Logo Daihatsu
Menu

Data Pelanggaran Lalu Lintas 2020: Jumlahnya Terus Menurun

Otomotif

2020-12-03

data statistik pelanggaran lalu lintas di indonesia

Pelanggaran lalu lintas merupakan bentuk perbuatan yang melanggar aturan atau tindak pidana yang bersifat ringan. Meski begitu, dampak akibat pelanggaran lalu lintas cukup besar, paling nyata adalah menimbulkan kecelakaan lalu lintas. 

Dampak tersebut tak cuma merugikan diri sendiri, tapi juga pengendara lain. Padahal pemerintah sudah memberikan aturan untuk membuat situasi lalu lintas berjalan kondusif. Tapi masih ada saja yang tidak mengindahkan aturan tersebut. 

Beberapa pelanggaran lalu lintas yang masih terjadi antara lain: 

1. Menerobos lampu merah 

2. Atribut berkendara tidak lengkap 

3. Tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan kelengkapan kendaraan

4. Melawan arus 

5. Melanggar rambu-rambu lalu lintas

6. Melewati jalur busway

7. Kendaraan tidak sesuai standar keselamatan

8. Berkendara melewati trotoar

9. Membawa muatan berlebih 

10. Melewati batas kecepatan 

Berbagai upaya dalam mengatasi pelanggaran lalu lintas dilakukan oleh pihak kepolisian juga sering dilakukan. Misalnya melakukan sosialisasi berkala, memberlakukan sistem tilang, mengawasi lewat CCTV hingga berbagai jenis operasi patuh untuk menindak para pelanggar. 

Cara-cara tersebut dinilai efektif dalam mengurangi angka pelanggaran lalu lintas. Berdasarkan data yang dihimpun melalui situs NTMC Polri, ada penurunan yang cukup siginikan pada jumlah pelanggar lalu lintas di tahun 2020 khususnya saat Operasi Patuh Jaya. Berikut pemaparan selengkapnya. 

Operasi Patuh Jaya 2020 

Operasi Patuh Jaya merupakan agenda rutin dari kepolisian untuk mengurangi angka pelanggaran lalu lintas dalam periode PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Tahun ini digelar serentak di seluruh Indonesia selama dua minggu mulai dari 23 Juli hingga 5 Agustus 2020. 

Dalam operasi ini, Korlantas sudah memetakan kawasan dengan jumlah pelanggaran lalu lintas tertinggi di Indonesia. Tercatat tingkat pelanggaran lalu lintas paling dominan di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, kemudian Jawa Barat. 

Jenis pelanggaran lalu lintas di setiap daerah juga berbeda-beda. Oleh karena itu Operasi Patuh menerapkan sistem tematik dengan memilih lima pelanggaran paling dominan di setiap wilayah. Seperti melawan arus lalu lintas, melanggar marka garis stop (stop line), penumpang dan pengemudi tidak menggunakan helm SNI, melintas di bahu jalan tol hingga menggunakan rotator dan sirine tidak sesuai ketentuan.

Ada pun beberapa sanksi bagi pelanggar lalu lintas juga mengedepankan langkah preemtif, preventif, dan humanis berupa teguran sampai penilangan. Bagi pengendara yang masih bandel, maka diberikan penegakkan hukum sesuai aturan yang berlaku.

Melalui Operasi Patuh Jaya 2020, ada kabar gembira selama operasi berjalan yaitu tingkat pelanggaran menurun 48 persen dari tahun lalu. 

Selama dua minggu, pihak kepolisian telah menindak 548.797 pelanggar lalu lintas. Angka tersebut menurun drastis karena pada 2019 tercatat sebanyak 1.060.606 pelanggar. 

Pengendara sepeda motor paling banyak melanggar lalu lintas 

Jenis kendaraan yang paling banyak melakukan pelanggaran dalam Operasi Patuh 2020 adalah pengendara sepeda motor. Tercatat jumlahnya sekira 175.839 pelanggar. Namun jika dibandingkan dengan tahun lalu yang berjumlah 566.794, angka pelanggaran terhitung menurun 69 persen. 

Sementara untuk pengendara mobil, jumlah pelanggaran tercatat 33.321 pelanggar. Pada tahun 2018, jumlahnya 113.210 pelanggar, artinya turun 71 persen. 

Terkait angka kecelakaan yang diakibatkan oleh pelanggaran lalu lintas juga terbilang mengalami penurunan. Selama Operasi Patuh ada 2.388 kasus kecelakaan. Jika dibandingkan pada 2019, angkanya menurun 30 persen yang mana kecelakaan tercatat ada 2.728 kasus.

Selain Operasi Patuh Jaya, pihak kepolisian juga menggelar operasi serupa seperti Operasi Ketupat, Operasi Simpatik, Operasi Zebra, Operasi Lilin dan lain sebagainya untuk mengurangi angka pelanggaran lalu lintas penyebab kecelakaan.

Penulis: Dinno Baskoro


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter dan Cara Mengatasinya

2022-09-07

Bagi Anda pengguna kendaraan roda empat, terkadang sering menghadapi masalah mobil yang tidak mau hidup ketika distarter. Hal ini tentunya bisa membuat Anda panik, terlebih jika Anda sedang jauh da

thumbnail

Apakah Mobil Matic Ada Koplingnya? Ini Jawabannya!

2024-02-22

Apakah mobil matic ada koplingnya layaknya mobil manual? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari perhatikan ulasan berikut ini. Apakah Mobil M

thumbnail

Mobil Jaman Sekarang vs Mobil Jaman Dulu, Ini Teknologi Terbarunya

2023-10-30

Mobil jaman sekarang memang lebih unggul dibandingkan mobil jaman dulu. Baik dari segi desain, hingga segi fitur. Evolusi yang signifikan tersebut terjadi akibat per

thumbnail

Apa Saja Perbedaan Premium, Pertalite dan Pertamax?

2022-09-08

Di Indonesia terdapat beberapa bahan bakar yang bisa digunakan untuk kendaraan bermotor. Bahan bakar tersebut meliputi pertalite, premium, hingga pertamax. Ketiga bahan bakar tersebut memiliki kara