Logo Daihatsu
Menu

Fungsi, Rekomendasi, dan Tips Memasang Roof Rack yang Aman

Otomotif

2021-01-29

roof rack

Fungsi roof rack untuk mobil bisa sangat membantu saat kapasitas bagasi kendaraan kamu kurang besar. Namun, penggunaan roof rack juga harus dijaga volume dan beratnya agar mobil yang dipakai untuk berkendara tetap stabil selama melaju di jalanan. Jika barang yang disimpan di atas mobil terlalu banyak, konsumsi bahan bakar akan menjadi kurang efisien.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya menggunakan roof rack saat benar-benar membutuhkan fungsinya untuk membawa barang. Jika sering bepergian melalui jalur darat, roof rack akan sangat membantu kamu untuk mengurangi biaya bagasi saat menggunakan transportasi umum. Yuk, kenali dulu kebutuhan penggunaan roof rack untuk mobil kamu.

Fungsi Roof Rack

Sahabat mungkin sudah sering melihat mobil dengan roof rack di atasnya sehingga berpikir untuk membeli dan memasangkannya juga di atas mobil. Namun, sebenarnya roof rack berfungsi untuk apa, sih? Yap, sebelum membeli, mari simak dulu pertimbangan berikut ini.

Bagasi ekstra saat bepergian jauh

Mobil yang terlalu penuh dengan barang akan terasa tidak nyaman untuk penumpangnya. Sahabat mungkin pernah merasakan harus ‘berbagi’ tempat duduk di mobil dengan koper, travel bag, dan sebagainya. Jika hal ini terjadi, sahabat punya alasan yang bagus untuk memasang roof rack sebagai bagasi tambahan.

Fungsi utama roof rack memang didesain untuk dapat menampung kelebihan barang bawaan saat sahabat bepergian jauh. Dengan begitu, sahabat bisa duduk dengan lebih nyaman dengan space yang cukup besar. Namun, pastikan bahwa sahabat memang butuh fungsinya secara regular, bukan hanya untuk 1 – 2 kali pemakaian.

Bukan untuk aksesori mobil

Terlepas dari fungsinya, roof rack mungkin juga memberikan fungsi dekoratif untuk sebagian orang. Namun, ketahuilah bahwa roof rack bukan untuk aksesori mobil, ya. Hal ini disebabkan oleh adanya kekurangan dari penggunaan roof rack yang bobotnya cukup berat sehingga mengurangi efisiensi penggunaan bahan bakar.

Tips Penggunaan Roof Rack yang Aman

Memasang roof rack di atas mobil tentu akan berpengaruh pada optimalisasi fungsi berkendara, loh. Setiap mobil sudah didesain untuk dapat memberikan fungsi berkendara yang aman. Tambahan fungsi roof rack di atas mobil sedikit banyak akan berpengaruh saat kendaraan melaju di jalanan. Oleh karena itu, perhatikan beberapa tips saat memakainya.

Periksa roof rail bisa untuk memasang roof rack

Beberapa tipe mobil sudah didesain dengan desain roof rail yang bisa dipasangi rak tambahan. Ya, pemasangan roof rack di atas mobil yang sudah didesain seperti ini tentunya akan lebih mudah. Sahabat bisa memeriksa fitur ini pada desain pabrikan.

Dilepas jika tidak sedang dipakai

Selain memiliki manfaat fungsional, tambahan roof rack di atas mobil juga bisa berpengaruh pada tekanan aerodinamis kendaraan. Oleh karena itu, mobil tidak dianjurkan melaju dengan kecepatan tinggi, terutama di jalan tol. Melepas roof rack bisa membantu mengurangi gangguan tekanan aerodinamis saat mobil melaju.

Rutin dibersihkan dan tidak terkena cuaca ekstrem

Sahabat juga harus benar-benar memperhatikan material pembuatan roof rack yang awet. Biasanya, roof rack akan sangat dipengaruhi oleh perubahan cuaca dan iklim. Material yang disarankan untuk roof rack adalah bahan plastik yang lebih mudah dibersihkan secara rutin agar tidak keropos dan cepat rusak.

Rekomendasi Roof Rack Mobil

Jika sahabat sudah yakin dengan kebutuhan untuk membeli roof rack sebagai bagasi tambahan di mobil, pasti ingin punya roof rack terbaik ‘kan? Jenis roof rack juga bermacam-macam baik dari bentuk, material, ukuran, dan harganya. Oleh karena itu, sahabat juga bisa mencari beberapa alternatif untuk digunakan dengan fungsi tepat di atas mobil.

