Logo Daihatsu
Menu

5 Cara Membersihkan Karburator Mobil dengan Mudah

Otomotif

2020-12-30

cara membersihkan karburator mobil

Bagi Anda pemilik kendaraan bermotor mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah karburator. Karburator merupakan salah satu komponen yang penting pada mobil, yang sangat berpengaruh pada sistem bahan bakar. 

Oleh sebab itu, perawatan dan pembersihan secara berkala perlu untuk dilakukan. Berikut cara membersihkan karburator mobil dengan mudah yang bisa diterapkan.

1. Menyiapkan Peralatan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membersihkan bagian karburator pada mobil yaitu mempersiapkan berbagai peralatan. 

Karburator berada pada mesin mobil, jadi Anda harus melakukan sedikit pembongkaran. Peralatan yang dibutuhkan antara lain seperti kunci 10, 12, dan 14, tang, carburator cleaner, serta obeng plus dan minus.

2. Buka Bagian Rumah Filter Udara

Setelah semua peralatan sudah disiapkan, mulai dengan membuka bagian rumah filter udara sekaligus filternya pada karburator. 

Anda bisa menggunakan kunci 10 dan 12 untuk melepas mur dan baut yang ada di sekitar rumah filter. Dalam melakukan langkah ini Anda perlu berhati hati, karena jika tidak bisa menyebabkan baut patah atau slek.

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Mobil

3. Buka Bagian Baut Drain

Cara membersihkan karburator mobil selanjutnya yaitu membuka bagian baut darin. Baut drain sendiri merupakan baut yang berada pada bagian depan body karburator, dan berperan sebagai baut penutup. 

Untuk membuka baud ini dengan mudah, Anda bisa menggunakan kunci pas yang berukuran sekitar 14 mm. Setelah baut drain terlepas. 

Selanjutnya semprot semua bagian tersebut sekaligus baud drain tadi dengan menggunakan carburator cleaner. Saat melakukan penyemprotan, pastikan bahwa tidak ada kotoran yang tersisa pada sela-sela karburator.

4. Atur Setelan Angin yang Masuk ke Dalam Karburator

Setelah Anda berhasil membersihkan semua dalam karburator, untuk melanjutkan langkah cara membersihkan karburator mobil, maka Anda perlu memasang kembali baut pada karburator. 

Kemudian atur setelan angin yang masuk ke dalam karburator, sehingga langsam. Langsam atau idle merupakan kondisi di mana mesin hidup tetapi belum beroperasi.

Untuk memperoleh posisi langsam ini, Anda bisa memutar putaran angin sekitar 1.5 putaran. Kemudian tutup dengan menggunakan telapak tangan beberapa kali, agar berbagai kotoran yang tersisa pada karburator bisa dikeluarkan.

Dengan begitu bagian posisi langsam pun bisa Anda dapatkan dan bagian setelan angin juga terbebas dari kotoran dan debu yang menempel.

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Interior Mobil

5. Semprot Menggunakan Carburator Cleaner

Tips selanjutnya untuk membersihkan bagian karburator yaitu semprot karburator dengan menggunakan carburator cleaner. Perlakukan ini mungkin akan membuat putaran mesin turun atau bahkan mati. 

Jika begitu, Anda bisa membuka skep gas dan menghidupkan mesin kembali. Cara membersihkan karburator mobil pun bisa Anda akhiri apabila keadaan karburasi sudah bersih.

Setelah keadaan karburasi bersih, sebaiknya setel angin kembali untuk mendapatkan putaran mesin yang stabil. Setiap komponen mobil memang memiliki perannya masing masing, termasuk juga karburator. 

Oleh karena itu Anda wajib untuk merawatnya dengan cara pembersihan yang rutin, dari kotoran maupun debu yang menempel pada bagian komponen tersebut. 

Baca juga: Ini Penyebab Mesin Mobil Mati saat Injak Kopling


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kenali Beberapa Penyebab Rem Cakram Mobil Bunyi Saat Dioperasikan

2020-12-22

Rem cakram mobil bunyi adalah salah satu masalah yang bikin rem tidak berfungsi secara seharusnya. Bila dibiarkan saja, masalah itu bisa mengganggu Sahabat saat sedang m

thumbnail

5 Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes dan Cara Mengatasinya

2022-12-28

Ban tubeless diklaim mampu menghemat biaya perawatan ban yang diakibatkan kebocoran ban. Meski terbilang efektif, terkadang ban tubeless juga kempes walaupun baru di

thumbnail

Seperti Inilah Cara Mengganti Bushing Arm Mobil, Khususnya Komponen Karet

2021-01-04

Cara mengganti bushing arm mobil adalah cara yang bisa dipakai saat bushing arm pada mobil sudah rusak, khususnya di bagian karet. Walaupun hanya sebuah karet, komponen