Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Dampak Menahan Lapar Saat Macet
30 Oktober 2018
menahan lapar

Hidup di kota-kota besar membuat kamu terpaksa harus menghadapi macetnya jalanan setiap hari. Jika sudah macet, perasaan bosan dan kesal tentu akan muncul dengan sendirinya. Apalagi kalau perut terasa lapar.

Sahabat pernah nggak mengalami kejebak macet dalam kondisi perut yang super lapar? Pasti menyiksa, kan, Sahabat. Apalagi jika di sekeliling jalan tidak ada penjual makanan yang dapat mengatasi rasa lapar di perut.

Nah, sebetulnya menahan lapar untuk alasan apapun dapat berdampak buruk bagi kesehatan, loh, Sahabat. Termasuk menahan lapar dalam kondisi sedang terjebak macet.

Dampak Menahan Lapar

Berikut adalah dampak buruk menahan lapar bagi kesehatan tubuh : 

1. Kekurangan Nutrisi Penting

Terlalu lama menahan lapar tentu dapat membuat tubuh kamu kekurangan nutrisi penting. Nutrisi tersebut berfungsi untuk memberikan energi bagi tubuh. Selain itu, nutrisi tersebut juga berfungsi untuk menjaga kelangsungan organ-organ yang ada di dalam tubuh supaya bisa bekerja secara optimal.

Tubuh yang tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup akan berdampak bagi proses metabolisme. Jika selama 4 jam tubuh tidak mendapat asupan makanan, tubuh akan menggunakan cadangan glukosa untuk membantu daya fungsi otak.

Kemudian, jika selama 8 jam tubuh tidak mendapat asupan makanan, tubuh akan menggunakan glikogen yang disimpan di hati untuk mengekstrak energi. Proses tersebut dinamakan glikogenolisis yang mengubah glikogen menjadi glukosa.

Lebih parahnya lagi, jika selama 12 jam tubuh tidak mendapat asupan makanan, tubuh akan menggunakan glikogen yang disimpan di otot. Tubuh juga akan menggunakan lemak yang tersimpan. Nah, jadi kebayang kan dampaknya bagi metabolisme tubuh kamu.

Jika kebiasaan menahan lapar ini dilakukan setiap hari maka akan menimbulkan konsekuensi yang lebih serius lagi bagi tubuh, seperti kelemahan otot, ketidakseimbangan elektrolit, sembelit, mudah merasa dingin, perubahan tekanan darah, menurunnya sistem kekebalan tubuh, detak jantung yang tidak teratur, hingga gagal ginjal.

2. Berdampak terhadap Kondisi Emosional

Selain berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh, menahan lapar dalam jangka waktu yang cukup lama juga akan berdampak pada kondisi emosional dan fungsi kognitif kamu.

Umumnya, kamu akan mudah merasa kelelahan, pusing, dan mengantuk. Selain itu, rambutmu akan mudah rontok dan kulit pun akan menjadi cepat kering.

Jika kamu merasakan menahan lapar setiap hari, kamu akan menjadi lebih sensitif, mudah marah, depresi, dan menimbulkan kegelisahan yang terus mengganggu. Jika hal tersebut dibiarkan, bisa mengakibatkan masalah mental yang lebih serius seperti kehilangan emosi dan rusaknya kemampuan kognitif.

Menyeramkan, ya, Sahabat. Jangan sampai dampak-dampak buruk tersebut terjadi pada diri kamu. Nah supaya kamu tidak merasakan dampak akibat menahan lapar saat macet, kamu dapat melakukan dua hal ini.

Pertama, sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang mengenyangkan. Setidaknya, makanan yang dapat membuat kamu tidak merasa lapar dalam waktu dua sampai empat jam ke depan.

Kedua, selalu sediakan makanan ringan seperti roti atau biskuit di dalam mobil. Hal ini untuk mengantisipasi kalau-kalau kamu merasa lapar saat sedang terjebak macet.

Macet memang bisa diprediksi. Apalagi kalau kamu rutin menghadapinya di waktu pergi dan pulang beraktivitas. Namun, bisa saja kamu melewati jalanan macet yang sebelumnya kamu anggap tidak akan macet. Kondisi seperti itu bisa saja terjadi kapan pun sebab banyak sekali hal yang bisa menyebabkan jalanan macet.

Jangan biarkan tubuhmu dan kondisi emosional kamu turut menjadi korban akibat lapar saat macet, ya, Sahabat.

Baca juga : Tips Hidup Sehat dalam Segala Kondisi

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku