Logo Daihatsu
Menu

Dampak Buruk Ganti Velg Ukuran Lebih Besar pada Shockbreaker

Otomotif

2022-04-23

efek ganti velg ukuran lebih besar pada shockbreaker

Bagi pecinta mobil, biasanya sering mengganti velg mobil pabrikan menggunakan velg aftermarket. Ini memang sering terjadi karena sudah menjadi trend modifikasi. Tentunya bertujuan agar tampilan mobil bisa semakin gahar dan menarik. Sebagian besar masyarakat lebih tertarik untuk mengganti velg dan ban berukuran yang lebih besar.

Namun tahukah Anda bahwa terdapat efek ganti velg ukuran lebih besar pada shockbreaker dapat mengakibatkan dampak buruk? Hal ini bisa terjadi karena perbedaan ukuran velg yang tidak sesuai sebagaimana semestinya.

Yuk, ketahui infonya pada artikel berikut ini!

Efek Ganti Velg Ukuran Lebih Besar Pada Shockbreaker

Mengganti velg dengan ring yang lebih besar harus Anda pertimbangkan dengan baik. Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena mengganti velg. Apalagi perbedaan ukuran ini velg seperti bisa menimbulkan dampak yang cukup buruk. Ingin tahu apa saja dampak buruknya? Simak ulasan yang ada di bawah ini.

1. Bahan Bakar Menjadi Lebih Boros

Dampak buruk pertama yang bisa saja terjadi pada mobil Anda adalah bahan bakar menjadi lebih boros dibandingkan sebelum velg diganti. Kondisi seperti ini bisa terjadi karena velg yang memiliki ukuran lebih besar memiliki bobot yang juga lebih berat. Hal inilah yang menjadikan daya cengkram terhadap jalan bisa semakin luas.

Akibatnya konsumsi bahan bakar pada mobil Anda bisa semakin meningkat. Selain itu bobot yang berat dan juga daya cengkramnya semakin kuat membuat mesin membutuhkan tenaga ekstra saat melaju. Tentu saja tenaga ekstra yang dikeluarkan ini dapat menambah konsumsi bahan bakar dna menjadi lebih boros.

2. Power Steering Lebih Cepat Rusak

Efek buruk selanjutnya terjadi pada komponen power steering yang bisa menjadi lebih cepat rusak, terutama yang menggunakan Electric Power Steering (EPS).  Beban roda dan velg yang berat seperti ini akan membuat power steering bekerja lebih berat. Hal ini juga mengakibatkan penurunan usia power steering.

3. Suspensi Menjadi Cepat Rusak

Mobil dengan velg yang ukurannya lebih besar sangatlah cocok jika digunakan pada jalan aspal yang rata dan mulus. Hal tersebut menjadikan beban kendaraan pada komponen suspensi menjadi tidak berlebihan. Namun saat mengendarai mobil, pastinya Anda tidak bisa menjamin melewati jalan yang rata dan mulus secara terus menerus bukan?

Tidak jarang juga melintasi permukaan yang kurang rata dan berlubang. Akibatnya beban suspensi semakin meningkat dibandingkan saat menggunakan velg dengan ukuran standar. Tentunya hal ini berdampak pada suspensi mobil Anda menjadi lebih cepat rusak.

4. Umur Ban Menjadi Lebih Pendek

Gesekan pada roda pada jalan dan juga dinding ban yang lebih tipis dapat membuat usia pemakaiannya menjadi lebih singkat. Hal ini tentunya dapat menjadikan Anda lebih banyak mengeluarkan uang banyak dampak buruknya.

5. Potensi Keakuratan Fitur Safety Menurun

Ternyata fitur keselamatan yang berkaitan dengan pengukuran jarak dan kecepatan juga terdapat pengaruh buruk tertentu. Pada rem ABS, EBD, Traction Control bisa saja merespon tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Tentunya hal ini akan sangat membahayakan saat Anda mengendarai mobil.

Beberapa dampak buruk efek ganti velg ukuran lebih besar shockbreaker ini harus Anda ketahui. Pertimbangkan terlebih dahulu dampaknya sebelum Anda melakukan hal ini. Semoga adanya ulasan ini bisa bermanfaat untuk Anda.  Jangan lupa juga kunjungi laman resmi Daihatsu untuk mendapatkan berbagai informasi yang tidak kalah menarik lainnya.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengenal Apa Saja Spare Part Mobil yang Wajib Diganti Secara Rutin

2022-04-23

Setiap pemilik mobil memiliki kewajiban untuk merawat kendaraannya agar tetap prima, terutama jika Anda mengandalkannya untuk menunjang aktivitas harian.  

thumbnail

Mengenal Pengertian dan Fungsi Fungsi Throttle Position Sensor

2022-04-23

Bagi Anda pengguna kendaraan bermotor dengan tipe injeksi, pernahkan mendengar istilah TPS atau throttle position sensor? Ternyata bagian ini cukup penting untuk

thumbnail

Rekomendasi Oli Mobil yang Bagus untuk Dipakai

2022-04-23

Oli mobil yang bagus adalah salah satu kebutuhan penting. Utamanya, bagi Sahabat yang sudah punya mobil.

thumbnail

Berapa Denda Jika Tidak Pakai Sabuk Pengaman Mobil?

2022-04-23

Pengemudi kendaraan roda 4 atau lebih wajib menggunakan sabuk pengaman. Jika tidak mereka akan mendapatkan sanksi dan denda tidak pakai sabuk pengaman mobil.Sudah umum jika