Logo Daihatsu
Menu

Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara Selain Kucing dan Anjing

Family

2021-05-18

hamster

Berbicara hewan peliharaan yang mudah dipelihara, kucing dan anjing adalah dua hewan yang paling sering dipilih. Selain mudah dipelihara, kedua hewan tersebut juga mudah ditemukan. Apalagi jika Sahabat memelihara kucing kampung.

Hal itulah yang menjadi alasan mengapa dua hewan tersebut lazim dijadikan pilihan. Selain dua hewan itu, masih ada beberapa hewan lainnya yang tergolong mudah dipelihara. Beberapa hewan tersebut adalah:

Hamster

Hewan pertama yang tergolong mudah dipelihara adalah marmut. Banyak yang menyamakan hewan ini dengan tikus, padahal keduanya berbeda jauh. Hamster punya bentuk yang lebih lucu, serta hidup di habitat yang lebih bersih.

Untuk memelihara hamster, Sahabat perlu menyiapkan kandang kecil berisi ayunan berputar, serta tempat makan kecil berisi buah atau kacang berukuran kecil. Pastikan agar kandangnya dibersihkan secara rutin, serta rutin memberikan makan dan minum.

Marmut

Kalau yang satu ini justru sering dianggap mirip dengan hamster. Padahal, marmut punya perbedaan yang kentara dengan hamster. Tak seperti hamster, marmut punya bentuk yang lebih besar, serta lebih jinak.

Saat Sahabat mengelus marmut, marmut akan tetap diam di tempat. Tak seperti hamster yang akan langsung lari saat Sahabat hendak mengelus bulunya.

Untuk memelihara hewan ini, Sahabat tinggal sediakan kandang yang ukurannya sedikit lebih besar dari tubuhnya. Jangan lupa untuk sediakan wadah berisi air, serta rutin untuk membersihkan kandang dan memberi makan.

Untuk makanan, Sahabat bisa memberikan marmut sebagai pakan utamanya. Jika tidak, Sahabat bisa menjadikan buah dan biji-bijian sebagai pilihan lain.

Landak Mini

Sesuai namanya, ini adalah versi mini dari landak yang kita kenal. Ukuran badannya sendiri hanya memiliki ukuran sebesar gumpalan tangan. Ukuran durinya pun juga kecil, sehingga Sahabat tak usah khawatir untuk menyentuhnya.

Landak mini kini tersedia dalam berbagai warna. Mulai dari hitam, putih, hingga coklat. Pemeliharaannya sendiri cukup mudah. Sahabat tinggal sediakan kandang berukuran kandang burung, serta wadah untuk makanan dan minuman. 

Adapun makanan yang wajib disediakan bisa apa saja. Entah itu ulat hong kong, kroto, ataupun buah dan kacang-kacangan.

Ikan Mas

Kalau Sahabat suka hewan yang tinggal di air, ikan mas adalah salah satu hewan yang bisa dipilih. Selain dijadikan hewan peliharaan, ikan satu ini juga bisa dikonsumsi ataupun dibudidaya.

Ciri khas ikan ini adalah warna tubuhnya yang orange. Jika ditempatkan di akuarium, warna tubuhnya akan terlihat kuning keemasan. Untuk memelihara ikan ini, Sahabat harus menyediakan akuarium berukuran sedang.

Habis itu, isi akuarium itu dengan rumah-rumahan, aerator, dan juga air. Untuk makanan, berilah pakan khusus ikan dengan takaran pas. Jangan sampai takarannya lebih. Hal itu akan membuat air akuarium menjadi keruh.

Love Bird

Kalau yang satu ini cocok untuk Sahabat yang suka pelihara burung. Burung yang terlihat seperti kakatua ini punya ciri khas berupa warna bulunya yang menarik. Biasanya, warna bulunya merupakan kombinasi dua warna, semisal hijau dan kuning.

Ciri khas lainnya adalah ukuran badannya yang lebih mungil dibanding kakatua. Untuk memeliharanya, Sahabat mesti menyediakan kandang, serta wadah untuk pakan dan minuman.

Pastikan agar kandangnya dibersihkan secara rutin. Pastikan pula agar lovebird dijemur dan diberi vitamin secara rutin.

Itulah beberapa hewan peliharaan yang mudah dipelihara selain kucing dan anjing. Semoga bisa menjadi referensi alternatif untuk Sahabat yang bingung menentukan mau memelihara hewan apa di rumah.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kumpulan Kata Bijak Anak untuk Orang Tua

2021-01-08

Kata bijak anak untuk orang tua adalah kata bijak yang digunakan untuk mengingatkan orang tua mengenai hak-hak anak dan apa yang seharusnya dilakukan pada anak. Kata bij

thumbnail

Jangan Asal Pilih, ini Cara Memilih Buku Cerita Anak

2020-11-27

Membaca merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi anak-anak karena dengan membaca buku anak bisa mengetahui hal-hal baru yang penting bagi proses tumbuh kembangnya.

thumbnail

5 Ide Liburan bersama Teman: Seru dan Menambah Pengalaman Menarik, Loh!

2021-05-31

Hari libur seringkali menjadi momen yang paling ditunggu karena bisa beristirahat sejenak dari rutinitas pekerjaan. Sahabat biasanya akan melakukan apa saat hari libur,

thumbnail

Cara Mengatasi Hubungan Toxic

2021-01-08

Cara mengatasi hubungan toxic adalah hal yang perlu diketahui bagi orang yang terjebak dalam hubungan toxic agar tidak berlarut-larut dalam hubungan yang tidak sehat. Si