Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Cargo Net pada Mobil Xenia

Otomotif

2021-11-30

Cargo Net

Seiring dengan peningkatan taraf hidup masyarakat, kini mobil sudah seperti kebutuhan biasa. Hal tersebut bisa dilihat dari meningkatnya jumlah penjualan mobil maupun aksesorisnya semacam cargo net.

Salah satu pertimbangan seseorang saat akan memilih mobil ialah space penyimpanan atau bagasi. Bagasi yang luas tentu saja akan menjadi poin plus, karena muat banyak dan multifungsi.

Fungsi Utama Cargo Net

Biasanya bagasi ada di bagian belakang yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan, sound system, maupun barang belanjaan. Anda bisa menekuk barisan kursi paling belakang untuk menambah kapasitas muatan.

Namun, untuk memaksimalkan fungsi tersebut, maka Anda membutuhkan aksesori yang bernama jaring bagasi. Jaring ini umumnya berwarna hitam dan terbuat dari nilon berkualitas, agar kuat menahan beban. Lantas, apa fungsinya?

Menahan Barang Bawaan

Fungsi utama dari jaring bagasi adalah untuk menahan barang, agar tidak bergeser atau berjatuhan. Selama dalam perjalanan, mungkin Anda akan melalui jalan yang berkelok atau berlubang.

Hal tersebut bisa menyebabkan barang bergeser atau bahkan terlempar keluar, saat mobil bermanuver di jalanan. Dengan kehadiran jaring bagasi ini, maka barang akan aman sampai di tujuan.

Sebagai Tempat Penyimpanan

Saat ini, sudah tersedia jaring bagasi yang terdiri dari 2 lapisan atau jala. Anda bisa memanfaatkan ruang untuk meletakkan barang-barang yang rentan terhadap guncangan, seperti cairan, pecah belah, gitar, bola, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya untuk menyimpan sesuatu yang rawan terselip atau berceceran, seperti kanebo, spons, dan lain-lain. Meski hal remeh, nyatanya barang-barang tersebut berguna di saat tertentu.

Memudahkan Penutupan Pintu

Dengan jaring bagasi, maka barang bisa tersusun rapi, sehingga sangat kecil kemungkinan akan keluar dari pembatas. Keuntungannya, Anda bisa menutup pintu bagasi tanpa kesulitan, karena barang tertahan dengan sempurna.

Kondisi ini tidak hanya memudahkan Anda, tetapi juga menjamin keutuhan dan keselamatan barang. Sebab, barang tidak akan terkena benturan, saat pintu bagasi terbanting atau menutup.

Cargo Net Sebagai Penahan Atap Mobil

Keberadaan jaring bagasi akan sangat terasa, saat Anda pulang kampung atau melakukan perjalanan jauh dengan barang bawaan banyak. Seluas-luasnya kabin mobil Xenia, mungkin masih kurang cukup untuk menyimpan barang.

Apalagi bila penumpangnya penuh, sehingga kursi belakang tidak memungkinkan untuk dilipat. Satu-satunya cara yang paling aman untuk dilakukan adalah menyimpan barang di bagian atap mobil.

Hal ini akan terasa lebih mudah, bila Anda mempunyai jaring bagasi. Sebab, jaring tersebut juga bisa Anda manfaatkan untuk menutup atau menahan barang yang ada di atap mobil.

Namun, tentu saja harus tetap menggunakan roof rack, agar keselamatan benar-benar terjaga maksimal. Tidak hanya untuk barang bawaan Anda saja, tetapi juga pengendara lain yang berada di sekitar mobil.

Menunjang Keselamatan

Meski demikian, Anda tetap harus melakukan penghitungan yang tepat. Jangan overload atau melebihi kapasitas kemampuan penahanan jaring bagasi. Jaring bisa saja putus di tengah jalan dan menyebabkan kecelakaan.

Pilihlah jaring bagasi yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi, sehingga daya penahanan dan perentangannya bisa maksimal. Lebih dari itu, pastikan Anda melakukan pemasangan yang benar.

Meski terlihat mudah, ternyata pemasangan jaring bagasi juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Bila Anda kurang memahami hal-hal seperti ini, Anda bisa berkonsultasi dengan kami untuk pemasangannya di sini.

Disini, Anda bisa mencari informasi seputar mobil keluaran Daihatsu, baik dari segi mesin, perawatan, maupun aksesori seperti cargo net. Anda juga bisa membuat janji temu untuk service atau menikmati layanan yang lainnya. Semoga bermanfaat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Fakta Tentang Kopling Mekanik

2021-02-19

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kopling berfungsi untuk memindahkan tenaga mesin ke transmisi supaya roda belakang bisa bergerak. Selain itu, ada juga fungsi-f

thumbnail

Plat D Daerah Apa? Ini Informasi Selengkapnya!

2024-01-15

Plat D merupakan kode kendaraan dari daerah apa? Jika Anda belum mengetahuinya, mari perhatikan informasi berikut. Kendaraan Plat D dari Daera

thumbnail

4 Perbedaan Timing Belt dan Fan Belt Pada Mobil, Yuk Pahami!

2024-02-09

Bagi pemilik mobil, pemahaman tentang perbedaan antara timing belt dan fan belt menjadi suatu hal yang penting. Kedua komponen ini memegang peranan vital dalam kinerja kendaraan. Perbedaan keduanya

thumbnail

Tips Mudah Mengetahui Gejala Kebocoran Booster Rem Mobil

2022-06-30

Mobil menjadi alat transportasi pilihan utama bagi sebagian besar orang Indonesia. Namun sayangnya, banyak orang yang masih sering tidak memperhatikan kondisi kelayakan