Tips Sahabat

30 Komponen Karburator Mobil dan Fungsi, Begini Tips Perawatannya

09 Mei 2025
karburator mobil

Karburator merupakan salah satu komponen krusial dalam mesin mobil. Karburator berperan penting untuk memastikan proses pembakaran di mesin berjalan efisien dan menghasilkan performa yang optimal. Terdapat beberapa komponen karburator yang penting untuk dipahami pemilik mobil.

Mengenali komponen-komponen karburator ini menjadi suatu keharusan, terutama bagi Anda yang memiliki mobil model lama. Bagian karburator sendiri memiliki sejumlah komponen dengan fungsi dan cara kerja masing-masing yang saling berkaitan. Karburator mobil juga perlu dicek dan diservis secara berkala demi kenyamanan berkendara.

Berikut ini 30 komponen karburator mobil dan fungsinya yang perlu Anda ketahui lebih detail.

1. Air Horn

Air horn merupakan saluran utama tempat udara dari luar masuk ke dalam karburator. Komponen ini berfungsi sebagai jalur masuk udara yang nantinya akan dicampurkan dengan bahan bakar di bagian venturi.

2. Air Vent Tube

Air vent tube atau tabung ventilasi udara berfungsi untuk menjaga tekanan udara di ruang pelampung tetap seimbang dengan tekanan atmosfer. Komponen ini berperan supaya bahan bakar bisa mengalir dengan lancar dari ruang pelampung ke nozzle.

3. Pelampung

Pelampung berfungsi untuk menjaga ketinggian bahan bakar di ruang pelampung agar tetap stabil. Komponen ini akan naik dan turun sesuai dengan volume bensin di dalam ruang pelampung.

4. Needle Valve

Needle valve atau katup jarum adalah komponen yang berhubungan dengan pelampung. Saat pelampung naik karena bahan bakar penuh, needle valve akan menutup saluran masuk bensin. Saat pelampung turun, needle valve membuka dan membiarkan bensin masuk ke ruang pelampung.

5. Slow Jet

Slow jet adalah saluran kecil yang digunakan untuk menyalurkan bahan bakar saat mesin beroperasi pada putaran rendah. Komponen ini berperan penting agar mesin tetap hidup dan bekerja stabil meskipun gas tidak ditekan.

6. Venturi Primer

Venturi primer berfungsi untuk meningkatkan kecepatan aliran udara yang masuk, sehingga menurunkan tekanan di area venturi. Akibat perbedaan tekanan ini, bensin akan terdorong keluar melalui pipa kapiler yang juga dikenal sebagai main nozzle.

7. Venturi Sekunder

Fungsi venturi sekunder adalah untuk menambah aliran campuran udara dan bensin ke ruang bakar agar tenaga mesin meningkat. Venturi ini hanya aktif saat throttle sekunder terbuka, biasanya pada kecepatan tinggi atau saat pedal gas diinjak dalam.

8. Primary Main Air Bleeder

Komponen ini berfungsi mencampurkan udara ke bahan bakar sebelum masuk ke venturi. Udara yang dimasukkan akan membentuk gelembung pada bahan bakar yang masuk ke venturi.

9. Primary Main Jet

Primary main jet adalah saluran utama yang mengalirkan bahan bakar dari ruang pelampung ke venturi primer. Ukuran lubang jet ini menentukan seberapa banyak bahan bakar yang dialirkan.

10. Throttle Valve Primer

Throttle valve primer adalah katup yang mengatur seberapa banyak campuran udara dan bahan bakar masuk ke ruang bakar pada jalur primer. Katup ini bergerak seiring dengan pedal gas dan menentukan jumlah campuran yang masuk. 

11. Throttle Valve Sekunder

Throttle valve sekunder juga berfungsi mengatur aliran campuran udara dan bahan bakar ke mesin. Namun komponen ini hanya bekerja saat dibutuhkan tenaga lebih. Biasanya, throttle sekunder terbuka saat pedal gas diinjak dalam untuk memberi suplai campuran ekstra ke mesin.

12. Choke

Choke adalah katup yang mengurangi jumlah udara yang masuk ke ruang pencampuran pada saat mesin dinyalakan dalam kondisi dingin. Fungsinya untuk memperkaya campuran bahan bakar agar mesin lebih mudah menyala.

13. Pompa Akselerasi

Pompa akselerasi menyemprotkan tambahan bahan bakar langsung ke venturi saat pedal gas ditekan cepat. Fungsinya untuk mencegah jeda atau kekosongan bahan bakar saat akselerasi mendadak, sehingga respons mesin tetap cepat dan tidak tersendat.

14. Bola Baja

Bola baja adalah katup satu arah dalam sistem akselerasi. Komponen ini bekerja sebagai pengatur aliran bahan bakar dari pompa akselerasi ke nozzle, mencegah aliran balik, dan memastikan bahan bakar hanya bergerak satu arah sesuai kebutuhan saat akselerasi.

