

Tipe X

Ini merupakan tipe terendah yang dimiliki Daihatsu Taft. Ciri khas tipe ini adalah adanya roda 2WD dan 4WD yang sederhana. Ciri khas lainnya yang terdapat pada mobil ini adalah bagian dasbornya yang berbalut aksen berwarna oranye.

Di sektor mesin, tipe ini memakai mesin 658 cc 3 silinder yang berbasis DOHC. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga maksimum 51 dk/6.900 rpm, serta torsi maksimum 60 Nm. Harga satu unit mobil ini dibanderol dengan harga Rp 186,7 juta.

Tipe G

Kalau yang satu ini merupakan tipe menengah dari Daihatsu Taft Reborn. Jenis ban dan mesin pada tipe ini tidak beda jauh dengan Tipe X. Harganya pun juga sama, yaitu sekitar Rp 186,7 juta saja. Adapun pembeda tipe ini dari tipe sebelumnya adalah adanya alumunium velg 15 inci, serta rem berbasis ABS.

Tipe G Turbo

Ini adalah tipe tertinggi pada Daihatsu Taft Reborn. Dibanding dua tipe sebelumnya, tipe ini memiliki fitur yang lebih beragam. Eco idle, panoramic monitor, smart panoramic parking assist, lane departuring warning, dan roadside deviation warning adalah beberapa di antaranya.

Letak pembeda lainnya adalah pada sektor mesin. Pada tipe ini, mesin yang dipakai adalah 658 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 63 dk/6.400 rpm, serta torsi maksimum 100 Nm. Di pasaran, tipe tertinggi Daihatsu Taft Reborn ini dibanderol dengan harga Rp 239 juta.

Taft Rocky

Daihatsu Taft Rocky yang kami bahas di sini adalah versi terbarunya. Bukan versi lawas yang pernah dijual di era 1980 - 1990. Dibanding versi lama, versi terbarunya memiliki spesifikasi yang lebih menarik, serta bentuk yang lebih mungil. Di pasaran, mobil ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 200 juta - Rp 276 juta. Tergantung dari tipe mobil itu sendiri.

Interior Taft Rocky

Mari kita bahas seperti apa bagian dalam dari Taft Rocky. Secara keseluruhan, interior dari varian Taft ini punya konsep futuristik, sederhana, serta didominasi oleh warna abu-abu.

Bagian kabin mobil ini telah dilengkapi head floating di bagian tengah, serta tuas transmisi. Tuas transmisi pada Taft Rocky sendiri cukup unik.  

Dikatakan unik lantaran walau berada di tengah kabin, tuasnya agak sedikit diposisikan ke tengah. Bagian kabin Taft Rocky juga dilengkapi setir yang memiliki beragam tombol.

Tak seperti Taft Rocky edisi lawas, bagasi pada Taft Rocky terbaru tidak memiliki ban serep sama sekali. Hal itu menjadikan bagasinya cenderung luas, sehingga bisa dimasukkan barang berjumlah banyak.

Eksterior Taft Rocky

Tak seperti pendahulunya, eksterior Taft Rocky terbaru tampak lebih imut. Ini tak lepas dari bentuknya yang kini jauh lebih mungil. Eksterior Taft Rocky sendiri sekilas mirip dengan eksterior Daihatsu Terios. Bedanya, Taft Rocky memiliki skirt berkelir hitam di sekelilingnya.

Taft Rocky juga memiliki velg berukuran 17 inci yang dipasang pada ban berukuran 195/60. Ada pula grill besar bergaris horizontal dan berwarna hitam glossy di bagian kelirnya.

Taft Hiline

Bisa dibilang kalau ini salah satu varian Taft paling langka yang ada di Indonesia, bahkan dunia. Pasalnya, Taft Hiline merupakan satu-satunya varian Taft yang memiliki varian 4x2.

Mobil bernama lain F69 ini memiliki 3 varian wheelbase. Ketiganya adalah Hiline GTS short-wheelbase, Hiline GTL long-wheelbase, serta Hiline GTX medium-wheelbase.  