Selain memperhatikan beberapa tips pemasangan dan penggunaan roof rack, sahabat juga bisa memilih beberapa pabrikan roof rack populer berikut ini yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

Thule Kits 1357

Roof rack ini memiliki sistem penguncian otomatis pada bar atap untuk pemasangan yang lebih mudah. Teknologi pemasangan tersebut dikenal dengan sebutan smart fixation system. Tidak heran jika penggunaannya juga lebih praktis karena desainnya saja sudah disebut dengan sistem yang ‘pintar’ untuk terpasang dengan aman.

Otorack Luggage Universal

Jika melihat dari desainnya, mungkin banyak orang yang akan jatuh hati dengan roof rack universal ini. Sahabat bisa memilih penggunaan roof rack ini untuk menahan berat beban hingga 100 kilogram. Dengan desain dan fungsi seperti ini, Otorack Luggage Universal mungkin menjadi salah satu pilihan rak mobil idaman semua orang.

Material roof rack yang terbuat dari bahan dasar besi membuat roof rack ini lebih kuat dan kokoh. Sahabat juga bisa melakukan pemasangan sendiri di rumah. Namun, tidak masalah jika ingin membawanya ke bengkel agar bisa dipasang dengan lebih rapi dan aman, ya.

Whale Roofbox 550 L

Berbeda dengan jenis roof rack lainnya, rak ini memiliki desain berbentuk kotak atau lebih dikenal sebagai roof box. Barang bawaan yang bisa ditampung di dalam bagasi ini tentunya akan lebih aman dari cuaca panas atau hujan. Bukan hanya itu, sahabat juga bisa memilih produk ini karena desainnya yang menarik dengan tekstur warna hitam yang keren.

Dengan material plastik ABS super, rak ini tidak akan mudah pecah, tetap kokoh, dan awet saat digunakan. Namun, sahabat tetap harus rajin membersihkan dan menyimpan kendaraan di tempat yang aman dari cuaca ekstrem, ya.

JSL Roof Rack and Cross Bar

Pilihan jenis roof rack ini adalah alternatif produk yang paling serbaguna. Sahabat bisa membawa beban lebih banyak hingga 75 kilogram. Pastinya, sahabat bisa membawa lebih banyak barang, deh. Biasanya, rak ini bisa dipakai untuk mobil yang sudah memiliki roof rail bawaan, misalnya Daihatsu Terios dan jenis kendaraan semacamnya.

Model roof rack ini dilengkapi dengan penjepit sehingga pemasangannya lebih mudah. Material yang dipakai untuk bahan utama pembuatannya adalah plastik ABS yang awet dan tahan lama. Roof rack ini tidak mudah lepas, praktis, dan pemasangannya sederhana.

Foxco Roof Rack

Rekomendasi roof rack satu ini bisa digunakan untuk jenis city car, loh. Pemasangannya juga relatif mudah dan bisa dilakukan sendiri hanya dengan menggunakan mur dan baut. Namun, roof rack ini juga bisa dipilih Berat rak ini mencapai 18 kilogram dengan harga yang terjangkau. Nah, material rak ini juga terbuat dari bahan plastik berkualitas tinggi. Dengan begitu, cat pada bodi mobil di bagian mobil tidak akan rusak.

Jadi, itulah beberapa rekomendasi, pertimbangan, dan tips untuk sahabat yang ingin menggunakan roof rack untuk tambahan bagasi di mobil. Ingat, sahabat perlu benar-benar mengoptimalkan fungsi roof rack sebagai bagasi tambahan karena harganya juga tidak murah, loh. Kini, saatnya memilih untuk mendapatkan roof rack terbaik untuk di mobil!

Penulis : Rizkita Darajat


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Velg Mobil Percantik Visual Mobil

2020-12-03

Salah satu komponen dari kendaraan bermotor khususnya mobil yang dapat mempercantik tampilan adalah velg mobil. Komponen ini juga sering dan mudah dimodifikasi sesuai ke

thumbnail

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Mendengung pada Mobil

2023-09-29

Suara mesin mendengung yang dialami oleh mobil umumnya terjadi karena usia kendaraan sudah berumur. Suara mendengung pada mobil terasa sampai kabin terjadi karena su

thumbnail

Yuk, Kenali Aturan Menggunakan Lampu DRL!

2021-02-19

Saat ini sedang ramai soal pelarangan menggunakan aksesori lampu strobo dan rotator. Lalu, bagaimana dengan penggunaan lampu DRL? Dilarang juga kah?

thumbnail

Penyebab Power Steering Mobil Bisa Jebol

2022-03-09

Power steering jebol bisa mengurangi keny