15. Main Nozzle

Main nozzle adalah saluran yang menyalurkan bensin dari ruang pelampung ke venturi. Di sini, bensin dicampur dengan udara dari air bleeder sebelum masuk ke venturi untuk diatomisasi.

Baca juga: Cara Membersihkan Karburator Mobil dengan Mudah

16. Pemberat Bola Baja

Pemberat ini ditempatkan pada bola baja untuk memastikan bola menutup lebih cepat setelah tekanan dari pompa akselerasi hilang. Proses ini berperan agar tidak terjadi kebocoran bahan bakar atau aliran balik setelah akselerasi selesai.

17. Nozzle Jet

Nozzle jet merupakan saluran yang menyemprotkan bahan bakar dari pompa akselerasi langsung ke venturi. Fungsinya adalah untuk memberikan tambahan bahan bakar cepat dan terarah saat pedal gas ditekan.

18. Power Piston

Power piston digunakan untuk menekan power valve agar terbuka saat mesin membutuhkan tenaga besar. Komponen akan mengaktifkan power jet sehingga suplai bahan bakar ke venturi bertambah sesuai kebutuhan beban mesin.

19. Power Valve

Power valve bekerja sebagai katup yang membuka aliran bahan bakar tambahan dari power jet ketika mendapat tekanan dari power piston. Komponen ini memungkinkan karburator untuk memberikan tenaga lebih pada saat beban mesin meningkat.

20. Power Jet

Power jet adalah saluran tambahan untuk mengalirkan bensin ketika mesin membutuhkan performa lebih, seperti saat tanjakan atau akselerasi berat. Power jet bekerja bersamaan dengan power valve.

21. Daspot (Diaphragm Actuated Secondary Port)

Daspot adalah mekanisme vakum yang membuka throttle valve sekunder. Saat tekanan vakum berubah karena beban mesin meningkat, daspot menarik tuas throttle sekunder agar terbuka otomatis.

22. Slow Port

Slow port adalah saluran bahan bakar kecil yang bekerja pada saat mesin berputar dengan kecepatan rendah. Komponen ini menjamin mesin tetap mendapatkan bahan bakar meskipun throttle sedikit terbuka atau hampir tertutup.

23. Idle Port

Idle port menyediakan bahan bakar saat mesin berada dalam kondisi idle, yaitu ketika tidak ada gas yang ditekan. Komponen ini memungkinkan agar mesin tidak mati saat mobil dalam keadaan diam tetapi menyala.

24. IMAS (Idle Mixture Adjusting Screw)

IMAS adalah sekrup penyetel yang digunakan untuk mengatur perbandingan campuran udara dan bahan bakar saat mesin idle. Dengan menyetel IMAS, efisiensi bahan bakar dan kestabilan idle bisa diatur secara manual.

25. ISAS (Idle Speed Adjusting Screw)

ISAS adalah sekrup untuk menyetel kecepatan idle mesin. Sekrup ini akan menentukan seberapa besar throttle primer sedikit terbuka saat idle untuk mengatur RPM mesin.

26. Solenoid Valve

Solenoid valve adalah katup elektrik yang bekerja untuk memutus atau membuka aliran bensin ke idle jet. Biasanya digunakan untuk mematikan aliran bensin saat mesin dimatikan agar tidak terjadi efek "dieseling" (mesin tetap hidup setelah kunci off).

27. Thermostatic Valve

Katup ini membuka atau menutup aliran udara berdasarkan suhu mesin. Bila suhu mesin panas, thermostatic valve akan terbuka untuk menjaga suhu tetap stabil dan mencegah overheating.

28. Air Bleeder

Air bleeder berfungsi untuk memasukkan udara ke dalam saluran bahan bakar pada putaran idle dan lambat. Tujuannya untuk membantu atomisasi bahan bakar sebelum masuk ke venturi, sehingga pembakaran menjadi lebih sempurna.

29. Economizer Jet

Economizer jet membantu mempercepat aliran bensin yang sudah bercampur udara agar langsung masuk ke venturi. Proses ini mendukung efisiensi pembakaran dan penghematan bahan bakar saat mesin bekerja normal.

30. Secondary Main Air Bleeder

Fungsinya sama seperti air bleeder, namun komponen ini bekerja di sistem sekunder. Secondary main air bleeder membantu memasukkan udara ke bahan bakar di venturi sekunder agar atomisasi tetap maksimal saat throttle sekunder aktif.

Fungsi dan Cara Kerja Karburator Mobil

Karburator mobil berfungsi untuk mengatur rasio campuran bahan bakar bensin dan udara yang masuk ke ruang pembakarannya. Campuran dengan rasio yang ideal ini sangat menentukan efisiensi pembakaran, tenaga mesin, serta emisi gas buang.