Mesin dari Taft Hiline beserta variannya sama seperti mesin pada mobil Taft umumnya. Perbedaannya adalah hanya pada sistem penggerak rodanya saja. Sistem penggerak roda pada Hiline umumnya memakai penggerak roda belakang saja. Kecuali, Hiline GTL dan GTS yang memakai sistem penggerak 4 roda.

Taft F50

Kalau yang satu ini merupakan bagian dari generasi pertama Daihatsu Taft. Mobil yang disebut juga sebagai Taft Kebo ini memiliki tak hanya dipakai sebagai mobil pribadi. Tetapi, juga pernah dipakai sebagai kendaraan dinas pemerintahan Indonesia di masa lalu.

Varian Daihatsu Taft ini memakai mesin Diesel DG 2.500 cc. Mesin ini memiliki tenaga maksimum 60 Hp, serta torsi maksimum 146 Nm. Mesin itu bikin  F50 menjadi mobil yang tangguh, irit, serta tahan bila diberi solar busuk.

Selepas 1985, mobil satu ini sudah tidak diproduksi lagi. Kini, Taft F50 dikembangkan menjadi varian-varian lain dari Daihatsu Taft. Salah satunya adalah Daihatsu Taft Rocky yang sudah kami bahas sebelumnya.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Hendak Membeli Daihatsu Taft

Sebelum artikel ini ditutup, kami mau memberi tahu Sahabat soal hal-hal yang harus Sahabat perhatikan. Terutama, saat hendak membeli Daihatsu Taft, apapun variannya. Hal-hal yang akan kami sampaikan ini patut diperhatikan, terutama bila Sahabat membeli Daihatsu Taft edisi lawas atau yang sudah bekas. Hal-hal yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Mesin

Mesin adalah komponen utama dalam sebuah mobil, termasuk Daihatsu Taft. Saat membeli mobil ini, pastikan mesinnya tidak memiliki suara terlalu bising, memiliki getaran terlalu kuat, serta mengeluarkan asap hitam. Kalau tiga hal itu yang terjadi, berarti mobil Taft yang hendak Sahabat beli punya mesin yang bermasalah.

Kaki-Kaki Mobil

Sering kali ditemukan Daihatsu Taft bekas yang memiliki kaki-kaki miring sebelah. Untuk membuktikan apakah kaki-kakinya seimbang atau miring sebelah, Sahabat bisa mengujinya di jalanan yang lurus dan rata. Perhatikanlah apakah kaki-kaki pada bagian kanan dan kiri seimbang, atau malah sebaliknya.

STNK dan BPKP

Dua hal ini tentu patut diperhatikan kala membeli mobil jenis apa pun. Termasuk Daihatsu Taft tentunya. Pastikan nomor mesin dan rangka pada mobil sama dengan yang tertera di STNK dan BPKB. Pastikan pula kalau dua surat itu ditulis atas nama pemilik asli si mobil.

Demikianlah pembahasan Daihatsu Taft beserta varian-variannya. Semoga bisa bikin Sahabat mengenal salah satu jenis mobil keluaran Daihatsu.

Penulis: Anggie Warsito

 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Alasan Kurang Disarankan Mengeringkan Body Mobil dengan Chamois

2022-05-27

Bahannya yang terbuat dari karet tersebut, membuat banyak dari Anda yang berspekulasi bahwa keringkan body mobil pakai chamois dapat membersihkan dengan

thumbnail

Apa itu Chasis Mobil? Berikut Komponen dan Fungsinya

2022-08-24

Mobil menjadi sebuah kendaraan yang sekarang ini banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Tetapi, apakah pengendara mengenal komponen yang berada di dalamnya? Sedikit sekali yang mengenal salah s

thumbnail

Plat DK Daerah Mana? Temukan Jawabannya di Sini!

2024-02-22

Plat DK daerah mana? Apakah Anda sudah mengetahui daerah asalnya? Jika belum, mari temukan jawabannya dengan memperhatikan ulasan berikut. Pla