Cara kerja karburator mobil memanfaatkan prinsip hisapan udara yang terjadi akibat pergerakan piston di dalam silinder. Saat mesin menyala dan piston bergerak turun, udara dari luar akan masuk melewati saluran karburator dan melewati bagian menyempit yang disebut venturi.

Di area ini, kecepatan udara meningkat dan tekanan turun, menciptakan efek hisap yang menarik bahan bakar dari ruang pelampung melalui nozzle. Campuran udara dan bahan bakar yang dihasilkan kemudian dikirim ke ruang bakar untuk proses pembakaran. 

Tips Merawat Karburator Mobil

Komponen karburator mobil perlu mendapatkan perawatan secara berkala agar kinerjanya tetap optimal. Berikut ini beberapa tips perawatan karburator mobil yang bisa Anda lakukan:

1. Bersihkan Karburator Secara Berkala

Bersihkan karburator setidaknya setiap 10.000 km atau saat dirasa performa mesin menurun. Gunakan carburetor cleaner untuk membersihkan bagian luar dan dalamnya.

2. Periksa dan Bersihkan Filter Udara

Pastikan filter udara tidak tersumbat dan masih layak pakai. Bersihkan atau ganti filter udara sesuai dengan anjuran pabrikan.

3. Cek Setelan Udara dan Bahan Bakar

Setelan udara dan bahan bakar yang tidak seimbang dapat menyebabkan pemborosan atau performa mesin mobil menurun. Lakukan penyetelan ulang (tuning) karburator untuk memastikan campuran udara dan bahan bakar tetap ideal.

4. Periksa Selang Bahan Bakar

Pastikan tidak ada kebocoran atau sumbatan pada selang bahan bakar menuju karburator. Selang yang getas atau retak harus segera diganti agar tidak mengganggu aliran bahan bakar.

5. Jaga Kebersihan Tangki Bensin

Kotoran dari tangki bensin bisa menyumbat karburator. Pastikan tangki bensin bersih dan gunakan bahan bakar berkualitas baik untuk menghindari endapan kotoran.

Baca juga: Cara Menyetel Karburator Mobil yang Benar agar Bensin Irit

Apa yang Terjadi Jika Karburator Mobil Rusak?

Karburator mobil yang rusak bisa menyebabkan beberapa masalah, mulai dari mesin sulit dihidupkan, mesin mati saat idle, penggunaan bahan bakar jadi boros, akselerasi lambat, dan sebagainya. 

Berapa Bulan Sekali Servis Karburator?

Karburator motor sebaiknya dibersihkan secara rutin setiap 2 hingga 3 bulan sekali atau setelah menempuh jarak sekitar 3.000 kilometer. Perawatan berkala ini penting dilakukan agar karburator tetap berfungsi dengan baik dan mencegah risiko kerusakan.

Demikianlah penjelasan mengenai komponen karburator mobil dan fungsinya. Karburator mobil terdiri dari banyak komponen vital yang bekerja untuk mengatur rasio campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang pembakarannya. Pastikan selalu memeriksa dan merawat karburator mobil secara berkala agar performa mesin tetap optimal.

Tips Sahabat Lainnya
Rekomendasi Kaca Film Mobil Terbaik yang Tolak Panas, Yuk Cek!
Rekomendasi Kaca Film Mobil Terbaik Penangkal Panas, Begini Tips Memilihnya!
Penggunaan kaca film mobil sangat mempengaruhi kenyamanan dalam mengemudi. Apalagi jika Anda tinggal di Indonesia yang cuacanya cenderung panas. Mobil Anda perlu dipasangi kaca film untuk menangkal pa
fungsi timing belt
Timing Belt: Fungsi, Tanda Harus Diganti, dan Cara Merawatnya
Timing belt merupakan sabuk gerigi yang mengatur sinkronisasi antara poros engkol (crankshaft) dan noken as (camshaft) dalam mesin mobil. Fungsi utamanya adalah memastikan k
Cara Perpanjang SIM Keliling, Syarat dan Panduan Lengkap!
Ketahui Persyaratan Perpanjang SIM 2025 Online dan Offline
Kepemilikan SIM merupakan tanda bahwa Anda kompeten secara hukum untuk mengemudikan mobil di jalan raya. Pastikan Anda memperpanjang SIM Anda sebelum masa berlakunya habis. Jika Anda terlambat satu ha
Tarif Tol Jakarta-Solo Terbaru Semua Golongan
Tarif Tol Jakarta–Solo Terbaru 2025 Semua Golongan Kendaraan
Rute tol Jakarta-Solo banyak dilewati oleh pengemudi dari wilayah Jabodetabek yang ingin bepergian ke kota-kota di Jawa Tengah. Sebagai bagian dari tol Trans Jawa, rute ini dipadati kendaraan setiap h
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami